Strategi Content Marketing Untuk Website
Mengenal Strategi Content Marketing Untuk Website
Juni 19, 2020
SSL Adalah
Apa itu SSL? Mengapa Penting Dalam SEO?
Juni 22, 2020
Show all

Mengenal Apa Itu Instagram Insights Beserta Fitur

Apa Itu Instagram Insights

Apa Itu Instagram Insights

Kebutuhan masyarakat terhadap media sosial membuat inovasi ini semakin banyak penggunanya setiap waktu. Ada beberapa media sosial yang paling sering digunakan. Dimulai dari Twitter, Facebook, hingga Instagram. Khusus untuk Instagram, sebenarnya ada satu fitur yang sangat berguna, apalagi untuk tujuan marketing. Fitur tersebut adalah Instagram Insights. Apa itu Instagram Insights?

Sebagai sebuah media sosial, Instagram memang fokus untuk menjual sisi visual. Tidak dapat dipungkiri, lebih banyak orang yang suka melihat visual dibandingkan teks. Inilah yang akhirnya membuat Instagram kian hari kian terkenal.

Untuk fitur di dalamnya, Anda bisa mengubah akun yang dimiliki menjadi akun bisnis. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan fitur Instagram Insights. Sebenarnya apa itu Instagram Insights dan apa saja fiturnya? Untuk penjelasan lebih lengkap, simak penjabarannya di bawah ini.

Apa itu Instagram Insights?

Instagram Insights adalah fitur yang mampu menampilkan barisan data terkait performa dari akun bisnis Instagram Anda hingga postingan Anda. Jadi Anda bisa tahu apakah fokus pemasaran yang dilakukan berhasil atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa tahu berapa banyak orang yang melihat akun Anda, berapa banyak jumlah followers baru, dan lainnya.

Perlu diketahui, tidak semua akun bisa mendapatkan Instagram Insights. Ketika Anda membuat akun Instagram, akun yang Anda miliki adalah akun pribadi saja. Namun untuk bisa mendapatkan Instagram Insights, Anda harus mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis. Hal tersebut bisa Anda ubah di bagian Settings.

Fitur Instagram Insights

Tentunya Instagram Insights sendiri menawarkan banyak sekali fitur yang berguna untuk bisnis. Apa saja fitur dari Instagram Insights? Inilah penjelasannya:

  • Content

Di dalam Content, ada beberapa data yang bisa Anda lihat. Pertama ada Overview yaitu rangkuman dari aktivitas Anda dalam jangka waktu tertentu. Dimulai dari postingan di IG Stories hingga feed. Kemudian ada Posts yang memberikan data apakah ada postingan foto atau video di dalam feed. Lalu ada Stories yang merangkum IG Stories Anda yang masih tersedia. Terakhir ada Promotions untuk melihat performa dari postingan Anda yang memang sengaja dipromosikan.

  • Activity

Dalam Activity, ada beberapa data yang bisa Anda lihat. Pertama ada Discovery yaitu data berapa banyak akun yang melihat postingan Anda, Reach, dan juga Impressions. Kedua ada Interactions yang memberika data berapa banyak interaksi yang dilakukan orang lain terhadap akun Anda. Interaksi yang dimaksud di sini adalah profile visits.

  • Audience

Jika Anda penasaran tipe-tipe audiens yang melihat akun Anda, maka Anda bisa mendapatkan datanya di Audience. Di sini, Anda bisa melihat jumlah followers, jumlah akun yang mem-follow dan unfollow, lokasi dari para audiens, jangkauan umur, jenis kelamin, hingga data tanggal dan waktu followers Anda sering membuka Instagram. Jadi, Anda bisa mendapatkan data-data yang berharga ini dengan mudah.

Itulah penjelasan tentang Instagram Insights beserta fiturnya. Terlihat sekali banyak data yang sangat berharga dan bisa membantu Anda dalam melakukan pemasaran dan promosi dari bisnis. Inilah mengapa jangan sampai Anda lewatkan kesempatan untuk menggunakan fitur ini.

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *