Webinar Adalah
Pengertian Webinar dan Jenis-jenisnya
Mei 29, 2020
Consumer Behavior Adalah
Penjelasan dan Faktor Penting Dalam Consumer Behavior
Mei 29, 2020
Show all

Mengenal Blue Ocean Strategy yang Memiliki Potensi

Blue Ocean Strategy Adalah

Blue Ocean Strategy Adalah

Menjalankan bisnis bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi jika Anda ingin membangun bisnis yang memiliki umur panjang, memiliki banyak karyawan, dan terus berkembang sepanjang waktu. Perlu beragam strategi, trial & error, hingga mungkin saja kegagalan. Namun demi bisa mendapatkan target yang sudah dipasang, tentu saja segala macam rintangan harus dilewati. Berbicara mengenai strategi, ada satu strategi yang cukup menarik untuk dibahas yaitu Blue Ocean Strategy. Mungkin Anda baru pertama kali mendengar strategi ini. Dalam pengertian singkatnya, Blue Ocean Strategy adalah kondisi di mana bisnis Anda memilih untuk mengalah dalam persaingan melawan pesaing bisnis Anda.

Ya, Blue Ocean Strategy fokus terhadap hal itu. Bisnis Anda tidak perlu lagi berusaha head-to-head dengan pesaing bisnis di pasar yang sama. Daripada Anda tetap berada di pasar yang sudah padat itu, cobalah berpindah ke pasar yang jauh lebih ramah dan memiliki potensi besar, tapi tidak sulit untuk mengoptimalkannya. Itulah yang disebut dengan Blue Ocean sendiri. Layaknya hamparan lautan berwarna biru yang luas, Anda akan merasa nyaman menjalankan bisnis di pasar tersebut.

Untuk bisa mengenal lebih dalam tentang Blue Ocean Strategy dan mengetahui perusahaan apa yang telah menggunakannya, simak penjelasan di bawah ini.

Blue Ocean Strategy Adalah…

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Blue Ocean Strategy adalah strategi yang fokus untuk keluar dari persaingan dan mencari pasar baru yang lebih potensial. Bagaimana mendapatkan pasar yang baru tersebut? Tentu saja paling mudah adalah dengan memberikan barang atau jasa yang sama sekali baru atau bahkan tidak pernah dibuat sebelumnya.

Dalam proses perpindahan ke Blue Ocean Strategy, memang bukanlah hal yang mudah. Pasti ada saja kebingungan dalam memberikan produk yang belum pernah ada, tapi sebenarnya sangat dibutuhkan. Tapi ketika berhasil dilakukan, bisa dipastikan bisnis Anda akan menjadi sangat besar dan berkembang secara pesat sesuai ukuran dari kebutuhan produk untuk masyarakat luas.

Studi Kasus Blue Ocean Strategy

Blue Ocean Strategy memang tidak bisa diterapkan untuk semua jenis bisnis. Namun ada beberapa studi kasus yang bisa menjadi betapa Blue Ocean Strategy. Contoh yang sangat sukses adalah Gojek. Siapa yang dulu berpikir bahwa pelayanan ojek yang hanya dilakukan perseorangan bisa diubah menjadi industri yang sangat besar dan sukses? Itulah yang membuat Gojek sukses.

Ketika orang-orang hanya berpikir secara konvensional, tidak dengan Gojek. Mereka dibentuk untuk membuat pasar transportasi mendapatkan hal baru yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya. Bagaimana ceritanya ojek bisa dikumpulkan, diatur sedemikian rupa, hingga menjadi satu armada bisnis yang sangat besar dan berada di seluruh Indonesia. Bahkan sudah mencapai negara-negara lainnya.

Hebatnya lagi, fitur Gojek tidak hanya mengantarkan penumpang saja, tetapi juga bisa untuk mengantarkan barang, makanan, dan lainnya. Semakin besar lagi pasar yang bisa dicakup dari penerapan strategi ini.

Itulah penjelasan tentang Blue Ocean Strategy dan juga studi kasusnya. Anda sekarang sudah bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang strategi ini juga. Jika memang Anda melihat ada potensi yang besar ketika menerapkan strategi ini, cobalah mulai dari sekarang juga.

Baca Juga: Perbedaan Strategi Pemasaran Online dan Offline

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *