Cari Mencari Backlink Dengan Mudah
Mei 28, 2019
Show all

Mengenal ‘Digital Marketing Concept’

Hai semua apa kabar? Ketemu lagi dengan saya Ryan Kristo Muljono dari Toffeedev dalam #sharingmonday. #sharingmonday adalah acara mingguan yang dilakukan Toffeedev seminggu sekali setiap hari Senin, setiap Toffeeteam akan berbagi insight mereka mengenai industri yang mereka geluti dan setiap minggu kita take turns untuk live setiap Senin jam 09.30 pagi.

Kali ini adalah kesempatan saya setelah beberapa bulan karena sekarang kita 3 bulan sekali dengan team yang sangat banyak saya hanya satu kali dalam 3 bulan. Dan ini adalah yang pertama setelah peluncuran buku saya yang namanya Digital Marketing Concept. So I’m so excited about this #sharingmonday. Saya baru kali ini bisa membagikan kepada teman-teman mengenai apa itu digital marketing concept. Sebelumnya saya belum pernah menjelaskan secara live di #sharingmonday.

So, let’s get started!

Untuk yang belum lihat buku ini, then you miss out something. Purchase buku ini bisa di Gramedia, online, atau digitalmarketingconcept.id. Untuk yang sudah beli terima kasih sudah support, saya akan menjelaskan ringkas apa itu digital marketing concept. Buku ini saya tulis untuk membantu mereka yang ingin masuk ke dunia digital.

Digital marketing bisa jadi satu hal yang sedikit menyulitkan, challenging, terutama bagi yang belum pernah mengerti apa sih digital marketing? Bagaimana caranya kita bisnis masuk ke situ? Atau bisnis sudah berjalan gimana masuk ke digital marketing? Apa langkah yang perlu dilakukan? Apa KPI yang harus di-set? Tujuannya apa?

Ini saya temukan dari perjalanan Toffeedev dari 2011 sampai sekarang. Saya menemukan banyak orang yang still figuring out tentang digital marketing. Mungkin mereka tahu apa itu digital marketing, tahu harus menggunakan sosial media, marketplace, banyak sekali e commerce online. Mereka harus bikin e commerce shop, harus mengerti search engine optimization, tapi bagaimana pengaplikasiannya? Bagaimana kita what’s the first step? Itulah yang saya jelaskan di digital marketing concept. Ini konsep dasar dan semuanya perlu tahu sebelum melakukan apapun.

Jadi pada saat kita masuk ke dunia digital marketing, apa sih bagian yang perlu kita mengerti sebelum melakukan apapun? Sounds good? Kalau nggak tahu konsep dasar ini maka akan sangat sulit untuk kita masuk ke dunia digital marketing. Kita aja sulit apalagi tim di bawah kita. Betul? Jadi digital marketing concept diharapkan saya berharap at least jadi satu bagian di mana teman-teman menggunakan konsep dasar ini untuk setiap aktivitas yang dilakukan.

Apa sih digital marketing concept? Let’s start about business. Jadi, supaya saya lebih jelas, mudah, saya jelaskan apa sih dari segi bisnis itu gimana? Kalau kita mau punya bisnis atau menjalankan bisnis, saya anggap punya toko. Baik itu office atau kios atau apapun lokasi bisnis itu berjalan. Bisa virtual di e commerce atau real place. Tempat yang ada di lokasi.

Jadi kalau kita mulai bisnis, kita mulai dari toko. Tokonya jadi, berjalan, apa yang dilakukan agar lebih, memastikan berjalan? Saat mempunyai toko, yang diharapkan adalah ada yang beli. Itu. Jadi kalau punya toko berharap ada yang beli. Kalau nggak ada yang beli, bukan bisnis. There’s nothing happened. Bisa inquiry business atau purchase langsung. Tergantung dari bisnis teman-teman.

Jadi yang bisnis terjadi kalau kita punya, berjalan, lalu ada yang beli. Bagaimana supaya ada yang beli? Kita harus datangkan pengunjung, visitor, buyer. Jadi pengunjung datang ke toko untuk membeli. Setuju sampai di sini? Jadi visitor shop lalu buy. Ini adalah bisnis. This is how business works. Mau online, B2B, B2C, G2G, B2G, apapun semuanya mulai konsepnya dari sini. Kita punya bisnis gimana biar ada yang beli dan supaya banyak yang beli. Pengunjung lebih banyak sehingga mereka bisa beli. Jadi visitor masuk ke bisnis, mereka beli.

Sampai di sini bisa mengerti?

Untuk semua bisnis, apabila ingin melakukan yang lebih baik, maka mereka bisa memasukkan membership loyalty dari yang sudah pernah beli. Ini adalah strategi tambahan yang menurut saya penting untuk dilakukan tapi banyak bisnis belum melakukan ini. Jadi, punya bisnis yang orang beli. Pembeli ini dimasukin datanya, terhubung, loyalty membership system, even kita tahu siapa yang beli. Kita pastikan pengunjung banyak masuk ke bisnis kita. Dari sini bisa mengerti?

Apa hubungannya dengan digital marketing? Ini adalah apa yang kita lakukan? Kita punya property e commerce sosial media atau apapun, itu adalah shop kita. Dan untuk bisnis kita, untuk jadi pembelian perlu ada conversion. Kita sebut di dunia online conversion. Orang yang beli, inquiry, menghubungi toko kita. Pengunjung kita sebut sebagai traffic. Di digital kita sebut traffic. Dan loyalty saya masukkan sebagai engagement. Jadi ada traffic, conversion, engagement.

Goal kita adalah tiga ini juga. Tadi goal dalam bisnis mendatangkan banyak pengunjung, membuat lebih banyak orang membeli, terhubung dengan mereka untuk beli kembali. Di digital marketing saya sebutnya juga sama tiga ini. Traffic, conversion, engagement. Kerjaan kita di digital marketing apa sih? Datangin lebih banyak pengunjung, traffic, dari mereka yang masuk ke traffic mereka convert, mereka beli, atau mereka inquiry, dan terakhir kita engage dengan mereka. Terhubung kembali. Kita bangun komunikasi dengan mereka.

Kenapa traffic, conversion, engagement? Inilah digital marketing concept. Membahas mengenai tiga hal ini. Bagaimana kita mendapat pengunjung, conversion, engagement. That’s the three things yang saya bahas dalam buku ini. Kalau Anda belum baca, buy this one. Kalau sudah baca, kasih ke teman Anda, kasih ke tim Anda, atau kalau Anda punya tim marketing, berikan pada mereka, kita akan menggunakan dasar ini untuk segala macam pemasaran dalam bisnis kita karena dalam digital marketing is three things. Kita datangkan traffic, conversion, engagement.

Apa yang mau kita bangun? Apa yang mau kita perbesar? Apa yang mau kita kerjakan dari sebuah tim? Semoga hal ini bisa membantu Anda. Kalau Anda belum beli bukunya, bisa purchase online di digitalmarketingconcept.id. Saya juga berikan link di bawah supaya teman-teman bisa purchase, melihat, bisa bagikan ke teman-teman Anda.

Okay? That’s my #sharingmonday for today. Terima kasih banyak sudah live. Kita akan ketemu lagi di lain kesempatan. Ciao!

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *