7 Cara Melihat Traffic Website Anda
November 14, 2019
Pahami Google Analytics dan Google Tag Manager, Serta Manfaatnya Untuk Bisnis Anda
November 21, 2019
Show all

Mengenal E-A-T Agar Konten Anda Disukai Google

Membaca judul di atas, mungkin Anda akan merasa sedikit kebingungan. Jika berbicara mengenai konten di dalam website, maka kombinasi dengan SEO adalah suatu hal yang wajar dan sepatutnya dilakukan pada saat ini. Tentunya demi mendapatkan jumlah traffic yang lebih banyak dan bisa semakin tinggi posisinya dalam rangking mesin pencari Google.

Google sendiri juga menyarankan Anda untuk menggunakan SEO di dalam pembuatan konten website. Namun pada bulan Agustus 2018, Google membuat satu gebrakan baru. Mereka melakukan update algoritma yang dikenal oleh para penggiat SEO dengan sebutan the medic update dengan menonjolkan E-A-T.

Mengapa disebut demikian? Karena the medic update berhasil membuat website yang menawarkan informasi kesehatan dan medis menjadi lebih diperhatikan dan nampak di ranking Google. Itu semua berkat penerapan E-A-T yang merupakan akronim dari Expertise, Authority, dan Trustworthiness.

Namun dalam update tahun lalu, tidak hanya E-A-T saja yang ditonjolkan, tetapi juga YMYL yaitu Your Money or Your Life. Dengan penerapan kedua akronim itu, Google tidak ingin website di dalam internet hanya fokus untuk mencari traffic sebanyak-banyaknya, namun juga diisi oleh konten yang terpercaya, relevan serta berdasarkan fakta.

Melihat ke belakang, proses terciptanya E-A-T dan YMYL diawali dari dokumen Google berjudul Google Search Quality Evaluator Guidelines. Dari panduan itu, Google ingin mengajarkan kepada semua tentang bagaimana membuat pengecekan algoritma menjadi lebih baik. Dan ternyata, tidak hanya berbicara tentang konten saja. Lebih dari itu, Google juga ingin para content creator merupakan orang yang memiliki pengalaman di dalam topik yang mereka tulis setiap hari.

Untuk lebih jelasnya lagi, di bawah ini ada penjabaran mengenai E-A-T yang perlu Anda ketahui dan terapkan di dalam pembuatan konten website.

Expertise

Dari kata di atas, Anda memang diharuskan memiliki pengetahuan dan keahlian di dalam topik yang dipilih untuk dibahas sebagai konten. Namun Google tidak hanya memperhatikan hal itu saja. Hal ini karena sebanyak apapun pengetahuan yang Anda miliki, tapi tidak bisa membuat konten yang cocok untuk audiens saat ini, maka itu semua tidaklah berguna. Ranking website Anda tidak akan naik dengan mudah pula.

Maka dari itu, Google ingin Anda membuat konten yang disukai oleh banyak orang. Namun bagaimana caranya? Ada dua poin yang perlu Anda jawab sebelum membuat konten:

  • Ketahui apa yang sedang banyak audiens cari saat ini. Lalu sesuaikan dengan apa yang mereka butuhkan. Cara paling mudah adalah dengan melakukan pencarian keyword
  • Cobalah untuk memahami apa yang mereka semua butuhkan ketika Anda sedang melakukan pencarian keyword

Dengan dua poin di atas, sesuaikan topik yang Anda kuasai dengan keyword yang sedang ramai dicari oleh audiens. Kombinasi yang tepat serta menggunakan bahasa yang mudah dimengerti bisa membuat konten Anda lebih diterima.

Authority

Authority di sini memiliki arti kalau konten yang Anda buat tidak hanya dibaca oleh banyak orang saja, tetapi juga memberikan inspirasi. Banyak orang yang menjadikan website Anda sebagai sumber, di-mention oleh influencer, hingga besar di media sosial. Ada beberapa KPI yang bisa Anda capai agar bisa mencapai level Authority:

  • Website Anda berhasil menjadi sumber dari sebuah website besar untuk konten yang ada di dalamnya
  • Google melihat Anda memiliki Authority ketika di-mention oleh media online
  • Konten website Anda tersebar di media sosial sehingga semakin banyak yang mengetahuinya.
  • Jika Anda mau membangun brand, maka lakukanlah. Ini dikarenakan search volume yang tinggi dengan nama brand Anda bisa membuat Authority menjadi semakin besar lagi.
  • Jika pada akhirnya, nama brand atau bahkan orang yang ada di dalam perusahaan Anda bisa memiliki halaman Wikipedia, maka itu menjadi pertanda baik untuk tingkatan Authority karena tidak semua orang bisa memiliki halaman di sana.

Trustworthiness

Menjadi website yang dipandang memiliki info valid di dalamnya bukanlah suatu pencapaian yang mudah. Ditambah lagi jika berbicara mengenai brand. Maka Anda juga harus mengurus para customer dengan baik agar tingkat kepercayaan kepada brand Anda terus positif.

Ada berbagai macam website yang menunjukkan tingkat kepercayaan dari pelanggannya seperti website pemesanan kamar hotel, tiket pesawat, hingga e-commerce. Di sanalah Trustworthiness diuji. Jika lolos, maka keuntungan besar menanti Anda.

Ada beberapa poin yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan Trustworthiness yang baik:

  • Memiliki lokasi fisik seperti kantor atau toko
  • Adanya peraturan terms & conditions di dalam website
  • Website Anda memiliki tingkat keamanan yang baik dengan tersedianya HTTPS
  • Jika menjual produk, pastikan adanya deskripsi produk yang lengkap, returns policies, dan adanya refund.
  • Jika membagikan informasi dalam berbentuk artikel, pastikan ada biografi singkat dari penulisnya sehingga lebih meyakinkan.

Dengan menerapkan E-A-T di dalam website Anda, maka Anda bisa mendapatkan sebuah paket website yang terpercaya, disukai banyak orang, dan menjadi inspirasi banyak orang. Tanpa adanya E-A-T, rasanya sulit untuk bisa mencapai rangking tinggi di Google. Sebaliknya, jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh, website lain dipastikan sulit mengalahkan Anda di papan atas mesin pencari Google.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *