Barisan Tips Meeting Dengan Klien
Rekomendasi Tips Meeting Dengan Klien
April 17, 2020
Mengenal Sistem Kerja e Commerce
Mencari Tahu Sistem Kerja e-Commerce
April 17, 2020
Show all

Mengenal Fungsi Cache Dalam Browser Anda

Mengenal Fungsi Cache Dalam Browser

Mengenal Fungsi Cache Dalam Browser

Siapa yang saat ini tidak suka aktivitas membuka berbagai macam website yang berguna untuk mencari informasi sekaligus hiburan? Pasti hampir semua orang yang sudah kenal internet suka dengan aktivitas ini. Untuk bisa membuka beragam website tersebut, tentunya dibutuhkan browser. Di dalam browser tersebut, sebenarnya ada satu teknologi atau fitur yang tidak diketahui oleh banyak orang tapi menyimpan fungsi yang besar, yaitu Cache. Sebenarnya apa pengertian dan fungsi Cache?

Jika Anda memperhatikan browser yang digunakan, pasti istilah history cukup melekat di dalam pikiran. History sendiri merupakan riwayat dari pencarian atau penggunaan Anda di dalam browser. Jadi apa yang sudah Anda pernah buka selama ini, akan tersimpan di dalam browser. Selain history, ada juga cache. Jadi, inilah fungsi cache di dalam browser Anda.

Cache Adalah

Sebelum masuk ke dalam penjelasan fungsi cache, mari mengenal pengertiannya terlebih dahulu. Cache adalah tempat penyimpanan sementara dari file-file yang terdapat di dalam komputer. Sebenarnya file-file itu datang dari mana? File tersebut datang dari browser yang membuka berbagai macam website. Ya, file itu adalah elemen-elemen penting yang biasanya mampu membuat website berfungsi secara optimal. Sebut saja ada HTML, CSS style sheets, JavaScript, gambar, serta file lainnya.

Keberadaan cache menjadi penting pada saat Anda membuat suatu website. Mengapa bisa begitu? Karena dengan sudah tersimpannya beberapa files di browser membuat tidak perlu ada lagi aktivitas mengunduh file tersebut. Inilah mengapa keberadaan cache itu menjadi penting. Apalagi bagi Anda yang memiliki kecepatan internet yang tidak terlalu baik. Dengan cache, maka proses membuka website hingga menjadi sempurna bisa didapatkan dengan lebih cepat. Akses masuk ke setiap halaman di dalamnya pun juga cepat.

Jenis Cache

Sebenarnya cache itu tidak hanya ada satu jenis saja, yaitu cache browser. Masih ada jenis cache lainnya yang sebenarnya sering Anda gunakan tapi tidak disadari. Dimulai dari server cache, page cache, object cache, opcode cache, CDN cache, DNS cache. Banyak, bukan? Inilah mengapa cache itu penting di dalam mempermudah aktivitas Anda dalam browsing internet.

Fungsi Cache

Dengan beberapa penjelasan di atas, sebenarnya sudah jelas apa itu fungsi cache:

  • Cache bisa mempercepat Anda dalam membuka sebuah website, walaupun kecepatan internet Anda tidak terlalu bagus.
  • Cache bisa menyimpan berbagai macam files penting dan besar. Itulah yang akhirnya membuat proses Anda dalam membuka website menjadi lebih cepat.
  • Cache membuat Anda bisa melakukan beberapa aktivitas membuka halaman website lebih cepat tanpa harus merasakan speed internet yang lambat

Itulah fungsi cache yang perlu Anda ketahui. Namun di luar itu, Anda jangan lupa untuk menghapus cache yang sudah ada di dalam browser Anda. Alasan utamanya adalah mengurangi beban memori serta menghindari pencurian data. Selain itu, bisa juga menjadi usaha untuk melihat update terbaru yang dilakukan di dalam website tersebut. Jadinya, Anda akan melihat website dengan tampilan paling terbaru.

Baca Juga: Safari, Web Browser Bagi Pengguna Apple

Semoga informasi yang kami berikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Dengan era teknologi yang semakin maju saat ini, Anda tentunya harus tahu informasi ini. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *