Hashtag Marketing
Hashtag Marketing, Strategi Bermanfaat Untuk Bisnis Anda
Maret 30, 2020
Ahrefs Adalah
Ahrefs, SEO Tools yang Dipilih oleh Optimizer Profesional
Maret 31, 2020
Show all

Google PageSpeed Insights: Jawaban Untuk Performa Website

Google PageSpeed Insights Adalah

Google PageSpeed Insights Adalah

Performa website adalah hal yang penting untuk membantu Anda menyajikan user experience yang nyaman bagi para pengunjung website Anda. Performa yang buruk juga bisa berdampak pada SEO Anda. Semakin rendah ranking Anda, semakin besar juga kemungkinan Anda untuk kehilangan sebuah pendatan. Google PageSpeed Insights adalah salah satu jawaban yang Anda butuhkan untuk menjawab segala permasalahan performa website Anda.

Google PageSpeed

Google PageSpeed adalah beragam jenis tools yang didesain oleh Google untuk membantu mengoptimalkan performa website. Ada 4 jenis dari PageSpeed tools, yaitu:

 

  • PageSpeed Module, 
  • PageSpeed Insights, 

 

  • PageSpeed Service
  • dan PageSpeed ChromeDevTools

Di antara ke-4 tools tersebut, PageSpeed Insights adalah tools yang mendapatkan banyak perhatian karena manfaatnya.

PageSpeed Insights Adalah

PageSpeed Insights merupakan sebuah tools yang akan melaporkan performa dari page (website) perangkat mobile dan juga desktop. PageSpeed Insights juga memberikan rekomendasi dan anjuran untuk meningkatkan performa website Anda. 2 hal inilah yang menjadikan PageSpeed Insight populer pada kalangan website owner dan juga developer.

Speed Score adalah indikator dari performa website yang diukur menggunakan PageSpeed Insights. PageSpeed Insights akan memberikan Anda nilai dari 0-100 yang akan ditentukan berdasarkan performa yang dihasilkan oleh website Anda. Semakin tinggi nilai yang didapatkan, maka semakin baik performa website Anda. Rekomendasi pengoptimalan dari PageSpeed Insights akan bergantung dari skor yang Anda dapatkan.

Optimasi Page Speed website adalah hal yang penting dan bisa menentukan performa dari website Anda. Page Speed akan secara otomatis berpengaruh pada jumlah pengunjung dan pendapatan Anda.

Bukan Tool Untuk Menguji Kecepatan

Bila Anda berpikir bahwa PageSpeed Insight adalah sebuah tool untuk mengetes kecepatan website, maka Anda sedikit keliru. Untuk mengetes kecepatan sebuah website Anda bisa menggunakan layanan Google Test My Site.

Yang dilakukan oleh Google PageSpeed Insights adalah melaporkan data mengenai performa website Anda. Data yang ditampilkan pada bagian pertama laporan diambil dari Chrome UX Report. Chrome UX Report adalah sumber data (database) anonim yang masif. Data – data ini dikumpulkan dari pengguna Chrome di seluruh dunia ketika mereka tengah melakukan pencarian dan eksplorasi. PageSpeed Insights akan menampilkan real-traffic performance data (Real User Monitoring). Chrome UX Report sendiri memiliki 3 parameter. Ke-3 parameter tersebut adalah 

  • country, 
  • device type (desktop, mobile, dll), 
  • dan koneksi internet (kecepatan).

Pentingnya Google PageSpeed Insights untuk Google Page Speed Update

Seperti yang sudah kita sebutkan di atas, kecepatan dari sebuah website akan sangat berpengaruh untuk ranking website Anda pada halaman hasil pencarian Google. Namun hal ini hanya berlaku untuk hasil pencarian di desktop.

Oleh karena itu Google mengeluarkan sebuah kebijakan baru terkait akan hal ini, yaitu Google Page Speed Update. Dengan hadirnya update ini membuat Google telah merubah atau memperbaharui algoritma dari search engine ranking dengan mencantumkan mobile website speed sebagai salah satu indikator dalam penilaian. Website desktop tidak akan terpengaruh oleh update ini.

Baca Juga: Ketahui Efek Google Webmaster Tools di Website Anda

Pengoptimalan Google PageSpeed tools, terutama PageSpeed Insights harus dilakukan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal pada perangkat desktop maupun mobile.

Kesimpulan

Performa website yang optimal akan menjadi salah satu faktor penentu sukses atau tidaknya website Anda dalam mencapai berbagai macam target yang sudah ditentukan. Untuk bisa meraih performa yang terbaik, ada banyak tools yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah Google PageSpeed Insights. Tools ini akan memberikan Anda berbagai informasi yang Anda butuhkan untuk bisa meningkatkan performa website Anda.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *