Cara Bisnis Online Shop
Inilah Cara Bisnis Online Shop Untuk Pemula
Maret 19, 2020
Apa itu Vlog
Apa itu Vlog? Bagaimana Sejarah Singkatnya?
Maret 19, 2020
Show all

Googlebot, Robot yang Akan Indexing Website Anda

Googlebot

Googlebot

Apakah Anda tahu bagaimana caranya website Anda bisa muncul pada halaman hasil pencarian (SERP)? Apakah website Anda akan muncul dengan begitu saja? Tentu saja tidak, akan ada sebuah proses yang berjalan untuk bisa memunculkan halaman website Anda di SERP. salah satu yang memegang peran penting dalam proses ini adalah sebuah robot dengan nama Googlebot.

Tapi, apakah Anda tahu apa sebenarnya robot ini?

Apa itu Googlebot

Googlebot sendiri adalah sebuah web crawler yang digunakan oleh Google untuk mencari serta mengumpulkan berbagai macam halaman – halaman di internet. Informasi yang sudah dikumpulkan akan digunakan untuk memperbarui index Google.

Robot ini sendiri adalah sebuah software yang dirancang untuk menelusuri berbagai link – link yang sudah ditautkan ke dalam sebuah halaman website, mulai dari kata – kata, kode, dan sumberdaya yang sudah menyusun halaman website tersebut, link – link yang ada didalamnya pun akan dicatat dan dikumpulkan.

Informasi – informasi yang dikirimkan nantinya akan digunakan untuk mengupdate index dari Google. Disini juga akan terjadi proses pemberian ranking untuk menentukan posisi dari halaman website pada SERP.

Untuk bisa mendapatkan ranking, pastikan halaman website Anda bisa dilihat dan di-crawl oleh robot Google.

Website yang Dilihat Googlebot

Anda bisa mengetahui apa saja yang akan dilihat oleh robot ini di dalam website dengan mengetikan site:namadomain.com pada kolom pencarian. Dengan perintah ini Anda bisa memunculkan data halaman – halaman apa saja yang sudah dikumpulkan ke dalam Google index.

Dengan melihat hal ini, Anda bisa mengetahui halaman mana saja yang sudah di index dan halaman mana lagi yang mungkin secara tidak sengaja diblokir dengan robots.txt, begitu pula sebaliknya.

Hal ini bisa saja mengganggu proses dari SEO Anda, dimana bisa saja halaman yang tidak sengaja  Anda blokir adalah halaman yang bisa saja memiliki SEO yang bagus, ataupun halaman yang tidak diblokir memiliki SEO yang buruk. Ranking dari website serta traffic menuju website Anda akan bergantung akan hal ini.

Apakah Googlebot Dapat Mengakses Segalanya?

Pada dasarnya, robot dari Google ini  tidak akan bisa mengakses seluruh elemen yang ada di website Anda, Ada beberapa masalah yang bisa mengakibatkan Google tidak bisa melihat semua isi konten di dalam website Anda. Beberapa di antaranya adalah:

  • Diblokir robots.txt
  • Broken link
  • Memakai teknologi flash yang belum bisa dilihat oleh robot Google
  • Kode yang error
  • Link dinamis yang terlalu rumit

Untuk bisa mengatur robot ini dalam meng-crawl dan meng-index website Anda, lakukan beberapa cara berikut ini:

  • Memakai robots.txt
  • Memasukkan meta robots di halaman
  • Menggunakan instruksi robot pada header
  • Gunakan Site map
  • Memakai Google Search Console

Cara – cara di atas bisa Anda gunakan untuk mengatur robot Google untuk bisa melihat website Anda. namun cara yang paling cukup sering digunakan Adalah Robots.txt.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Spam Di Google Chrome

Robots.txt adalah sebuah file yang berisi aturan bagaimana seharusnya robot crawler berinteraksi di dalam halaman website Anda. Disini Anda bisa mengatur halaman mana yang boleh dan tidak boleh diakses oleh Googlebot saat datang ke website anda. 

Apakah Anda sudah memastikan bahwa website Anda bisa dilihat oleh Googlebot? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Rinaldo Linville
Rinaldo Linville
An Optimizer who also deeply passionate in music. Oh, I also likes coffee!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *