Bagaimana Cara Kerja Google Analytics
Bagaimana Cara Kerja Google Analytics?
April 20, 2020
Mengembangkan Bisnis Di Era Digital
Bagaimana Mengembangkan Bisnis Di Era Digital?
April 21, 2020
Show all

Mengenal Keyword Effectiveness Index (KEI)

Keyword Effectiveness Index

Keyword Effectiveness Index

Search Engine Optimization (SEO) tidak lagi dipandang sebelah mata sebagai strategi dalam digital marketing. Dengan cara yang benar, maka optimasi SEO yang dilakukan di dalam website bisa menaikkan brand awareness hingga penjualan. Pada dasarnya, dalam optimasi SEO itu membutuhkan keyword. Namun untuk melihat keyword mana yang efektif di dalam memberikan trafik, dibutuhkan satu perhitungan yang dinamakan Keyword Effectiveness Index (KEI).

Mungkin banyak yang belum tahu tentang Keyword Effectiveness Index ini. Padahal jika mulai diterapkan dalam memilih keyword mana yang mau dioptimasi, maka bisa memberikan hasil yang baik pula. Untuk itu, inilah penjelasan tentang Keyword Effectiveness Index dan apa saja manfaatnya untuk optimasi SEO Anda.

Keyword Effectiveness Index Adalah

Keyword Effectiveness Index adalah bagian penting di dalam SEO pada saat ini. Dengan hal ini, maka akan terlihat angka keefektifan dari keyword tersebut. Memang KEI itu berhubungan dengan hitungan matematika dengan angka-angkanya. Namun ada inti yang bisa diambil ketika menggunakan hal ini.

Untuk menghitung Keyword Effectiveness Index, perlu dibandingkan antara jumlah pencarian untuk keyword tertentu dan jumlah halaman yang ada di di dalam mesin pencarinya itu (yang bisa disebut juga sebagai kompetitor). Dengan Keyword Effectiveness Index, maka akan keluar angka perkiraan kesuksesan dari keyword yang nantinya dioptimasi.

Rumus yang paling sering digunakan untuk hal ini adalah KEI = A^2/E. A merujuk kepada jumlah search volume untuk keyword tersebut, sedangkan E merujuk kepada jumlah pencarian dari keyword itu. Dari hitungan tersebut, maka akan didapatkan angka KEI.

Dalam pengerjaannya, tentu saja Anda tidak akan menghitung KEI dari satu keyword. Lakukan perhitungan untuk belasan, puluhan, hingga ratusan keyword yang ingin dioptimasi. Dari sana, Anda bisa menghitung keyword mana yang paling cocok untuk dioptimasi segera mungkin.

Keuntungan Menggunakan Keyword Effectiveness Index

Dalam penggunaannya, tentu saja ada keuntungan yang bisa didapatkan oleh Anda, seperti:

  • Keyword dengan angka KEI lebih tinggi bisa membantu Anda dalam melihat kompetisi yang sebenarnya. Maksud dari kompetisi yang sebenarnya adalah website yang benar-benar menggunakan keyword tersebut untuk dioptimasi.
  • KEI bisa membantu Anda dalam melihat keyword mana yang paling efektif untuk mendatangkan trafik. Dari sana, Anda bisa melihat mana yang harus diutamakan terlebih dahulu untuk bisa dioptimasi. Anda lebih mudah dalam memilihnya.
  • KEI bisa membuat Anda mendapatkan trafik yang lebih relevan untuk bisnis. Mengapa bisa begitu? Karena keyword yang Anda pilih untuk dioptimasi sudah pasti sesuai dengan bisnis Anda. Dari sana, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa trafik yang masuk memang sudah lebih dahulu tertarik dengan bisnis Anda.

Itulah penjelasan dan keuntungan menggunakan KEI yang bisa Anda gunakan saat ini juga. KEI sudah cukup sering digunakan oleh beberapa praktisi SEO. Jangan sampai Anda melupakan untuk menggunakan KEI karena terlalu banyak manfaat yang bisa dirasakan daripada malah Anda lupa untuk memakainya.

Baca Juga: Comparing Keywords: Jenis Keyword Dalam SEO

Semoga informasi yang kami berikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda, khususnya di dalam SEO yang semakin penting untuk dilakukan. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *