Voice Search Optimization Tips
Voice Search Optimization Tips Dalam SEO
April 7, 2020
Adobe XD Adalah
Adobe XD, Aplikasi yang Cocok Untuk Membuat Mobile App
April 7, 2020
Show all

Marketing Communication adalah Kunci dari Pemasaran Anda

Marketing Communication Adalah

Marketing Communication Adalah

Marketing communication adalah sebuah istilah yang sering didengar ketika menyusun sebuah strategi pemasaran untuk bisnis Anda. Dan sudah menjadi hal yang wajib dikuasai oleh para pemasar sejak dulu. Strategi ini akan menjadi sebuah representasi “suara” dari perusahaan dan juga brand Anda, membangun dialog serta berkomunikasi dengan para konsumen serta stakeholder lainnya.

Namun, marketing communication bukan sekedar “berkomunikasi” saja, ada banyak hal lain yang menjadi bagian penting dari marketing communication, mari kita mengenal secara lebih lanjut mengenai marketing communication.

Marketing Communication Adalah

Marketing communication adalah segala macam pesan dan media yang disampaikan perusahaan dalam upaya berkomunikasi dengan pasar dan juga stakeholder. Bentuknya bisa bermacam – macam. Mulai dari :

  • Iklan, 
  • Pemasaran langsung, 
  • Branding
  • Pengemasan, 
  • Kegiatan – kegiatan PR, 
  • Presentasi sales, 
  • Sponsor, 
  • Aktivitas online, dan lainnya.  

Namun, yang menjadi poin penting dari kegiatan ini adalah komunikasi yang tepat sasaran dengan target pasar yang sudah ditentukan, dan semenarik mungkin untuk menarik perhatian orang – orang. Karena hal yang paling sering menyebabkan kegagalan adalah pemilihan metode pemasaran yang tidak sesuai dengan target pasar perusahaan.

Positioning dari perusahaan bisa menjadi penentu gagal atau tidaknya strategi marketing communication Anda.

Pentingnya Marketing Communication

Marketing Communication adalah strategi yang berorientasi pada hasil dalam jangka waktu yang panjang. Ada beberapa hal yang bisa menjadi poin mengapa hal ini penting untuk bisnis dan brand Anda.

Yang pertama adalah, marketing communication bisa menjadi cara bagi Anda untuk menciptakan brand awareness untuk masyarakat. Ini berguna untuk perusahaan baru maupun yang sudah lama berdiri.

Poin kedua adalah, marketing communication memiliki peran untuk mengubah persepsi masyarakat. Hal tersebut diperlukan karena terkadang, akan ada kesalahpahaman yang terjadi di masyarakat terkait sebuah produk atau jasa dari sebuah perusahaan, ataupun ketika menghadapi sebuah krisis.

Ketiga, marketing communication adalah sebagai cara untuk memotivasi para pembeli untuk membeli lagi. Biasanya dilakukan melalui iklan persuasif, yang berfokus untuk memberikan perhatian lebih kepada manfaat yang lebih besar pada produk atau jasa yang dijual ketimbang para kompetitor.

Beberapa alasan diatas adalah mengapa marketing communication menjad penting untuk bisnis dan brand Anda.

Strategi Marketing Communication

Untuk membangun strategi yang baik ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti:

  1. Kenali Target Pasar

Ketahui target pasar Anda, lakukan penelitian mengenai segmentasi pasar, pelajari pasar dari sisi geografis, demografis, psikografis, dan sosiokultural.

  1. Tentukan USP

Tentukan unique selling point (USP), agar bisa memastikan produk Anda berbeda dari yang lainnya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan riset kompetitor.

  1. Pesan Brand yang Konsisten

Menurut Economic Discussion, pasar saat ini adalah ruang yang ramai dengan berbagai macam medium pemasaran yang berbeda – beda. Untuk bisa sukses, pastikan agar pesan dari brand Anda menjadi yang paling menonjol. Pastikan semua pesan yang kamu sampaikan selaras dan konsisten supaya makin mudah diingat. 

  1. Sesuaikan Bahasa dan Gaya Berkomunikasi 

Strategi berikutnya adalah menggunakan bahasa dan gaya berkomunikasi pelanggan yang Anda targetkan. Sesuaikan juga pesan Anda dengan kebutuhan mereka.

  1. Pilih Saluran Marketing yang Tepat

Tentukan saluran marketing yang sesuai dengan segmen konsumen Anda. Bagi pemilik bisnis baru, ada banyak opsi saluran marketing yang bisa digunakan.

Baca Juga: Mengenal Profesi Digital Marketing Specialist

Jadi Apakah Anda sudah tahu apa itu marketing communication ? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini untuk bisa memberikan informasi kepada orang luas.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *