Revamp adalah
Apa itu Revamp? Kapan Waktu Tepat Untuk Melakukannya?
Maret 17, 2020
Slug Adalah
Apa itu Slug? Apa Kegunaannya Untuk Website Anda?
Maret 18, 2020
Show all

Pastikan Website Anda Muncul Pada SERP

SERP adalah

SERP adalah

Para pengguna internet akan menggunakan mesin pencari untuk bisa menemukan berbagai macam informasi yang mereka butuhkan. Semua informasi ini akan dikumpulkan oleh mesin pencari dan dipresentasikan dalam bentuk Search Engine Results Page, disingkat menjadi SERP. Namun, apa sih sebenarnya SERP itu? Dan kenapa Anda ingin website Anda muncul di sana?

SERP Adalah

SERP adalah sebuah daftar yang berisi halaman – halaman yang sudah di-crawl dan ditampilkan oleh mesin pencari terhadap query atau kata kunci tertentu. Ketika Anda mencari sebuah informasi dengan mengetikan sebuah keyword akan muncul berbagai macam informasi.

Halaman pertama atau page one adalah hasil pencarian yang memiliki nilai serta jumlah pengunjung yang tinggi. Untuk bisa mencapai halaman pertama dari SERP, Anda bisa menggunakan SEO dan juga SEM.

Jadi apabila SEO dan SEM adalah caranya, mesin pencari merupakan alatnya, maka SERP adalah hasilnya. Muncul pada halaman pertama dari SERP adalah sebuah hal yang tidak mungkin.

Setelah mengetahui apa itu SERP, saatnya Anda mengetahui fungsi dari SERP.

Fungsi SERP

Salah satu fungsi dari SERP adalah sebagai alat ukur dari website Anda. Semakin berkualitas website yang Anda miliki, maka akan semakin tinggi posisi yang Anda dapatkan di SERP. Mesin pencari akan selalu mengupdate data terbaru secara berkala, dan memunculkan halaman – halaman baru yang bisa diakses oleh pengguna mesin pencari. 

Baca Juga: Apa itu Revamp? Kapan Waktu Tepat Untuk Melakukannya?

Apabila mesin pencari selalu meng-update data mereka, maka yang harus Anda lakukan adalah selalu memperbarui konten – konten di dalam website Anda.

Cara Menaikkan SERP

Untuk bisa menaikan posisi SERP website Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda dilakukan, seperti:

 

  • Riset Keyword

 

Dengan melakukan riset keyword, Anda akan bisa menemukan keyword – keyword yang memiliki volume pencarian yang tinggi dan melihat tingkat kompetisinya.Tentu saja riset keyword akan bisa membantu Anda dalam hal lainnya, seperti:

  • Membuat konten yang sering dicari para pengunjung website.
  • Memahami keinginan dan kebutuhan pasar dengan lebih baik.
  • Melacak keberhasilan konten yang Anda tulis.
  • Memahami cara meningkatkan pengunjung website dan menaikkan traffic ke situs.

Ada banyak tool tersedia untuk membantu Anda melakukan riset keyword, di antaranya adalah KWFinder, SEMRush, dan Google Keyword Planner.

 

  • Mobile-friendly

 

Google mengumumkan bahwa mereka akan melakukan tes untuk index mobile-first. Hal ini berarti bahwa Google akan menggunakan performa dan fungsionalitas website dalam menentukan peringkat, jika ditampilkan di perangkat mobile

Pastikan website Anda sudah mobile-friendly serta responsif agar bisa bersaing dengan situs – situs lainnya. Anda bisa mengecek performa website secara keseluruhan melalui spektrum mobile. Buka Google’s mobile-friendliness test dan masukkan URL situs.

 

  • Memperbaiki Link Rusak

 

Link yang rusak di website Anda tentu akan mempengaruhi kinerja serta performa yang dimiliki oleh website. Link rusak juga bisa menyulitkan Google untuk melihat dan berkunjung ke website Anda. Salah satu cara termudah untuk mengecek link rusak di website Anda adalah dengan mengunjungi Google Search Console dan klik Crawl Errors. Anda bisa melihat bagian mana saja pada situs Anda yang memiliki link error.

 

  • Konten yang Berkualitas

 

Google akan memilih dan menyukai website yang memiliki konten – konten berkualitas. Selain kualitas, Anda juga harus memperhatikan relevansi dari konten – konten Anda. konten yang relevan tentu akan disukai oleh para pengguna Google.

Masih ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa meningkatkan posisi SERP website Anda. Meningkatkan posisi SERP adalah cara terbaik untuk bisa membawa traffic menuju website Anda.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Ryan Adam
Ryan Adam
SEO Specialist di ToffeeDev sejak 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *