Reseller atau Dropshipper
Reseller atau Dropshipper? Mana yang Lebih Untung Besar?
Juni 30, 2020
Perbedaan Adobe Illustrator Dengan Photoshop
Barisan Perbedaan Adobe Illustrator Dengan Photoshop
Juli 2, 2020
Show all

Mengenal Schema Dalam Website dan Search Engine

Schema Adalah

Schema Adalah

Siapa yang saat ini belum pernah menggunakan search engine atau mesin pencari? Pasti semua orang yang sudah kenal dengan internet tahu apa itu search engine. Sebagai sebuah teknologi, search engine bisa membuat Anda menemukan segala bentuk informasi yang dibutuhkan hanya dengan memasukkan satu keyword saja. Ada beberapa search engine yang sering digunakan, seperti Google, Yahoo, dan Bing. Namun hingga detik ini, Google Search Engine menjadi raja dari search engine. Dalam teknologi search engine sendiri, mereka tidak bisa bekerja sendiri. Perlu ada bantuan dari teknologi lainnya, contohnya adalah schema. Schema adalah mikrodata yang bisa membuat kerja search engine lebih mudah.

Mungkin penjelasan di atas tidak banyak membantu Anda mengenal schema. Namun di bawah ini, ada penjelasan lengkap tentang schema dalam website dan search engine. Simak penjelasan lengkapnya.

Schema Adalah…

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, schema adalah mikrodata yang bisa membuat kerja search engine lebih mudah. Namun untuk lebih lengkapnya, schema merupakan jenis mikrodata yang bisa memudahkan kerja dari search engine karena bertugas untuk menguraikan dan menginterpretasikan seluruh informasi. Informasi dari mana? Tentu saja informasi dari halaman website.

Dengan schema, maka proses yang dilakukan oleh search engine untuk melihat sebuah website menjadi jauh lebih efektif. Dengan begitu, setiap halaman website bisa tersimpan dengan baik di dalam search engine.

Ketika sudah tersimpan, maka ketika ada pengguna internet yang sedang mencari sebuah keyword dan keyword tersebut sesuai dengan halaman website tersebut, maka website bisa muncul di hasil pencarian.

Sebenarnya schema yang sudah disimpan bisa Anda kunjungi. Salah satu website terkait schema adalah www.Schema.org. Di dalam website yang merupakan hasil kerja sama antara Google, Yahoo, Bing, dan search engine asal Rusia, Yandex, Anda bisa melihat bagaimana standarisasi dari structured markup

Posisi Schema Dalam Search Engine dan SEO

Dengan penjelasan tentang schema di atas, Anda mulai bisa menangkap bagaimana posisi schema dalam search engine. Jadi, bisa dibilang, schema akan memudahkan search engine dalam menemukan konten Anda untuk ditaruh di hasil pencarian. Tentu saja pencarian yang dilakukan memang sudah sesuai dengan konten yang ada di dalam halaman website.

Schema bisa membuat halaman website menampilkan snippet di dalam hasil pencarian. Semakin jelas dan ringkas snippet yang ada, maka semakin banyak yang masuk ke dalam halaman website Anda. Secara lonjakan traffic akan terlihat dari keberadaan schema, walaupun tidaklah terlalu besar.

Dalam SEO, sudah jelas schema itu sangat penting. Ketika sudah berhasil memasukkan schema microdata ke dalam kode HTML website, maka robot dari search engine bisa lebih mudah mengerti isi dari konten Anda. Inilah yang akhirnya membuat kerja search engine menjadi lebih efektif. Sudah efektif, cepat ditemukan dan diartikan juga. Akhirnya, halaman website bisa lebih mudah muncul di search engine. Konten yang ada pun bisa dilihat terlebih dahulu oleh pengguna internet yang sedang mencari informasi di search engine.

Baca Juga: Pentingnya Schema Untuk SEO Demi Menemukan Website

Jadi itulah pengertian schema dalam search engine dan website. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *