Twitter SEO
Twitter SEO: Optimalisasi Media Sosial untuk Search Engine
Maret 26, 2020
Apa itu Click Through Rate
Apa itu Click-Through Rate? Bagaimana Memaksimalkannya?
Maret 26, 2020
Show all

Pengertian dan Cara Kerja Website Hosting

Mengenal Website Hosting

Mengenal Website Hosting

Kemajuan zaman membuat banyak orang yang sudah menyentuh internet. Dari usia muda hingga tua, mereka sudah tahu bagaimana mencari informasi dan hiburan di dunia maya dan memanfaatkannya untuk kehidupan sehari-hari, termasuk untuk para pebisnis. Ya, para pebisnis bisa menggunakan internet untuk melakukan promosi dan informasi tentang usahanya kepada konsumen. Salah satunya adalah dengan memiliki website sendiri. Tapi apakah Anda tahu bahwa untuk membuat website yang berkualitas harus menggunakan website hosting yang adalah bagian penting dalam internet juga.

Dalam pengertian singkatnya, website hosting adalah sistem yang terhubung ke internet. Kegunaan utamanya adalah untuk menyimpan seluruh data dari website tersebut agar nantinya bisa diakses oleh semua orang yang masuk ke dalam website. Keberadaannya sangatlah penting karena jika tidak ada teknologi ini, maka sulit untuk membuat website yang lengkap dari segi informasi. Sebenarnya, apa pengertian lebih dalam tentang teknologi ini? Selain itu, bagaimana cara kerja website hosting? Semuanya akan dijawab di bawah ini.

Website Hosting Adalah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, website hosting adalah sistem untuk menyimpan seluruh data di website dan terhubung ke internet agar bisa diakses semua orang yang masuk ke dalam website. Untuk bisa mendapatkan performa yang baik, maka dibutuhkan juga server website hosting yang biasanya memiliki bentuk fisik – walaupun sekarang sudah ada versi cloud – dan disimpan di ruang penyimpanan data yang biasa disebut data center.

Untuk bisa mendapatkan website hosting yang baik, tentunya Anda tidak bisa bekerja sendirian atau memakai perangkat yang dimiliki sendiri. Apalagi jika data website tersebut sangat besar dan trafiknya pun tinggi. Dengan kondisi ini, Anda harus menggunakan layanan penyedia hosting yang untungnya sudah banyak tersedia pada saat ini.

Baca Juga: Pengertian Hosting yang Berguna Untuk Bisnis Saat ini

Dengan membaca pengertian website hosting ini, maka Anda sudah tahu bahwa sebagai layanan penyimpanan website, maka diperlukan teknologi yang mumpuni dan kuat. Akhirnya, Anda bisa membuat semua orang mampu masuk ke dalam website dan membaca isi website Anda.

Cara Kerja Website Hosting

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara kerja website hosting? Sebenarnya cukup mudah dijelaskan dan dimengerti oleh Anda dengan membaca penjelasannya di sini.

Ketika Anda ingin masuk ke dalam satu website, maka Anda akan menuliskan nama alamat website tersebut di browser. Setelah Anda mengklik enter, maka browser akan mengirimkan perintah kepada server website hosting untuk melakukan perintah tersebut. Sesuai dengan perintah yang diminta, maka nanti Anda akan melihat semua informasi dan tampilan visual dari website tersebut di dalam browser. Intinya semua yang Anda ketik di browser akan dipenuhi oleh website hosting, asalkan datanya ada dan sistem internet benar.

Sebenarnya mudah saja mengerti cara kerja website hosting karena teknologi ini hanya akan bekerja jika ada perintah dari Anda lewat browser. Jadinya Anda bisa mengakses website tersebut dengan mudah dan cepat, tergantung dari kecepatan internet yang digunakan. Namun dengan banyaknya data yang ada, terkadang membuka website tersebut juga bisa lebih lambat.

Itulah pengertian dan cara kerja website hosting yang perlu Anda ketahui, khususnya untuk para pemilik website. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share juga di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu tentang pengertian website hosting. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *