Joomla vs Wordpress
Joomla vs WordPress: Mana yang Terbaik?
April 9, 2020
Pengertian Mobile First Index SEO
Mobile First Index SEO: Pengertian dan Cara Optimasinya
April 9, 2020
Show all

7 Tips Kerja Remote Khusus untuk Anda

Inilah Tips Kerja Remote

Inilah Tips Kerja Remote

Wabah corona atau Covid-19 membuat banyak perusahaan menerapkan protokol untuk bekerja remote dari rumah atau work from home. Namuns sudah banyak orang yang mencoba berbagai tips kerja remote namun banyak yang tidak terlalu efektif. Pada artikel ini akan membahas beberapa tips kerja remote dari rumah yang cocok untuk Anda.

Tips Kerja Remote

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika bekerja remote dari rumah:

1. Tempat kerja yang nyaman

Tempat kerja akan memiliki pengaruh besar terhadap produktivitas dan efektivitas kerja Anda. Tempat yang nyaman akan bisa membuat Anda keasyikan dalam bekerja. Setiap tugas akan bisa cepat diselesaikan. Sebaliknya, jika tempat kerja Anda tidak nyaman, Anda justru kehabisan energi untuk sekadar berkonsentrasi dan tidak menyelesaikan apapun.

2. Siapkan software penting

Setelah bekerja di tempat yang nyaman, siapkan alat dan software penting untuk pekerjaan Anda. Berikut adalah software yang akan membantu Anda menjawab tantangan kerja remote. Mulai dari aplikasi untuk melakukan pekerjaan hingga aplikasi untuk berkomunikasi dengan rekan – rekan Anda.

3. Atur alur kerja yang jelas

Setiap macam pekerjaan akan memiliki alur kerja masing – masing. Untuk bisa memudahkan Anda, gunakan tiga patokan sederhana di bawah ini:

  • Apa yang sedang dikerjakan?
  • Apa yang akan dikerjakan selanjutnya?
  • Apa hasil yang diharapkan dari tugas ini?

Anda dan setiap orang dalam tim wajib tahu apa yang sedang dikerjakan. Ini akan menjadi penting agar masing – masing anggota tim bisa saling mengecek progres dari pekerjaannya.

Apa yang dikerjakan selanjutnya juga penting diketahui. Dengan begitu, Anda bisa merencanakan apa saja yang harus dilakukan selanjutnya. Anda dapat berdiskusi lebih dulu ketika ingin mengambil tugas atau membutuhkan bantuan dari teman satu tim.

Selain kedua hal itu, tiap anggota tim juga wajib apa hasil dari pekerjaan ini. Dengn begitu, setiap pekerja remote akan bekerja dengan orientasi pada hasil. Sesuatu yang menjaga anggota tim untuk terus produktif.

4. Buat jadwal rutin untuk laporan

Tips kerja remote selanjutnya adalah menyediakan waktu khusus untuk laporan secara rutin akan bisa membantu produktivitas dari sebuah tim yang saling bekerja remote. Dengan laporan rutin, masing – masing anggota tim bisa saling berdiskusi, laporan juga bisa jadi cara untuk menyelesaikan sebuah masalah dan memperbaiki alur kerja.

5. Jadwalkan online meeting secara berkala

Siapkan waktu khusus untuk online meeting secara berkala. Gunakan waktu ini untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan baru seputar pekerjaan dan hal – hal yang harus dilakukan selanjutnya. Ini juga bisa menjadi cara membangun kedekatan dan komunikasi di dalam tim. Selain itu, cara ini bisa dipakai untuk memastikan masing-masing anggota tim punya pandangan yang sama soal tujuan perusahaan dan cara mencapainya.

6. Respon percakapan via chat dengan cepat

Merespon chat bisa menjadi cara bagi Anda untuk memberitahukan bahwa Anda sedang berada di tempat. Karena bisa saja ada masalah yang terjadi namun rekan – rekan Anda tidak tahu apakah Anda sedang berada ditempat atau tidak.  Anda tentu bisa sekalian berdiskusi dan melaporkan progres pekerjaan via chat.

7. Tinggalkan pesan

Ketika bekerja remote, teman setim harus tahu kapan Anda sedang bekerja dan kapan tidak. Lewat info inilah mereka tahu kapan perlu menghubungi Anda.

Baca Juga: 5 Peraturan Rapat Online yang Harus Dipatuhi

Berikut adalah beberapa tips kerja remote yang bisa Anda terapkan saat ini, Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *