Cara Membangun Brand Image
Langkah-Langkah Dalam Membangun Brand Image
Juni 11, 2020
Strategi Sales Untuk Bisnis Online
Rekomendasi Strategi Sales Untuk Bisnis Online
Juni 11, 2020
Show all

Merencanakan Marketing Plan Untuk Produk Baru

Marketing Plan Untuk Produk Baru

Marketing Plan Untuk Produk Baru

Inovasi produk baru memang menjadi satu keharusan di dalam sebuah perusahaan. Sudah sebesar apapun perusahaan tersebut dan sudah seberapa terkenal produknya, tetap harus dilakukan inovasi produk. Bisa dalam bentuk membuat produk yang baru atau memperbaiki produk yang lama agar bisa menjadi lebih baik lagi. Ketika produk baru itu sudah jadi, maka diperlukan marketing plan yang baik agar bisa cepat dikenal oleh masyarakat luas. Tapi apa saja yang belum dipersiapkan dalam marketing plan untuk produk baru?

Pemasaran menjadi bagian penting di dalam memperkenalkan produk baru. Tanpa pemasaran, maka tidak mungkin produk baru tersebut bisa dikenal dan laku dengan cepat. Ada beberapa poin yang harus dipikirkan di dalam marketing plan. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Pikirkan Target Pasar

Dalam marketing plan, Anda harus memikirkan target pasar terlebih dahulu. Setiap produk memiliki target pasar yang berbeda-beda. Biasanya, untuk mendapatkan target pasar yang tepat, meliputi beberapa poin, seperti jenis kelamin, usia, tingkat pendapatan, karier, hingga tempat tinggal. Dari sana, maka bisa ditarik kesimpulan tentang target pasar yang sesuai dari produk baru. Lebih bagus lagi kalau Anda bisa langsung mempromosikan produk baru tersebut ke target pasar ketika produknya sudah dirilis di pasaran.

Membuat Anggaran Pemasaran

Tidak hanya memikirkan target pasar saja, tetapi Anda juga harus membuat anggaran pemasaran. Untuk membuat anggaran pemasaran sendiri, fokus utamanya adalah terkait dana yang dipakai dalam iklan dan promosi nantinya. Pemasaran memang menjadi bagian penting dalam proses memperkenalkan produk baru. Selain itu juga perlu juga dana untuk menggunakan media online yang bisa dipakai sebagai medium promosi juga. Jangan sampai lupa membuat anggaran pemasaran karena hal ini sangatlah penting.

Cek Pesaing Anda

Dalam berbisnis, pastinya ada pesaing atau kompetitor. Apapun bisnis Anda, apapun produk yang dijual, pasti ada pesaing yang bisa membuat Anda harus memikirkan berbagai strategi baru. Dalam melihat pesaing bisnis, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Dimulai dari melakukan riset pasar, melihat produk yang sedang dibutuhkan masyarakat, hingga melihat kekuatan dan kelemahan dari pesaing. Jangan lupa juga melihat harga dari produk yang sudah dijual oleh pesaing karena itu juga bisa dipikirkan di dalam strategi harga.

Buat Strategi Harga

Seperti yang sudah dituliskan di atas, Anda harus memikirkan strategi harga yang baik dan benar. Tidak dapat dipungkiri, ketika harga yang ditawarkan terlalu tinggi, maka sulit untuk meraup pembeli yang banyak. Diperlukan berbagai macam metode yang tepat. Salah satunya adalah dengan melihat target pasar yang dituju. Di dalam target pasar, sudah jelas ada tingkat pendapatan. Dari sana, maka bisa terlihat produk baru tersebut mau ditaruh di harga berapa. Namun jangan lupa untuk memeriksa harga dari pesaing juga. Begitu juga dengan biaya operasi agar bisa tetap bisa mendapatkan keuntungan yang pasti.

Baca Juga: Rekomendasi Cara Mempromosikan Produk Dengan Efektif

Itulah penjelasan tentang cara merencanakan marketing plan untuk produk baru. Dengan mengikuti beberapa cara di atas, maka Anda bisa mendapatkan satu paket produk baru yang bisa cepat dikenal masyarakat. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *