Sesorang Merancang Strategi Link Building SEO
Strategi Link Building SEO Berkualitas Terbaru 2020
Juli 27, 2020
Gambar Bagaimana Cara Meningkatkan SEO pada Website
Bagaimana Cara Meningkatkan SEO pada Website? Simak 8 Tips Berikut Ini!
Juli 29, 2020
Show all

Kunci Kesuksesan Model Bisnis Subscription

Salah satu bentuk Model Bisnis Subscription adalah netflix

Photo by freestocks on Unsplash

Sekarang ini semakin banyak customer yang menyadari manfaat layanan dengan model bisnis subscription. Oleh karena meningkatnya jumlah customer dengan pesat, layanan model bisnis subscription pun juga semakin berkembang secara signifikan, terutama pada bisnis ecommerce. Kendati demikian, model bisnis subscription harus bisa memberikan layanan yang berbeda dan unik, serta meninggalkan kesan yang nyaman bagi customer. Lantas, apa saja manfaat dan kunci sukses dari model bisnis subscription? Simak penjelasannya sebagai berikut.

 

Manfaat Model Bisnis Subscription Bagi Bisnis

Baik untuk perusahaan retail maupun layanan jasa, model bisnis subscription memberikan banyak keuntungan. Keuntungannya yang utama yakni bisa menjadi sumber revenue yang stabil dan kontinu karena subscriber Anda rutin membayar biaya berlangganan setiap bulan. Selain itu, subscription juga membuka peluang dan kesempatan untuk marketing yang lebih luas. Melalui subscription, Anda pun dapat mendapatkan data customer dengan lebih lengkap. Anda juga berkesempatan lebih baik untuk meningkatkan customer retention.

 

Manfaat Model Bisnis Subscription Bagi Customer

Tidak hanya untuk bisnis saja, namun bagi customer, subscription juga memberikan keuntungan. Terutama, konsumen akan merasa nyaman dengan kemudahan akses layanan yang bisa mereka dapatkan. Contohnya yang paling sederhana yaitu berlangganan musik dan film streaming. Tanpa harus membeli DVD, subscriber sudah bisa menikmati akses nonton film online setiap bulan, dengan pilihan judul film yang tidak terbatas. Tentu ini membuat orang-orang lebih memilih subscription. Berkat keuntungannya tersebut, subscription jadi semakin booming dan makin banyak orang menggunakan layanan ini.

 

Kunci Kesuksesan Model Bisnis Subscription

Karena subscription memberikan layanan kepada subscriber, maka kunci pentingnya yakni menghadirkan kenyamanan untuk mereka. Jadi, bukan hanya produknya saja yang perlu dipikirkan. Bahkan, lebih penting lagi bagi Anda untuk memikirkan strategi layanan yang paling tepat, sehingga membuat customer merasa sangat nyaman. Sebab, subscription tanpa memberikan layanan yang nyaman tidak akan bisa mendatangkan revenue bagi Anda, karena tak ada subscriber yang berlangganan. Jadi, produk layanan Anda harus menarik dan membuat pelanggan nyaman menggunakannya.

 

Berikan layanan yang bersifat personal, di mana subscriber Anda bisa melakukan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Saat customer dapat menikmati layanan dengan kemudahan tak terbatas seperti ini, pelanggan Anda tersebut akan merasa bahwa Anda memahami keinginan mereka. Customer jadi betah dan terus berlangganan kepada Anda. Sebaliknya, jika Anda gagal memberikan layanan yang bagus, maka customer Anda pun akan berhenti berlangganan, dan ini secara otomatis menurunkan revenue Anda.

 

Sistem Pembayaran Subscription

Selain memberikan layanan yang nyaman dan membuat customer betah, metode pembayaran untuk pelanggan Anda juga harus dilakukan secara sistematis. Artinya, berikan kemudahan maksimal bagi subscriber untuk membayar subscription mereka. Sediakan metode pembayaran dengan pilihan lengkap, terutama pastikan itu frictionless dan paperless. Jadi, customer tidak perlu menggesekkan kartu atau membayar dengan uang tunai untuk biaya subscription mereka. Sebab, Anda sudah menyediakan fasilitas pembayaran yang bisa dilakukan secara online.

Ini bukan hanya memudahkan pelanggan untuk membayar, namun juga melancarkan pemasukan Anda. Jika customer merasa bahwa sistem pembayaran subscription Anda itu mudah, maka mereka akan merasa betah dan senang berlangganan terus. Contohnya yang sederhana, pelanggan bisa membayar dengan menggunakan pulsa mobile mereka untuk menikmati layanan subscription Anda di smartphone. Ini sangat mudah, sehingga customer akan merasa tidak ada batasan sama sekali untuk menikmati layanan Anda.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *