Plan Konten Instagram
5 Langkah Membuat Plan Konten Instagram yang Optimal
Januari 28, 2020
Google UTM
Gunakan Google UTM untuk Analisis Trafik Anda
Januari 28, 2020
Show all

Tips Marketing: Optimasi Konten Mobile Anda

Optimasi Konten Mobile

Optimasi Konten Mobile

Waktu yang kita habiskan untuk menggunakan perangkat mobile saat ini sudah sangat berbeda dari beberapa tahun yang lalu, jumlah penggunanya pun sudah jauh meningkat. Mengecek sosial media, menonton konten, membaca berita, ataupun sekedar melihat iklan adalah bentuk aktivitas yang kita lakukan di sosial media.

Semakin sering kita berinteraksi dengan perangkat mobile, maka akan semakin tinggi kesempatan kita untuk melihat iklan. $ 247.4 miliar adalah biaya yang dihabiskan secara global untuk iklan mobile. Dengan biaya sebesar itu tentu saja perangkat adalah salah satu media yang cukup efektif untuk meletakan iklan Anda.

Situs yang dioptimasi untuk mobile juga strategi yang bermanfaat saat ini. Seperti yang sudah dibicarakan di atas, pengguna mobile sudah sangat banyak. Dengan ini perlu memanfaatkan platform di mobile untuk website Anda adalah sebuah hal yang wajib dilakukan. Bahkan strategi optimasi konten mobile first yang mengutamakan desain di mobile dibandingkan desktop sudah diterapkan dimana-mana.

Pengoptimalan konten mobile dilakukan untuk menyambut tren ini, konten yang dimasukkan pada platform mobile harus berbeda dengan yang dibagikan di berbagai tempat. Singkat, menarik, hingga custom-made untuk platform tertentu adalah strategi yang umum digunakan, dan strategi ini pun sudah pasti diterapkan oleh berbagai bisnis.

Namun kini ada beberapa langkah yang bisa membuat strategi Anda semakin unggul dibandingkan para pesaing Anda. Berikut adalah langkah yang bisa dilakukan;

Social Creator/Influencer

Social creator atau influencer adalah orang-orang yang sudah menguasai cara untuk membuat konten di sosial media. Membangun kerja sama dengan para influencer adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membawa social media marketing Anda menuju tingkat selanjutnya.

Tiap influencer memiliki audiens mereka, yang bisa saja menjadi konsumen potensial Anda. terlebih lagi pada saat ini influencer tidak hanya terbatas pada artis papan atas saja, kategori seorang influencer sudah lebih luas. Anda bisa memilih influencer mana yang memiliki audiens yang sesuai dengan produk atau jasa yang akan diiklankan.

BACA JUGA: 5 Tren Konten Terbaik Untuk 2020

Kreatifitas yang Menarik

Anda bisa mengembangkan optimasi konten mobile secara lebih lanjut dengan menambahkan unsur kreativitas kedalamnya.

  1. Fast-paced edit, akan menarik perhatian dari konsumen Anda, komunikasikan pesan Anda secara cepat dan jelas. Fast-pace edits juga merupakan bentuk konten yang sangat digandrungi belakangan ini.
  2. Anda juga memberikan sentuhan animasi untuk Gambar statis produk Anda, dengan elemen yang menarik seperti ini, maka gambar Anda akan semakin engaging untuk audiens Anda.
  3. Menambahkan suara adalah cara lain yang bisa dilakukan, audiovisual adalah sebuah bentuk konten yang paling digemari dan biasanya orang-orang akan menghabiskan waktu mereka untuk melihat konten yang audiovisual.
  4. Maksimalkan fitur-fitur yang tersedia di platform social media seperti button call-to-action dari instagram “swipe up”. Button ini cukup bermanfaat untuk menarik perhatian dari konsumen Anda.
  5. Pastikan video yang Anda buat kompatibel dengan berbagai perangkat mobile saat ini.
  6. Gambar dan video yang High quality adalah salah satu hal yang akan menarik perhatian dari orang banyak.

Dengan dominasi yang dimiliki oleh perangkat mobile, banyak ahli yang harus memastikan bahwa konten yang mereka sajikan sudah teroptimasi dengan baik, terutama konten yan memberikan kemudahan serta engaging dengan para audiens.

Dengan optimasi yang maksimal maka Anda akan selangkah lebih maju dibanding para pesaing Anda, dan meningkatkan efek yang bisa dihasilkan oleh konten Anda.

Bagaimana pendapat Anda? Bila Anda memiliki pertanyaan atau saran silahkan bagikan di kolom komentar, dan jangan lupa untuk di-share.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *