Google Siap Menindaklanjuti Halaman Dengan Popup Ads Mulai Januari 2017
September 13, 2016
Cara Memindahkan Wordpress Ke SSL
Cara Migrasi WordPress Ke SSL / HTTPS
September 16, 2016
Show all

Pengaruh SSL Terhadap Organic Ranking di Google

Secure Socket Layer (SSL) adalah protokol keamanan untuk transaksi aman di internet. Perubahan terbesar dapat di lihat dari URL website dimana http:// berubah menjadi https://.

Selain perubahan itu, tidak ada yang berubah dalam tampilan website. Lalu apa keuntungan dari website yang menggunakan SSL? Apakah setiap website perlu menerapkan protokol ini?

Apabila anda memiliki website dengan transaksi di dalamnya, maka SSL wajib di gunakan. Transaksi apa yang di maksud? eCommerce & membership. Hal ini akan meningkatkan keamanan dari situs.

Bagaimana bila website anda adalah situs perusahaan yang tidak memiliki transaksi online di situs?

Tahun 2014 lalu, Google mengeluarkan berita bahwa penggunaan SSL akan berpengaruh terhadap ranking web. Dan ini berpengaruh terhadap semua jenis website.

Beberapa waktu yang lalu, kami memutuskan untuk menggunakan SSL di situs utama kami dan melihat perubahan hasil atau keuntungan apa yang kami akan dapatkan.

Sebagai informasi, website kami tidak menggunakan transaksi online sehingga SSL tidak masuk dalam prioritas untuk di aplikasikan dalam website. Selain itu, pengunjung ke website kami sebagian besar adalah dari Organic Ranking di mesin pencari.

Hasilnya… Tanpa adanya perubahan lain, jumlah pengunjung organic website kami meningkat 47% dalam 1 minggu.

Hasil yang cukup memuaskan untuk kami karena perubahan yang dilakukan termasuk kecil. Dari hasil ini, kami menyarankan untuk setiap website mengaplikasikan SSL kedalam website, apapun jenis website-nya.

Selain itu, langkah ini perlu dilakukan karena tahun 2017, SSL akan menjadi elemen penting dalam website. Saya akan bahas hal ini di post berikutnya.

 

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

7 Comments

  1. Saya juga baru pasang SSL admin, cuma katanya untuk adsense masih banyak pengiklan yang belum support SSL, jadinya yah gak semua iklan muncul. Tapi nilai plusnya ya itu dia tadi menambah salah satu point dalam SEO..mudah2an trafik saya juga meningkat kaya web toffedev ini….Amin 😀

  2. Saya juga make min di blog utama saya, moga aja bisa juga berdampak positif kayak blog mimin ini, btw maaf oot min, saya mau nanya apakah protokol ssl benar susah di h*ck oleh p*r*tas 😀 maaf saya sensor min.

  3. Efran berkata:

    Pantes visitorku turun drastis. Kayaknya karena SSL ini salah satunya. Tq sharingnya mas Ryan….

  4. @misterebs_ berkata:

    Wow keren ya Mas, tanpa melakukan perubahan lain visitornya naik drastis jadi 47% hanya dengan menggunakan SSL saja.

  5. kaos greenlight berkata:

    terima kasih Mas pencerahannya. saya pikir perubahan ssl ini berpengruh terhadap posisi di google. pas saya check posisi di web tidak lama setelah perubahan dari http ke https, posisi web saya menurun. saya pikir mungkin perubahan ssl mempengaruhi indeks google.

    • Rima berkata:

      Halo ijin nimbrung. Gan website saya di update menggunakan ssl, tapi kenapa ya traficnya malah turun? dan sebagian besar kw anjlok di pencarian. Apakah ini efek dari penggantian menggunakan ssl? dan apa bisa balik lagi?

      • Ryan Kristomuljono berkata:

        Apakah peralihan di lakukan sekitar awal agustus? Apabila iya, maka kemungkinan karena perubahan algoritma dari Google yang dilakukan tanggal 1 Agustus kemarin.
        Sejauh ini, perubahan ke SSL memberikan response positif terhadap ranking.

        Untuk kembali ke non-SSL tidak akan mengembalikan ranking seperti sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *