Cara Berinteraksi dengan Konsumen
5 Cara Berinteraksi Dengan Konsumen
Mei 15, 2020
Mengapa Evaluasi Itu Penting
Mengapa Evaluasi Itu Penting Dalam Bisnis?
Mei 15, 2020
Show all

Pengertian Evaluasi Kinerja dan Tujuannya

Evaluasi Kinerja Adalah

Evaluasi Kinerja Adalah

Di dalam perusahaan, pasti ada banyak karyawan yang bekerja sesuai jabatannya masing-masing. Mereka memiliki kepribadian dan cara kerja yang berbeda-beda. Namun tetap pada intinya adalah memberikan kinerja yang terbaik untuk perusahaan. Perusahaan sendiri juga pasti juga ingin tahu bagaimana kinerja masing-masing karyawan. Maka dari itu, dibuatkanlah proses evaluasi kinerja. Apa itu evaluasi kinerja? Evaluasi kinerja adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui hasil kerja dari karyawan dan juga organisasi.

Bisa dibilang, evaluasi kinerja adalah sebuah langkah yang penting untuk dilakukan. Pada dasarnya, perusahaan harus tahu sudah sampai mana kinerja yang diberikan oleh setiap karyawannya. Dengan evaluasi kinerja, maka perusahaan tahu bagaimana penilaian pekerjaan mereka. Selain itu evaluasi kinerja juga sudah pasti memiliki tujuan. Apa saja tujuannya? Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Evaluasi Kinerja Adalah…

Sebelum masuk ke dalam pembahasan tujuan dari evaluasi kinerja, mari membahas pengertian evaluasi kinerja lebih dalam. Seperti yang sudah dituliskan di atas, evaluasi kinerja adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui hasil kerja dari karyawan dan juga organisasi. Namun tidak hanya berhenti di situ saja. Evaluasi kinerja yang benar juga harus dilakukan secara sistematis.

Dengan penilaian yang sistematis, maka penilaian juga akan lebih memiliki dasar, dibandingkan hanya membahas kinerja secara umum saja. Hasilnya adalah perusahaan bisa tahu apa saja yang dibutuhkan oleh karyawan untuk hari-hari ke depan. Selain itu, tiap karyawan juga menjadi lebih tahu apa tanggung jawab mereka. Ditambah lagi, mereka juga tahu apa saja yang harus diperbaiki di dalam proses pekerjaan mereka agar bisa memberikan performa lebih baik.

Evaluasi kinerja juga sering dilakukan untuk melihat apakah karyawan tersebut bisa mendapatkan bonus atau promosi jabatan. Jadi tidak hanya berdampak positif untuk kinerja saja, tetapi juga dari segi jabatan dan materi. Itulah mengapa evaluasi kinerja menjadi penting pada hari ini.

Tujuan Evaluasi Kinerja

Setiap evaluasi kinerja sudah pasti memiliki tujuan. Apa saja tujuannya?

  • Evaluasi kinerja bisa menjadi medium untuk meningkatkan kinerja karyawan sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan sejak awal.
  • Evaluasi kinerja bisa memberikan peluang besar karyawan untuk bercerita terkait apa saja yang bisa diubah di dalam perusahaan. Aspirasinya setiap karyawan memang harus didengarkan. Jangan sampai perusahaan tidak peduli dengan sikap karyawan karena itu bukanlah hal yang bagus.
  • Evalusi kinerja mampu memberikan pengakuan hasil kerja dari setiap karyawan, khususnya yang berprestasi. Ini juga bisa membuat karyawan lainnya termotivasi untuk melakukan yang lebih baik daripada sebelumnya. Karyawan yang memiliki kinerja kurang bagus pun juga bisa tahu terkait apa saja yang harus dilakukan.
  • Evaluasi kinerja bisa membuat karyawan tahu apa potensi yang dimilikinya. Setiap masukan dan saran yang diberikan bisa membuatnya maju terus menggali potensi. Hasilnya pun juga bagus bagi perusahaan.
  • Evaluasi kinerja juga bisa melihat lebih dalam terhadap strategi yang telah dilakukan. Dari sana, maka bisa ada perubahan yang membawa dampak lebih baik.

Baca Juga: Peran Digital Marketing dalam Mempengaruhi Konsumen Anda

Itulah pengertian evaluasi kinerja dan tujuannya. Sekarang Anda sudah tahu betapa pentingnya evaluasi kinerja. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *