UX Design Website
Cara Tingkatkan UX Design Website Untuk Conversion Rate
Januari 24, 2020
Seluk Beluk Content Management System yang Penting Untuk Website
Januari 27, 2020
Show all

Pengertian Hosting yang Berguna Untuk Bisnis Saat ini

Pengertian Hosting

Pengertian Hosting

Menjalankan bisnis pada saat ini bisa dibilang susah-susah gampang. Mengapa begitu? Karena dengan kemajuan zaman serta teknologi, membangun bisnis tidaklah sulit. Menjalankannya pun juga sama saja. Ini karena banyaknya penambahan teknologi baru yang bisa Anda gunakan sehari-hari di dalam menunjang aktivitas berbisnis.

Di dalam bisnis, pastinya harus ada pengolahan marketing dan promosi yang tepat. Tidak mungkin Anda menjalankan bisnis tanpa melakukan dua hal tersebut. Salah satu yang bisa digunakan untuk marketing dan promosi adalah memiliki website.

Membangun website bisnis Anda saat ini tidak perlu Anda lakukan sendiri. Sekarang sudah banyak perusahaan yang bisa membuatkan Anda website dengan cepat dan berkualitas. Salah satunya ToffeeDev. Tapi apakah Anda tahu kalau di dalam membuat website, ada satu teknologi yang digunakan yaitu hosting?

Ya, hosting adalah bagian penting di dalam memiliki website. Jika tidak ada hosting, sulit untuk memiliki website. Dengan kondisi ini, tidak dapat dipungkiri kalau banyak yang menawarkan jasa hosting di luar sana. Namun sebelum itu, Anda sebaiknya mengetahui seluk beluk hosting yang berguna untuk bisnis saat ini.

Pengertian hosting

Pengertian hosting adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan data-data yang diperlukan di dalam sebuah website. Data-data tersebut meliputi teks, gambar, file, script, hingga database. Walaupun dikenal dengan sebutan hosting, jika memiliki bentuk secara fisik, maka biasanya lebih dikenal dengan sebutan server.

Pada dasarnya, hosting bisa disebut sebagai bank data dari sebuah website. Tentu saja, tanpa adanya hosting, maka website tersebut tidak bisa dibangun secara baik. Data-data yang diharuskan ada di dalam website malah tidak ada. Kondisi ini membuat hosting harus terhubung dengan jaringan internet sepanjang waktu. Jika ada masalah dengan jaringan internet tersebut, maka website bisa langsung down dan tidak bisa diakses.

Di dalam menjalankan hosting, tetap dibutuhkan sistem operasi dan software agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. Namun tenang saja, semua ini biasanya sudah dipersiapkan oleh penyedia layanan hosting yang sudah tersebar di mana-mana. Untuk contoh cara kerja hosting, sebenarnya blog ini sudah bisa dibilang sebagai hasil dari kinerja hosting.

Kalau Anda berpikir hanya dengan hosting saja maka website bisa berdiri, Anda salah. Ada juga domain yang juga diperlukan saat ingin membangun website. Domain adalah alamat dari website. Jika Anda ingin masuk ke Gmail, lalu Anda mengetik www.gmail.com di browser, itulah yang disebut sebagai domain.

Untuk mendapatkan domain, Anda bisa membelinya, alias Anda harus membayar nama domain sesuai dengan nilai yang telah ditentukan. Namun perlu diingat, walaupun Anda membayar untuk mendapatkan nama domain, Anda tidak sepenuhnya memiliki nama tersebut. Sebenarnya, Anda hanya menyewa nama tersebut.

Kelebihan dan kekurangan hosting

Untuk menggunakan hosting, Anda bisa memakai shared hosting, yang saat ini sudah banyak tersebar di hampir semua layanan hosting. Namun di dalam sebuah teknologi, tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya juga.

Kelebihan shared hosting mencakup:

  • Harga yang terjangkau
  • Tersedianya kontrol panel seperti cPanel, yang bisa membuat Anda mengelola website dengan lebih mudah
  • Adanya berbagai paket yang ditawarkan, sehingga bisa disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Anda juga bisa upgrade paket jika paket yang sedang dipakai kurang memadai
  • Untuk pemeliharaan server, semuanya akan dilakukan oleh penyedia layanan hosting

Kekurangan shared hosting meliputi:

  • Loading website akan menjadi lebih lambat jika dibandingkan dengan dedicated hosting
  • Harus menggunakan CloudFlare untuk bisa mendapatkan loading website yang lebih cepat

Itulah pengertian hosting yang berguna untuk bisnis saat ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *