Pengertian Market Intelligence Beserta Bagiannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Di dalam dunia bsinis, banyak sekali istilah ataupun ilmu yang harus dipelajari. Salah satunya adalah market intelligence. Pengertian market intelligence adalah kecerdasan pemasaran yang berguna untuk mendapatkan segala bentuk informasi yang berguna untuk mengambil keputusan.

Dalam bisnis, pengambilan keputusan memang sangatlah penting. Dalam pengambilan keputusan pun juga harus mengikuti aturan, kondisi, dan hal-hal lainnya yang bisa membuat keputusan tersebut berubah.  Setiap perusahaan, pasti pernah melakukan pengambilan keputusan. Ada level manajemen yang punya kuasa untuk melakukan itu. Namun dalam pengambilan keputusan yang baik, sebenarnya sangat dibutuhkan ilmu market intelligence yang baik.

Jadi, bagi Anda yang penasaran terkait pengertian market intelligence yang lebih mendalam beserta dengan beberapa bagian pentingnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Market Intelligence Adalah…

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pengertian market intelligence adalah kecerdasan pemasaran yang berguna untuk mendapatkan segala bentuk informasi yang berguna untuk mengambil keputusan. Namun lebih dalam dari itu, market intelligence adalah kemampuan untuk mengambil informasi yang dinilai relevan. Informasi tersebut berkaitan dengan pasar yang menjadi bagian dari bisnis tersebut.

Dengan adanya market intelligence, maka Anda bisa mendapatkan analisa yang paling tepat di dalam proses pengambilan keputusan. Selain itu, Anda juga bisa tahu bagaimana penyebaran informasi yang ada.

Memang pada dasarnya, banyak orang yang tidak tahu tentang market intelligence. Padahal ketika sudah tahu dan diterapkan di dalam perusahaan, maka akan terasa manfaatnya. Di dalam market intelligence sendiri, ada beberapa bagian yang menjadi inti utama dari ilmu ini. Apa saja itu?

Bagian Market Intelligence

Dalam market intelligence sendiri, ada empat bagian utama. Dimulai dari kecerdasan pesaing (Competitor Intelligence), kecerdasan produk (Product Intelligence), pemahaman terhadap pasar (Market Understanding), dan pemahaman terhadap pelanggan (Customer Understanding).  Untuk bisa menjelaskan keempatnya dengan lebih mudah, Anda akan dibawa ke dalam sebuah cerita yang menjelaskan alur dari kerja market intelligence.

Pad awalnya, Anda sudah tahu bahwa pesaing bisnis Anda sedang melakukan berbagai macam cara untuk bisa menaikkan penjualan. Biasanya yang paling banyak dilakukan adalah membuat harga produk mereka berada di bawah harga normal. Tentu saja itu adalah ancaman untuk bisnis Anda sendiri. Demi bisa melawan perang harga yang dilakukan oleh pesain, maka Anda berusaha mencari jalan keluar. Apa jalan keluar yang bisa dilakukan? Solusinya adalah membuat produk baru untuk menggantikan produk lama. Dengan produk yang jauh lebih baru, maka harga murah yang ditawarkan oleh pesaing bisnis Anda tidak akan berlaku lagi. Itulah yang dimaksud dalam Product Intelligence.

Setelah itu, informasi yang sudah didapatkan di sana perlu digabungkan dengan informasi terkait bisnis perusahaan tersebut. Inilah yang menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi CEO. Dengan mengembangkan pasar, maka mereka bisa mendapatkan pasar yang jauh lebih besar. Bisa dibilang, mengembangkan sayap ke bagian lainnya. Untuk itu, diperlukan juga strategi baru yang layak dan bisa diaplikasikan. Ini semua bisa dilakukan berkat informasi yang telah dikumpulkan. Inilah yang dimaksud dengan Competitor Intelligence.

Pada akhrinya, dalam mengambil keputusan terakhir yang berkaitan dengan langkah perusahaan dalam mengembangkan pasar, perlu adanya langkah selanjutnya. Apa itu? Pertama adalah pengetahuan terkait pasar yang baru dan juga segmen pelanggan. Itulah yang dimaksud Market dan Customer Understanding.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Marketing Online?

Sekarang Anda sudah tahu pengertian market intelligence. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Kategori

Pengertian Market Intelligence Beserta Bagiannya

Pengertian Market Intelligence Adalah
Kategori