Podcast Spotify
Cara Mempromosikan Podcast Anda Lewat Spotify
Februari 21, 2020
Apa itu Google Seach Console
Google Search Console, Pahami dan Ketahui Manfaatnya
Februari 21, 2020
Show all

Pengertian Pagination yang Sebenarnya Sering Digunakan

Pengertian Pagination

Pengertian Pagination

Setiap harinya, Anda pasti membuka berbagai macam website, khususnya website yang berisi artikel, seperti portal berita. Dalam struktur website yang dibuka, pastinya ada halaman-halaman yang berisi setiap artikel. Fungsi utama dari halaman-halaman tersebut untuk mengatur website dengan sedemikian rupa agar tidak berantakan alias tetap rapi sehingga enak untuk melakukan navigasi di dalamnya. Sebenarnya untuk pembuatan halaman-halaman tersebut memiliki arti tersendiri, yaitu Pagination.

Pagination biasanya digunakan untuk website yang aktif dalam menambah postingan setiap harinya. Tidak hanya satu artikel saja per hari, tetapi bisa 5, 10, hingga 20 artikel sehari. Dengan banyaknya postingan yang ada, mau tidak mau diperlukan fitur ini sendiri. Bagaimana proses kerja Pagination yang benar? Bagaimana membuat Pagination di WordPress? Semuanya dibahas lengkap di bawah ini.

Cara Kerja Pagination

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, Pagination memiliki fungsi utama agar halaman website yang banyak di dalamnya bisa teratur, walaupun setiap harinya ada tambahan postingan hingga belasan. Sebenarnya untuk cara kerja fitur ini sangatlah mudah. Jika Anda memperhatikan portal berita, lalu membuka satu topik tersendiri seperti “Olahraga”, maka Anda akan melihat beberapa postingan artikel.

Namun jumlah postingan artikel di satu halaman biasanya diatur agar sama untuk setiap halaman. Contoh paling sering adalah 10 artikel per halaman. Ketika Anda membuka halaman selanjutnya, maka Anda melihat 10 artikel lainnya. Begitu seterusnya. Inilah yang dimaksud sebagai cara kerja Pagination.

Dengan adanya Pagination, website tersebut pasti menjadi lebih mudah untuk dieksplorasi oleh para penggunanya, termasuk Anda. Lebih enak dilihat juga dan lebih teratur. Bagi yang memiliki website dengan jumlah postingan yang banyak, sebaiknya optimalkan penggunaan fitur ini. Jangan sampai melupakan hal ini karena bisa merugikan juga untuk website Anda.

Cara Membuat Pagination di WordPress

Untuk membuat fitur ini di WordPress sendiri, caranya termasuk mudah dan bisa Anda lakukan sendiri jika mengikuti langkah-langkahnya dengan tepat. Untuk membagi jumlah postingan per halaman, Anda bisa mengubahnya di bagian Setting. Di sana akan ada bagian menentukan jumlah postingan yang bisa dimuat per halaman. Caranya masuk ke bagian Admin – Settings – Reading – Blog pages show at most. Di sana Anda bisa memilih berapa banyak jumlah postingan yang diinginkan dalam satu halaman. Sesuaikan dengan keinginan Anda, mau lebih banyak atau lebih sedikit.

Baca Juga: Tertarik Punya Blog? Ini Cara Membuat Blog Di WordPress 

Jika Anda ingin masuk lebih dalam untuk pengaturan Pagination, Anda bisa menggunakan source code yang ada. Jika ingin menambahkan fungsi link untuk halaman selanjutnya (next page) dan halaman sebelumnya (previous page), Anda bisa memasukkan function posts_nav_link(). Bisa juga menambahkan halaman dengan angka-angka. Masukkan function the_posts_pagination() di dalam source code.

Untuk contoh source code dari Pagination adalah:

<?php if ( have_posts() ) : ?>

    <!– Add the pagination functions here. –>

     <!– Start of the main loop. –>

    <?php while ( have_posts() ) : the_post(); ?>

     <!– the rest of your theme’s main loop –>

    <?php endwhile; ?>

    <!– End of the main loop –>

    <!– Add the pagination functions here. –>

 <div class=”nav-previous alignleft”><?php next_posts_link( ‘Older posts’ ); ?></div>

 <div class=”nav-next alignright”><?php previous_posts_link( ‘Newer posts’ ); ?></div>

 <?php else : ?>

 <?php _e(‘Sorry, no posts matched your criteria.’); ?>

 <?php endif; ?>

Itulah pengertian Pagination yang sebenarnya sering digunakan namun tidak disadari oleh banyak orang. Jika memang Anda berminat untuk menggunakannya, segera buka WordPress milik Anda dan rasakan manfaatnya. Semoga informasi tentang Pagination ini berguna untuk Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar dan share artikel ini agar bisa semakin banyak orang yang tahu tentang teknologi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *