Trend Bisnis 2020
Trend Bisnis 2020 Dalam Era New Normal
Mei 29, 2020
Blue Ocean Strategy Adalah
Mengenal Blue Ocean Strategy yang Memiliki Potensi
Mei 29, 2020
Show all

Pengertian Webinar dan Jenis-jenisnya

Webinar Adalah

Webinar Adalah

Di tengah pandemi COVID-19, semakin banyak orang yang hanya bisa berada di rumah saja. Mereka tidak mau mengambil risiko untuk tetap beraktivitas di luar rumah. Dengan kondisi seperti ini, banyak yang merasa kalau mereka tidak bisa mengembangkan dirinya. Namun untungnya, kemajuan teknologi menciptakan satu metode pembelajaran baru dengan sistem komunikasi yang lebih mudah, yaitu webinar. Webinar adalah singkatan dari web seminar.

Jadi, dengan webinar, Anda bisa mendapatkan beragam ilmu yang bisa dapatkan dengan mudah melalui web conference. Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang webinar atau bahkan sudah pernah mengikuti salah satu kelas webinar. Pada saat ini, bisa dibilang webinar menjadi komoditi yang sangat besar. Banyak perusahaan yang menyelenggarakan webinar setiap harinya. Beberapa profesional yang sudah memiliki nama atau popularitas di tengah masyarakat juga sering membuat webinar.

Sebenarnya Anda tidak hanya bisa menjadi pesertanya saja. Anda bisa juga menjadi pembuat webinar itu sendiri. Namun sebelum bisa membuat webinar, Anda harus mengetahui pengertiannya secara lebih mendalam dan mengetahui jenis-jenisnya.

Webinar Adalah…

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, webinar adalah singkatan dari web seminar yang memanfaatkan teknologi untuk memberikan seminar via online. Saat ini, semakin banyak orang yang tertarik mengikuti webinar. Tanpa adanya kesempatan untuk pergi ke luar, dari pihak pembuat seminar dan peserta, mau tidak mau, webinar adalah jawaban paling tepat hari ini.

Webinar yang dilakukan saat ini untungnya didukung juga oleh beberapa aplikasi web conference, seperti Zoom dan Google Meet. Dengan tenologi yang saling menunjang satu sama lain, pada akhirnya, webinar menjadi semakin besar kian waktu.

Jenis-jenis Webinar

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana pengertian webinar dan manfaatnnya. Dalam webinar sendiri, ada beberapa jenisnya juga. Ya, webinar tidak hanya memiliki satu jenis saja, tetapi ada dua jenis webinar. Apa saja jenis-jenis webinar itu?

  • Web conference (video conference)

Dari daftar jenis webinar yang ada di artikel ini, bisa dibilang web conference menjadi yang paling penting dan paling sering dilakukan saat ini. Semua seminar yang bisa Anda masuki dengan jumlah peserta sekitar puluhan hingga ratusan, pastinya disebut sebagai web conference. Jadi, ketika Anda memang ingin membuat webinar sendiri dengan topik yang telah dikuasai, maka Anda itu sedang mengambil jenis webinar bernama web conference.

  • Web broadcast (webcast)

Selain web conference, ada juga web broadcast. Perbedaan paling besar di antara web broadcast dan web conference adalah jumlah pesertanya. Kalau web conference biasa dihadiri peserta dengan jumlah puluhan hingga ratusan, berbeda dengan web broadcast. Web broadcast memiliki peserta hingga angka ribuan orang. Tentu saja untuk aplikasi seperti Zoom atau Google Meet, tidak bisa mengakomodir web broadcast. Website seperti YouTube jauh lebih mudah mengakomodir hal ini.

Itulah pengertian webinar dan jenis-jenisnya. Memang untuk jenis webinar saat ini, hanya ada dua saja. Tapi walaupun hanya ada dua jenis, perbedaannya sudah pasti cukup terasa. Perlu digarisbawahi bahwa webinar yang sekarang banyak terdapat di internet itu merupakan web conference.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Webinar

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *