Blue Ocean Strategy Adalah
Mengenal Blue Ocean Strategy yang Memiliki Potensi
Mei 29, 2020
Internet of Things Adalah
Pengertian Internet of Things dan Cara Kerjanya
Juni 2, 2020
Show all

Penjelasan dan Faktor Penting Dalam Consumer Behavior

Consumer Behavior Adalah

Consumer Behavior Adalah

Dalam bisnis, pasti ada dua pihak utama yang memiliki posisi penting. Pertama ada produsen dan kedua adalah konsumen. Setiap pihak memiliki tugasnya masing-masing. Dari pihak produsen, mereka harus bisa memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan pasar. Sedangkan untuk pihak konsumen, mereka menjadi pihak yang mau membeli barang atau jasa tersebut. Namun di dalam sisi konsumen, ada yang namanya consumer behavior. Consumer behavior adalah aktivitas konsumen yang berhubungan dengan mencari, memilih, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi barang atau jasa yang digunakan.

Consumer behavior (yang memiliki nama lain perilaku konsumen) ini memang fokus membahas bagaimana konsumen mau membeli dan menggunakan barang atau jasa tersebut. Dalam praktiknya, terdapat beragam hal yang menarik untuk dibahas dari consumer behavior. Dimulai dari penjelasan mendalamnya dan faktor penting yang ada. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Consumer Behavior Adalah…

Sebelum mengenal faktor-faktor yang ada di dalamnya, mari membahas penjelasan consumer behavior lebih dalam. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, consumer behavior adalah proses ketika konsumen berusaha untuk mencari, memilih, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi barang atau jasa yang digunakan.

Tentu saja pengertian consumer behavior itu sangatlah penting. Dari sisi produsen sendiri, juga harus tahu tentang hal ini. Dengan consumer behavior, maka konsumen tahu bagaimana kualitas barang, teknologi yang digunakan, hingga harga barang di pasar.

Biasanya di dalam konsumen itu dibagi dua, yaitu:

  • Personal Consumer: konsumen yang membeli atau menggunakan barang/jasa untuk digunakan sendiri saja.
  • Organizational Consumer: konsumen yang membeli atau menggunakan barang/jasa untuk kebutuhan organisasi tersebut.

Faktor-faktor Dalam Consumer Behavior

Dalam consumer behavior, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Dimulai dari:

  • Faktor Sosial

Di dalam faktor sosial, ada grup, pengaruh keluarga, dan peran dan status.  Ketika berada di dalam grup, maka bisa mempengaruhi perilaku konsumen. Begitu juga ketika mendapatkan pengaruh dari keluarga. Mereka bisa saja membuat Anda mau membeli barang atau jasa tersebut. Peran dan status juga mampu membuat consumer behavior berubah.

  • Faktor Personal

Untuk faktor personal, ada beberapa hal yang mempengaruhi perilaku konsumen. Dimulai dari situasi ekonomi, gaya hidup, kepribadian & konsep diri, umur & siklus hidup, dan pekerjaan.

  • Faktor Psikologi

Selain itu ada pula faktor psikologi. Berhubungan dengan psikologi, ada beberapa hal yang ikut mempengaruhi perilaku konsumen. Ada motivasi, persepsi, pembelajaran, serta beliefs & attitude.

  • Faktor Kebudayaan

Terakhir ada faktor kebudayaan. Di dalamnya mencakup subkultur dan kelas sosial yang bisa memberikan pengaruh besar dalam perilaku konsumen. Memang tidak dapat dipungkiri, ketika budaya di sekitar Anda itu berbeda dari biasanya, maka itu juga bisa membuat Anda memiliki perilaku yang berbeda. Anda bisa membeli dan menggunakan barang atau jasa yang sebelumnya tidak pernah dibeli.

Itulah penjelasan dan faktor penting dalam consumer behavior. Jangan sampai Anda melupakan bahwa banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen. Semuanya tergantung di mana Anda berada, orang-orang yang berada di sekitar Anda, hingga pandangan terhadap hidup.

Baca Juga: Cara Mempertahankan Hubungan Baik Dengan Konsumen

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *