Apa Itu Search Engine Optimization atau SEO? – Ask Monday #9
Mei 10, 2015
Cara Memilih Kata Kunci Yang Tepat Untuk Kampanye Anda
Mei 13, 2015
Show all

Penjelasan Lebih Dalam Tentang Google AdWords

Google AdWords adalah alat periklanan online dari Google dengan model lelang. Google AdWords menggunakan metode cost-per-click (CPC) atau pay-per-click (PPC) dalam beriklan dimana anda hanya membayar saat iklan anda bekerja. Tidak ada biaya untuk menampilkan iklan anda di halaman hasil pencarian. Anda hanya dikenakan biaya saat seseorang klik iklan anda untuk masuk kedalam website anda.

Dengan Google AdWords, anda bisa memasang iklan anda untuk tampil di Google atau di website partner dari Google. Anda bisa mengatur budget iklan sesuai dengan keinginan anda dan melakukan evaluasi hasil iklan anda. Anda bisa memulai dengan biaya kecil dan menghentikan iklan kapanpun anda inginkan. Tidak ada komitmen jangka panjang untuk menggunakannya.

Saat orang mencari sesuatu melalui mesin pencari yang berhubungan dengan produk atau jasa anda, iklan anda akan tampil di halaman hasil pencarian. Ini memberikan tempat kepada pemasang iklan online untuk menempatkan iklan mereka di Google Search Engine Result Pages (SERPs). Ini membantu anda untuk mendapatkan pelanggan baru dan mengembangkan bisnis anda.

Proses untuk memulai dengan Google AdWords sangat mudah. Anda bisa membuat akun anda dan mengatur iklan anda secara online. Tidak diperlukan biaya apa-apa untuk mendaftar di Google AdWords. Sekarang, anda bisa membuat iklan anda dengan memasukkan informasi tagihan anda. Anda juga bisa melihat iklan anda terlebih dahulu untuk melihat statistik performa iklan anda.

Cara Google AdWords bekerja di dasari oleh beberapa hal, seperti:

  • Keywords
  • Placement
  • Ad Rank
  • Bid
  • Quality Score

Keywords adalah kata atau frase yang orang gunakan saat mereka mencari produk atau jasa anda. Keywords akan memanggil iklan anda untuk tampil di halaman hasil pencarian. Keywords yang relevan akan meningkatkan kemungkinan iklan anda di tampilkan kepada pengunjung potensial dan meningkatkan perfirma iklan anda juga.

Anda bisa mengatur penempatan (placement) iklan anda di Google atau situs lain. Anda bisa mengatur secara spesifik untuk peletakkannya. Urutan dari iklan di hasil pencarian berdasarkan peringkat dari iklan itu sendiri –dikenal juga dengan Ad Rank. Hal ini di tentukan dari dua faktor:

Quality Score * Bid = Ad rank

Bid management sangat penting untuk meningkatkan Ad rank anda. Anda bisa mengatur bid anda berdasarkan budget anda dan relevansi keywords. Quality score dari keywords menggambarkan kualitas dari iklan dan relevansi dari landing page anda. Nilai quality score yang tinggi berarti biaya rendah dan ad rank yang tinggi.

Saat seorang pengguna mencari sesuati, Google memproses permintaan dan menjalankan lelang untuk setiap keyword yang menentukan iklan mana yang akan ditampilkan untuk pencarian tersebut dan bagaimana urutannya. Lelang ini berlangsung berulang kali dan pengguna akan menemukan hasil yang relevan. Ini membantu pengiklan mencapai pelanggan potensial dengan biaya serendah mungkin.

Secara keseluruhan proses beriklan di Google AdWords membantu anda mempromosikan bisnis dan meningkatkan brand awareness anda. Ini akan memaksimalkan Retrun on Investment (ROI) anda. AdWords terukur, diperhitungkan dan fleksibel dalam penggunaannya. Anda bisa mencapai orang yang tepat di waktu yang tepat menggunakan Google AdWords. Ini juga memberikan kemungkinan mencapai pelanggan tertarget dan relevansi yang maksimum.

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *