Mengenal Buying Keyword
Apa itu Buying Keyword? Bagaimana Cara Memanfaatkannya?
April 14, 2020
Mengenal Unbounce App
Unbounce App: Platform Untuk Landing Page
April 15, 2020
Show all

Google Assistant vs Siri: Mana yang Lebih Cocok?

Google Assistant vs Siri

Google Assistant vs Siri

Teknologi yang sudah modern menghasilkan berbagai macam penemuan yang memudahkan tugas dari manusia, salah satunya adalah perkembangan Personal Assistant yang diintegrasikan dengan AI (artificial intelligence). Dua personal assistant yang cukup banyak digunakan adalah Google Assistant vs Siri. 2 personal assistant ini tersedia di berbagai perangkat, Siri yang eksklusif untuk produk dari Apple, dan Google Assistant yang bisa dijalankan di seluruh peralatan yang memiliki sistem operasi Android.

Namun, muncul sebuah pertanyaan, mana yang lebih di antara keduanya untuk Anda?

Google Assistant vs Siri, Mana yang Lebih Bagus?

Google Assistant vs Siri, keduanya merupakan personal assistant yang populer, dan tersedia di berbagai perangkat, mulai dari kantong Anda hingga rumah dan kendaraan Anda. Sebelum memilih mana yang lebih bagus untuk Anda, ada baiknya kita mengenal keduanya terlebih dahulu.

Google Assistant

Google Assistant adalah personal assistant yang cerdas dan juga dinamis. Diluncurkan pada tahun 2016 sebagai sebuah update dari Google Now, menawarkan elemen personalisasi seperti mengumpulkan informasi dari orang – orang seperti Kalender Google, Gmail dan layanan Google lainnya dan juga memahami konteksnya, mengenali profil suara yang berbeda dan mendukung fitur-fitur seperti Percakapan yang berlanjut dan Mode Penerjemah

Selain hal di atas, Google Assistant juga akan membantu Anda dalam mengontrol perangkat rumah pintar yang kompatibel, mengakses informasi dari kalender Anda, penerjemah, dan membuat alarm dan pengingat. Selain itu juga bisa melakukan panggilan menggunakan Duo, mencari informasi secara online dan memutar konten dan musik ke perangkat Chromecast. Anda akan menemukan Google Assistant di berbagai perangkat, mulai dari speaker, Google Home, smartphone Android dan smartwatch, earbud dan headphone, bahkan mobil yang mendukung Android Auto.

Siri

Siri merupakan personal assistant tertua. Siri pertama kali diperkenalkan sebagai aplikasi di App Store pada 2010, yang pada akhirnya menjadi aplikasi wajib yang diinstall secara permanen untuk perangkat dengan sistem operasi iOS sejak 2011 setelah Apple mengakuisisi perusahaan yang mengembangkannya. 

Satu hal penting yang menjadikan Siri berbeda dari Google Assistant, Siri hanya tersedia di perangkat Apple. Anda akan menemukan Siri di iPhone, iPad, Apple Watch, AirPods, MacBooks, iMacs, speaker HomePod, dan semua mobil yang memiliki Apple CarPlay di dalamnya – walaupun itu juga membutuhkan perangkat iOS.

Siri memiliki fungsi  menarik informasi dari berbagai layanan Apple untuk memberikan Anda pengalaman yang lebih personal. Siri akan mengontrol berbagai perangkat rumah pintar yang kompatibel dengannya, membuka aplikasi, menelepon atau mengirim pesan ke kontak Anda, mengatur alarm dan pengingat, mencari informasi online, membuat rekomendasi, menceritakan lelucon, dan banyak lagi.

Google Assistant vs Siri, Personal Assistant yang Cocok Untuk Anda

Untuk bisa memilih mana yang cocok untuk Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Salah satunya adalah, perangkat mana yang Anda gunakan, Android atau iOS dari Apple?

Bila Anda lebih suka menggunakan Android, maka tentu saja Google Assistant adalah pilihan Anda. Google Assistant dapat menangani beberapa permintaan sekaligus. dan bisa mengenali profil suara dan didukung dengan hasil pencarian Google di belakangnya. Ini membuatnya sangat akurat. 

Tapi, jika Anda lebih suka menggunakan produk Apple, dan berada di dalam ecosystem nya, Siri adalah pilihan Anda. Siri merupakan personal assistant yang unik dan juga lucu, terutama dengan gaya penyampaian nya yang natural. Ditambah dengan fitur Siri Shortcut yang bisa menyelesaikan berbagai hal dengan cepat.

Baca Juga: Cara Penggunaan Google Assistant Untuk Pemula

Jadi, diantara Google Assistant vs Siri, mana yang akan Anda pilih? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *