Yang Harus Di Perhatikan Saat Membuat Website Online Shop
Yang Harus Di Perhatikan Saat Membuat Website Online Shop
April 11, 2019
Meningkatkan Kemampuan Desain Grafis
Meningkatkan Kemampuan Desain Grafis
April 18, 2019
Show all

Perbedaan SEO dan SEM untuk Pemasaran Digital

Halo semuanya, Selamat Pagi.

Selamat datang di Toffee Sharing Monday dengan saya David Antonny.

Hari ini saya akan membahas tentang SEO dan SEM. Apa aja sih perbedaannya dan kapan kita harus menggunakannya?

Pertama kita lihat perbedaannya dari sisi Pengertian atau singkatannya juga.

SEM itu adalah Search Engine Marketing. Istilah gampangnya adalah iklan di search engine. Iklan yang biasanya kita temui adalah iklan google. Di pencarian google tentunya dan ini sifatnya berbayar.

Kemudian untuk SEO itu adalah Search Engine Optimization yang artinya adalah pengoptimalan website kita di mesin pencarian khususnya google. Karena kita banyak menggunakan google di Indonesia. Dan sebagian besar memang seluruh pengguna internet di Indonesia menggunakan google search untuk mencari segala sesuatu yang mereka butuhkan.

Setelah itu perbedaan lainnya adalah SEM itu bisa dikenal dengan sebutan paid traffic, dan paid traffic ini kita membayar dari iklan tersebut sehingga websitenya kita akan tampil di halaman pertama google ketika pertama melakukan pencarian terhadap keyword yang kita targetkan sesuai dengan bisnis kita.

Jadi sifatnya memang lebih ke marketing. Jadi kita bisa buat segala sesuatu dalam waktu singkat sesuai kebutuhan kita untuk kegiatan promosinya kita.

Berbeda dengan SEO. SEO ini dikenal dengan organic traffic. Organic dalam artian dari pengertiannya tadi itu adlaah kita pengoptimalan website kita sehingga muncul dalam mesin pencarian dalam kata kunci tertentu.

Jadi untuk bisa tampil di mesin pencarian itu sendiri membutuhkan waktu yang  cukup lama karena ini sifatnya kita tidak membayar ke google. Tapi biasanya ada beberapa SEO agency yang memberikan jasa pengoptimalannya.

Teman-teman juga sebenernya bisa melakukan SEO sendiri tapi harus mengetahui teknik yang benar. Bisa melakukan pencarian sendiri di google gimana cara mengoptimalkan SEO, tapi jangan sampai salah jalan, jadi ada beberapa yang gak bener juga.

Ok, dari itu tadi adalah beberapa perbedaan, baru dua perbedaan.

Kemudian yang ketiga ini adalah untuk SEM itu lebih ke arah direct result. Maksudnya kita menggunakan SEM karena waktu yang kita butuhkan untuk tampil di halaman pertama, waktunya lebih singkat. Kita hanya perlu setup campaign, research keyword, kemudian bikin teks iklan promosinya, dan dalam sekitar 30 menit ketika kita aktifkan, iklan kita sudah bisa tampil di mesin pencarian.

Itu fungsi yang paling utama dari search engine. Sifatnya lebih cepat, kemudian hasil yang kita dapatkan juga bisa kita lihat dalam waktu singkat. Misalnya kita pasang iklan dalam waktu seminggu dengan tanpa iklan satu minggu, akan keliahatan hasilnya.

Atau misalnya kita udah pasang iklan tapi memang belum ada hasilnya, nah itu membutuhkan teknik pengoptimalan dari campaign yang udah kita bikin tadi.

Apa saja yang perlu di optimalkan supaya iklan kita dapat membuahkan hasil? Setidaknya ada kontak yang masuk, orang menghubungi bisnisnya kita.

Kemudian untuk SEO itu sifatnya adalah long term, jadi jangka panjang. Gak dalam waktu sigkat SEO itu langsung di halaman satu google.

Saya punya bisnis penginapan, saya ingin keyword penginapan di jakarta. Langsung keluar dalam satu hari. Itu gak bisa karena dari SEO itu adalah secara organically google akan menghitung segala sesuatu yang ada di website kita, seberapa relevan dan seberapa powerfull halamannya kita maka itu akan ditampilkan.

Dari SEO itu sendiri sifatnya memang long term dan ini adalah investasi yang harus kita lakukan ketika kita ingin masuk ke dunia digital.

Kurang lebih itu tadi tiga perbedaan dasarnya.

Yang pertama itu dari singkatan. SEM itu kita lebih kenal dengan iklan, kemudian SEO itu adalah pengoptimalan websitenya kita secara organik.

Kemudian SEM itu adalah paid traffic. Kalau kita bayar kita dapatkan traffic, kalau kita stop iklan, kita stop SEM kita gak dapat traffic yang berbayar.

Bedanya dengan SEO, SEO itu sendiri free kalau kita sudah memenuhi atau kita sudah ke ranking di halaman satu. Dan selama kita tetap mengoptimalkannya, kita akan tetap disitu, makanya sering disebut ini free traffic atau organic traffic. Karena kita memang butuh waktu yang lama tetapi hasilnya bisa kita rasakan lebih lama juga. Tetapi tergantung dari algoritmanya google itu sendiri.

Kemudian direct result untuk SEM dan SEO itu sifatnya lebih investasi.

Kemdian mungkin teman-teman akan menanyakan kapan sih kita harus menggunakan SEM dan SEO?

Untuk SEM saya akan bilang pertama kali ketika kita pertama kali masuk ke dunia digital, apalagi ketika teman-teman yang baru memiliki bisnis, baru membangun bisnis. Tentunya saya sarankan coba masuk langsung ke google search.

Karena apa? Karena google search ini sifatnya adalah permintaan langsung dari orang-orang. Orang lagi butuh apa, mereka cari, ketemu bisnisnya kita, mereka lihat cukup oke, mereka langsung kontak. Jadi disitu ada dapat kontak, terus result nya bisa terlihat langsung.

Ketika kita baru membangun bisnis dan kita ingin bisnis itu tetap berjalan, saya sarankan masuk ke SEM dahulu khususnya di google search.

Kemudian kapan kita menggunakannya lagi? Ketika kita memiliki campaign yang sifatnya dadakan atau yang lebih dekat, lebih butuh cepat pengerjaanya untuk dipromosikan.

Jadi misalnya teman-teman punya event atau exhibition dalam waktu dua minggu ke depan,  itu kita bisa menggunakan SEM.

Teknik SEM-nya itu kita bisa gunakan google search kemudian juga google display network. Jadi sesuai dengan kebutuhannya kita juga, karena ketika kita memiliki event kita gak bisa menunggu SEO, karena SEO itu sifatnya lama bisa sampai bertahun-tahun untuk di halaman satu tergantung dari kompetisi keywordnya masing-masing.

Mengapa kita menggunakan SEM? Karena itu tadi, cepat untuk pengerjaannya, hasilnya juga bisa kita dapatkan  secara langsung.

Kemudian untuk SEO sendiri, kapan kita harus menggunakannya? Kalau saya bilang, kita menggunakan SEO itu ketika teman-teman sudah memiliki website. Kalau teman-teman sudah memiliki website sebaiknya langsung dilanjutkan dengan SEO.

Balik lagi, SEO itu gak secepat yang diperkirakan. Bisa sampai 9 atau 1 tahun untuk mencapai halaman 1 dari keyword tertentu.

Jadi ketika teman-teman sudah mempunyai website, gak hanya didiemin aja, jadi harus dicari trafficnya. Seengaknya bisa dimulai SEO.

SEO itu adalah investasi di dalam websitenya kita. Kalau tahun ini kita masih belum dapatin traffic dari SEO, mungkin tahun depan. Karena  memang sifatnya seperti itu, jangkanya lebih panjang ketimbang SEM. Kalau SEM kita bayar, ya kita dapatin traffic.

Kemudian selain itu SEO juga dapat mengembangkan Brand Awareness dan Authority kita di dalam dunia digital atau di dalam cakupan bisnisnya kita.

Gimana caranya? Jadi SEO yang kita kembangkan gak hanya tentang produknya kita, tapi juga beberapa hal yang kita targetkan. Sehingga ketika orang mencari sekitaran produknya kita, brandnya kita, atau produknya kita, atau usahanya kita, akan tampil juga.

Jadi misalnya saya punya toko bunga, kemudian saya tulis salah satu artikel misalnya cara menyenangkan atau membahagiakan kekasih dengan memberikan bunga. Jadi ada related term tertentu dengan yang kita kaitkan dengan bisnisnya kita, Itu sifatnya brand awareness.

Kemudian juga bisa meningkatkan authority nya kita, dari seberapa expertnya kita di bidang bisnisnya kita.

Jadi itu perbedaannya dari SEM, Search Engine Marketing dan SEO.

Itu saja yang dapat saya sharing hari ini.

Semoga bisa diambil beberapa intisari dari yang saya sampaikan hari ini. Semoga bisa berguna dan teman-teman mengetahui perbedaanya itu ada dimana, jadi gak terlalu bingung.

Sekian dan terima kasih.

David Antonny
David Antonny
Starting career as a Google Ads Advertiser and SEO Specialist at 2012, helping to grow the company’s business, especially in digital marketing expertise.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *