Tutorial Screaming Frog
Tutorial Screaming Frog Untuk Pemula
Februari 14, 2020
ActivePresenter
ActivePresenter, Software Berguna Penunjang Aktivitas Anda
Februari 16, 2020
Show all

Perkenalkan Cortana, Digital Assistant Pengguna Microsoft

Microsoft Cortana

Microsoft Cortana

Dirilisnya Windows 10 ke publik pada 5 tahun yang lalu, kita merasakan berbagai fitur baru yang ditawarkan oleh Microsoft. Salah satunya adalah digital assistant yang akan menemani Anda dengan nama Cortana.

Cortana, sama halnya dengan digital assistant lainnya akan bisa membantu Anda dalam berbagai hal, mulai dari set tanggal meeting, set reminders, memberi tahu cuaca saat ini, berita , dan lainnya.

Cortana Update

Sebelumnya Cortana di integrasikan dengan windows search box, namun dengan munculnya update may 2019, Microsoft memisahkan kedua nya. Jadi bila Anda sudah mengupdate windows 10 Anda ke versi terbaru, maka Anda akan melihat perubahan ini.

Perubahan lainnya adalah Anda dapat mengaktifkan Cortana dengan suara. Cukup dengan mengucapkan “Hey Cortana” dan ucapkan apa yang ingin Anda cari. Atau tekan windows+c pada keyboard Anda, dan bicaralah.

Cortana akan menampilkan hasil pencarian di on screen dan membacakannya untuk Anda bila pertanyaan yang Anda tanyakan tidak terlalu kompleks. Bila pencarian Anda sedikit kompleks, maka Cortana akan menunjukan hasil pencarian dalam bentuk link yang bisa Anda buka pada browser Anda. 

Anda juga bisa menghubungkan Cortana dengan berbagai akun, aplikasi, atau servis. Sehingga Anda dapat meningkatkan potensi dari Cortana.

Manfaat Cortana

Cortana dapat menyimpan preferensi user di area penyimpanan yang disebut Notebook. Notebook akan mencatat minat, tempat favorit, dan informasi yang ingin Anda ikuti, termasuk tim olahraga favorit dan berita yang Anda minati. Untuk mengakses Notebook, pengguna cukup membuka Cortana dan klik Notebook.

Selain kemampuan untuk menyimpan preferensi user, Cortana juga memiliki berbagai fitur lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk memudahkan hidup Anda. Beberapa fitur yang mungkin bisa Anda gunakan adalah:

1. Mengatur dan Menggunakan Reminder

Ini merupakan fitur yang cukup berguna dan salah satu fitur andalan juga. Untuk mengatur penggunaan reminder tidaklah terlalu sulit. Anda cukup mengatakan “Remind me” ke Cortana. Anda hanya tinggal memasukan informasi mengenai reminder Anda, seperti nama reminder, waktu, tempat.

Baca Juga: Alexa App, Assistant AI Unggulan Dari Amazon

2. Mengatur Google Calendar dengan Cortana

Anda bisa mengintegrasikan Google Calendar dengan Cortana untuk pengaturan yang lebih mudah. Anda bisa membuat serta mengedit setiap jadwal yang akan Anda atur di Google Calendar.

Namun Anda harus mengintegrasikan Google Calendar Anda. Luncurkan aplikasi Kalender dengan mengetikkan “kalender” ke dalam kotak pencarian Windows 10, lalu klik ikon aplikasi Kalender yang muncul.

Masuk ke pengaturan di kiri bawah dari layar kalender tersebut, Saat panel Pengaturan muncul, pilih Kelola Akun> Tambah akun. Dari layar yang muncul, pilih Google. Dan Anda akan diminta masuk dengan informasi milik akun Google Anda. Ikuti petunjuknya untuk membuat akun.

Voila, Anda sudah berhasil mengintegrasikan akun Google Account Anda dengan Cortana. Untuk menggunakan cukup bicara “create appointment” dan tambahkan informasi selanjutnya mengenai jadwal Anda.

3. Gunakan Natural Language Queries

Bisa dikatakan bahwa Cortana sangat pintar. Cortana dapat menggunakan natural-language queries. Sehingga, Cortana dapat memahami perkataan simple dan dapat menemukan hasil pencarian yang Anda inginkan.

Cortana di Masa Depan

Cortana merupakan sebuah teknologi yang ingin disempurnakan oleh Microsoft. Sehingga pada masa mendatang, manusia dapat bergantung kepada Cortana untuk mengerjakan hal-hal ringan seperti membuat jadwal hingga mengingatkan Anda mengenai hal-hal yang Anda anggap penting.

Bagaimana pendapat Anda mengenai hal ini? Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda? Silahkan bagikan pada kolom komentar dan jangan lupa untuk di-share ya

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *