Pengertian Artificial Intelligence
Pengertian Artificial Intelligence: Bukti Perkembangan Teknologi
Maret 3, 2020
Search Engine Marketing Adalah Strategi Bisnis
Search Engine Marketing: Pengertian & Fungsi Untuk Bisnis
Maret 4, 2020
Show all

Saatnya Kita Mengenal Pengertian Augmented Reality

Pengertian Augmented Reality

Pengertian Augmented Reality

Perkembangan teknologi saat ini sudah membawa realitas-realitas baru, yang bisa memberikan sebuah pengalaman yang tidak pernah Anda rasakan sebelumnya. Salah satunya adalah pengertian Augmented Reality.

Augmented Reality adalah sebuah hasil dari pemikiran yang mencoba untuk membawa berbagai macam konten digital ke dunia nyata. Hal ini semakin dipermudah dengan perkembangan smartphone yang semakin maju. Dengan smartphone Anda dapat memproyeksikan berbagai konten digital tersebut ke dunia nyata. 

Teknologi ini bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan, mulai dari pembelajaran hingga hiburan. Anda juga dapat menemukan teknologi ini pada media sosial. Salah satunya Instagram. Bahkan Anda juga sudah pernah menggunakan teknologi AR ini. 

Anda dapat melihat teknologi ini pada fitur story di Instagram. Anda bisa mengambil selfie dengan berbagai macam filter yang unik. Ketika Anda menggunakan fitur filter ini, wajah Anda tidak akan berubah sama sekali di dunia nyata, namun ketika Anda melihat layar smartphone akan terjadi perubahan-perubahan yang unik. Hal inilah yang menjadi salah satu nilai plus dari fitur story Instagram.

Metode dalam Augmented Reality 

Metode yang sudah dikembangkan pada Augmented Reality saat ini terbagi menjadi dua, yaitu Marker Based Tracking dan Markless Augmented Reality.

  1. Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking)

Istilah marker digunakan untuk merepresentasikan sebuah ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer akan dapat mengenali posisi dan orientasi dari marker dan menciptakan dunia virtual 3D, yaitu titik (0,0,0) dan tiga sumbu yaitu X, Y, dan Z. Marker Based Tracking sudah lama dikembangkan, sejak 1980-an dan pada awal 1990-an mulai dikembangkan untuk penggunaan Augmented Reality.

  1. Markerless Augmented Reality

Metode Augmented Reality yang saat ini sedang berkembang dengan cepat adalah metode “Markerless Augmented Reality”, dalam metode ini pengguna tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital. Seperti yang saat ini sedang dikembangkan oleh dua perusahaan Augmented Reality terbesar di dunia Total Immersion dan Qualcomm, mereka telah membuat berbagai macam teknik Markerless Tracking sebagai teknologi andalan mereka, contohnya seperti Face Tracking, 3D Object Tracking, dan Motion Tracking.

  • Face Tracking

Dengan perkembangan algoritma yang semakin maju, komputer saat ini dapat mengenali wajah manusia secara umum, dengan cara mengenali posisi dari berbagai elemen dari wajah manusia seperti mata, hidung, dan mulut manusia, dan akan mengabaikan objek-objek lain di sekitarnya seperti background, pohon, dan lain-lain. Anda bisa melihat penggunaan teknologi ini dalam berbagai film saat ini.

Baca Juga: Pengertian Artificial Intelligence: Bukti Perkembangan Teknologi

  • 3D Object Tracking

Tidak seperti Face Tracking yang hanya mengenali wajah manusia secara umum, 3D Object Tracking dapat mengenali berbagai macam bentuk benda yang ada disekitar, seperti mobil, motor, lemari, televisi, dan lain-lain.

  • Motion Tracking

Komputer dapat menangkap berbagai gerakan, Motion Tracking mulai digunakan secara ekstensif untuk memproduksi film-film yang mencoba untuk mensimulasikan gerakan, yang akan diterapkan untuk membuat berbagai karakter-karakter yang tidak ada di dunia nyata.

  • GPS Based Tracking

GPS Based Tracking mulai populer dan banyak dikembangkan untuk aplikasi smartphone, dengan memanfaatkan fitur GPS dan kompas yang tersedia di smartphone. Aplikasi akan mengambil data dari GPS dan kompas, kemudian menampilkannya dalam bentuk arah yang kita inginkan dalam realtime, dan ada beberapa aplikasi yang dapat menampilkannya ke dalam bentuk 3D.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat tentang pengertian augmented reality yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

 

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *