DesignAwards.Asia Design Of The Day
Kenapa Search Marketing Tetap Menjadi Pilihan #1 untuk Pemasaran Digital
Januari 29, 2016
3 Alasan Mengapa Marketing Harus Berfokus Pada Design
Februari 2, 2016
Show all

Seberapa Penting Memikirkan Konten Sebelum Mempostingnya

Berpikir sebelum mem-posting sesuatu memang penting di dunia maya. Mengapa? Karena kalau kamu salah-salah posting, bisa jadi bukannya menambah teman di dunia maya malah kamu mendapat musuh. Oops! So, sebelum kamu salah memposting, cari tahu dulu yuk apa saja sebenarnya yang perlu kita pikirkan dalam ‘berkata’ di dunia online, khususnya di dunia marketing.

    1. Postinglah yang sesuai dengan target audience!

      Ini sangat penting, mengingat orang yang like kamu di Facebook dan follow kamu di Twitter sudah pasti mau mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika kamu sekali saja melakukan kesalahan, mereka tidak segan loh untuk unlike atau unfollow kamu dengan hanya satu klik. Dan tentu saja ini akan menjadi boomerang yang berbahaya untuk kamu dan perusahaan. Jadi, pikirkan dulu matang-matang sebelum akhirnya kamu menekan tombol ‘Post’.

    2. Berikan tips dan tricks mengenai produk kamu!

      Jangan pernah ragu untuk memberikan tips dan tricks terkait dengan produk maupun perusahaan yang kamu punya. Yang dimaksud disini adalah, kamu sesekali boleh memposting tentang bagaimana cara mudah untuk menggunakan produk/jasa yang kamu punya. Dengan begini, para followers kamu akan merasa terbantu dengan postingan atau artikel yang kamu punya. Dan ini juga menjadi satu nilai lebih, dimana si calon pelanggan ini akan lebih mempercayai kamu sebagai perusahaan yang kompeten di bidangnya.Sebagai contoh, jika kamu adalah sebuah perusahaan Travel Agency, maka berilah beberapa tips mengenai atau yang terkait dengan travelling. Contoh postingan yang dapat dibuat: ‘Bagaimana Cara Berlibur Mewah Dengan Kantong Backpacker’, “7 Tips Berlibur Nyaman Bersama Keluarga”, dan lain sebagainya.

    3. Jangan ragu-ragu untuk merespon sebuah komentar.

      Jika kamu sudah mengetahui siapa target audience kamu, dan sudah menentukan isi konten yang akan di-post. Sekarang saatnya kamu memantau, berapa banyak orang yang melihat – membaca – atau bahkan mengomentari postingan yang kamu buat. Jika terdapat komentar baik negatif maupun positif,  jangan ragu untuk membalas komentar tersebut. Jika yang diberikan adalah komentar negatif, balaslah komen tersebut dengan cara defense yang baik, jangan terlalu biased dan jangan pula terkesan bahwa pernyataan tersebut adalah benar adanya. Dan jika yang diberikan adalah komentar positif, jangan pernah ragu untuk membalas dengan kalimat yang positif juga, seperti ucapan terima kasih atau yang lainnya.

Dengan ketiga cara simple di atas, maka dapat dipastikan kamu dapat lebih mempertahankan followers yang sudah kamu punya, serta tidak menutup kemungkinan juga akan menambah jumlah dari yang ada sebelumnya. Jika ada pertanyaan terkait konten apa yang cocok untuk website kamu, jangan ragu untuk menghubungi kami di 021-5890 1608.

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *