Pengertian Hosting
Pengertian Hosting yang Berguna Untuk Bisnis Saat ini
Januari 24, 2020
Facebook Ads
Facebook Ads: Fitur yang Menguntungkan Pengiklan
Januari 27, 2020
Show all

Manfaat dan Pengertian CMS alias Content Management System Untuk Website

pengertian dan kelebihan cms

Jika Anda pernah masuk ke beberapa website dari sebuah perusahaan yang menawarkan produk hingga jasa, Anda pastinya sering melihat beberapa halaman dari website tersebut. Salah satunya adalah bagian blog.

Biasanya di dalam blog tersebut, Anda akan melihat banyak artikel yang membahas berbagai macam hal yang berhubungan dengan bisnis dari website perusahaan tersebut. Di sana juga terdapat artikel-artikel yang memberikan edukasi kepada Anda tentang produk yang mereka pasarkan.

Demi bisa mendapatkan blog yang rapi dan enak untuk dibaca dari segi penempatan gambar hingga tulisan, pastinya mereka menggunakan Content Management System, atau biasa disingkat dengan akronim CMS.

Sebenarnya mengapa CMS itu sangat penting untuk website saat ini? Apa saja yang ditawarkan oleh CMS itu sendiri?

Pengertian CMS

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, CMS adalah akronim dari Content Management System. Dari segi namanya sendiri, sudah terlihat jelas kalau CMS bisa mengatur manajemen konten di dalam sebuah website sehingga teratur dan bisa dioptimasi.

Ya, jika Anda berpikir CMS hanya untuk memposting artikel, video, hingga gambar, Anda salah. CMS pada masa kini juga bisa menaikkan optimasi website berkat teknologi SEO (Search Engine Optimization) yang sudah terpasang di dalamnya.

Pada awalnya, CMS memang digunakan untuk blogging. Website seperti WordPress menjadi CMS yang paling terkenal pada saat ini. Dengan sistem CMS yang ada, orang yang baru pertama kali memakainya pun bisa lebih mudah mengerti di dalam memasukkan konten ke dalam website mereka. Namun seiring berjalannya waktu, ternyata CMS tidak hanya digunakan untuk blogging saja, tetapi juga bisa digunakan untuk e-commerce.

Kelebihan CMS

Dengan kehebatan CMS, akhirnya banyak sekali perusahaan yang menggunakan teknologi ini. Kondisi ini bisa terbentuk karena CMS memberikan banyak sekali kelebihan yang berguna untuk mengurus website, seperti:

  • Mudah dan cepat. Sebenarnya sudah terlihat kalau CMS bisa mudah untuk digunakan dan cepat untuk dipelajari. Ini karena CMS memang memakai dashboard yang mudah dimengerti oleh para penggunanya. Anda yang ingin menggunakan CMS jadi bisa cepat dalam meng-update konten di dalam website.
  • Bisa menambah fungsi. Kalau awalnya hanya bisa digunakan untuk meng-upload konten saja di dalam website, CMS sudah berevolusi dengan kemudahan dalam menambah plugin. Salah satu plugin yang terbilang wajib di CMS adalah Yoast SEO. Dengan plugin ini, Anda bisa melakukan optimasi website berkat penerapan SEO di dalam masing-masing artikel yang ada.
  • Bisa mengganti desain website dengan mudah. Seiring berjalannya waktu, ada keinginan untuk mengganti desain website yang sudah ada. Dengan CMS, hal itu bisa dilakukan dengan mudah. Anda tinggal mengunduh desain berbayar yang ada di internet, atau menggunakan desain gratis yang sudah disediakan CMS tersebut.

Jenis-jenis CMS

Ada beberapa jenis CMS yang tersedia saat ini, seperti WordPress, Joomla, dan Drupal. Di antara ketiganya, masing-masing memiliki kelebihannya sendiri. WordPress memang menjadi CMS yang paling banyak digunakan saat ini, karena dari segi popularitas serta kemudahan sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat.

Berbeda dengan Joomla, yang memiliki proses instalasi yang lebih sulit dibandingkan WordPress. Drupal pun demikian. Namun khusus Drupal, dengan sistem open source di dalamnya, membuat para pembuat website bisa melakukan modifikasi yang lebih luas di sana, dibandingkan dengan Joomla dan WordPress.

 

Pada akhirnya, CMS memang harus digunakan di dalam industri saat ini. Mengingat betapa besarnya pengaruh website untuk kemajuan bisnis. Kami juga menyediakan jasa pembuatan website perusahaan yang bisa Anda ketahui infonya lebih lanjut di sini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *