fb konsultasi seo
Panduan SEO untuk Anda yang Baru Mengenal SEO
Desember 26, 2019
Jenis-Jenis E-Commerce
Jenis-Jenis E-Commerce yang Perlu Anda Ketahui
Januari 2, 2020
Show all

Seluk Beluk Mengenai Firewall yang Jarang Diketahui

Penggunaan laptop atau komputer sehari-hari mungkin menjadi kewajiban bagi sebagian besar orang. Di dalam dunia pekerjaan atau hanya sebagai alat untuk mencari hiburan, Anda pasti menggunakan barang tersebut.
Rasanya tidak lengkap jika laptop Anda tidak terhubung dengan internet. Berselancar ria di dunia maya memang menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Di sana kita mencari berbagai macam informasi hingga hiburan.

Namun Anda pasti sudah tahu kalau di dalam internet, pastinya adanya bahaya yang melanda seperti virus. Jika laptop Anda terserang virus, maka masalah baru muncul seketika. Tapi ada tingkat bahaya yang lebih tinggi lagi yaitu adanya usaha mengakses laptop Anda oleh pihak lain. Untungnya sekarang sudah ada teknologi firewall yang bisa mencegah hal itu terjadi. Sayangnya tidak banyak orang yang tahu apa itu firewall.
Teknologi firewall memang biasanya sudah tersedia secara otomatis di laptop Anda masing-masing, tapi tidak ada yang menyadari kehadirannya. Padahal banyak sekali manfaat firewall untuk Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Definisi firewall

Firewall adalah sistem keamanan jaringan untuk laptop Anda agar terhindar dari serangan yang masuk lewat jaringan. Biasanya serangan ini bisa masuk ke jaringan pribadi dan mencuri beragam macam informasi yang ada di dalam laptop Anda. Nah, di sanalah fungsi utama dari firewall. Jadi, firewall membuat laptop Anda bisa lebih aman lagi. Tidak hanya membutuhkan antivirus saja, tetapi pengaktivan firewall juga sangatlah diperlukan.

Namun di dalam praktiknya, ada beberapa aktivitas yang Anda lakukan di laptop, tapi firewall yang sudah aktif dari dahulu harus dimatikan terlebih dahulu. Untuk hal ini, memang menjadi dilema, namun sebaiknya jika memang harus mematikan firewall untuk sementara waktu, Anda sudah harus yakin kalau aktivitas tersebut tidak akan berbahaya untuk Anda. Daripada terkena sesuatu hal yang tidak diinginkan, lebih baik pikirkan matang-matang saat mau mematikan firewall, mengingat ini adalah sistem keamanan yang baik untuk terus dipasang.

Manfaat firewall

Firewall memiliki beberapa manfaat yang jelas terlihat dari penjelasan di atas. Namun untuk penjelasan lebih lanjut, di bawah ini ada tiga manfaat firewall yang wajib Anda ketahui:

• Melindungi laptop dari bahaya jarak jauh
Manfaat pertama dari firewall tentu saja adalah melindungi laptop dari bahaya jarak jauh. Ya, kalau antivirus merupakan bahaya yang tidak disadari tertanam di dalam sistem laptop Anda, berbeda dengan bahaya versi ini.

Ketika Anda sedang browsing, jaringan dari komputer Anda sebenarnya bisa diakses oleh komputer lain yang berada di tempat yang jauh. Dan itu biasanya dilakukan oleh para hacker. Namun, berkat firewall, bahaya tersebut tidak akan mengenai Anda.

 

• Cocok untuk yang suka bermain game online
Melanjutkan persoalan jaringan komputer Anda, tidak hanya ketika sedang browsing saja bahaya dari pihak luar bisa kena ke Anda, tetapi juga saat bermain game online. Untungnya, firewall tetap bisa menjaga bahaya dari pihak luar walaupun Anda sedang bermain game online. Usaha-usaha jahat dari mereka akan ditahan oleh firewall.

 

• Mencegah Anda masuk ke website berbahaya
Di dalam internet, ada saatnya Anda mendapatkan tautan yang mengarahkan Anda ke website yang berbahaya. Untungnya, firewall bisa membuat Anda terhalang masuk ke website tersebut. Akan muncul peringatan jika Anda diarahkan ke sana.

Firewall memang jarang diketahui oleh banyak orang, tetapi fungsinya sangatlah ampuh untuk menjaga Anda dari masalah yang tidak diinginkan. Untuk itu, jangan lupakan peran firewall dalam aktivitas Anda browsing setiap hari.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *