tim sedang mendiskusikan Strategi Digital Marketing untuk Dealer Showroom
4 Kanal Strategi Digital Marketing untuk Dealer Showroom
Juli 23, 2020
Bedanya Domain Authentication dan Page Authority
Apa Bedanya Domain Authentication dan Page Authority? Simak Penjelasan Berikut Ini!
Juli 23, 2020
Show all

SEO On-Site dan UX, Cara untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

membuat SEO On-Site dan UX

Photo by Kaleidico on Unsplash

SEO on-site berkorelasi erat dengan UX atau User Experience untuk meningkatkan traffic dan visibilitas pada mesin pencari. Dengan mengoptimasi kata kunci pada SEO on-site, desainer UX akan mencoba meningkatkan situs untuk bisa menghasilkan pengalaman yang lebih tinggi, kemudian perjalanan tersebut akan disortir untuk menghasilkan informasi yang berguna dan bermanfaat.

SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi pemasaran online yang bertujuan untuk menampilkan website anda di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci pilihan anda. Penggunaan strategi yang tepat dapat meningkatkan bisnis anda, namun apabila salah, bisnis anda tidak akan dapat di temukan dalam mesin pencari.

Sedangkan UX atau User Experience adalah bagaimana seorang pengguna internet mengakses website, dan pengalaman apa yang mereka dapatkan dari website tersebut. Contohnya adalah ketika pengunjung mengeksplorasi semua fitur website yang ada, melihat tampilan website-nya, dan melakukan prosedur hingga berhasil transaksi produk/jasa

Lantas, seberapa jauh peran keterkaitan antara SEO on-site dengan UX? Berikut pembahasannya.

 

Memudahkan Navigasi

Hubungan SEO on-site dan UX website yang pertama adalah memudahkan navigasi.  Dengan desain website yang bagus dan sesuai standar, website yang sudah dioptimasi dengan SEO akan dimudahkan navigasinya. Navigasi pada website ini sangat penting karena bisa membuat pengguna mudah beralih dari satu konten ke konten lain. 

 

Tentu Anda bisa membayangkan bagaimana jadinya jika website memiliki desain UX yang buruk disertai dengan navigasi yang buruk. Sebagus apapun SEO on-site yang diterapkan, pengunjung akan melakukan closing halaman website Anda tanpa meninggalkan tindakan apapun karena mengalami kebingungan saat menjelajahi website Anda.

 

Meningkatkan Kenyamanan Membaca

Desain UX menjadi sangat penting, sebab, desain ini bisa digunakan untuk mempertimbangkan faktor kenyamanan. Dengan menggunakan UX website, pengunjung akan dihadapkan pada website dengan desain font yang jelas dan nyaman untuk dibaca. 

 

Jika font atau teks yang digunakan tidak jelas  sebagus apapun teknik SEO yang diterapkan pengunjung tidak akan mau berlama-lama membaca konten tersebut dengan alasan tidak nyaman atau bahkan membuat mata terasa sakit.  Selain itu, UX website juga akan memberikan desain yang responsif dan juga pemberian gambar-gambar berkualitas bagus yang akan membantu Anda dalam meningkatkan peringkat website di mesin pencarian.

 

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Ketika calon pengunjung berinteraksi dengan Anda melalui konten situs web, email, atau media sosial Anda, di situlah kesan pertama dibuat. Kesan itu menggerakkan pelanggan untuk pergi atau tinggal. Apakah pelanggan telah menemukan apa yang dia cari atau apa yang bermanfaat baginya saat pertama kali berinteraksi dengan Anda?

 

Kesan positif dapat mengarah pada kunjungan lanjutan yang dapat menyebabkan pembelian atau panggilan tergantung pada ajakan untuk bertindak. Prospek yang berubah menjadi pelanggan dari pembelian produk atau layanan Anda yang sebenarnya adalah tanda paling jelas dari kepuasan pelanggan Anda. Dengan menyeimbangkan antara UX dengan SEO on-site berpotensi besar untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Anda.

Itu dia fungsi keterkaitan SEO on-site dengan User Experience (UX) untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat tentang fungsi keterkaitan SEO on-site dengan User Experience (UX) yang berbeda ataupun yang lebih baik, silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog kami untuk mendapatkan informasi seputar SEO, Digital marketing, dan juga website development.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *