cara membuat website sederhana html dan css
Cara Membuat Website Sederhana Dengan HTML dan CSS
Februari 13, 2020
google analytics 360 vs google analytics
Google Analytics 360 vs Google Analytics, Apa Bedanya?
Februari 13, 2020
Show all

SEOQuake, Tool SEO yang Berguna & Efisien

SEOQuake Tool SEO yang Berguna Efisien

SEOQuake Tool SEO yang Berguna Efisien

Dalam mengoptimasi sebuah website, terkadang kita sering menggunakan sebuah alat SEO agar pengerjaan auditing situs menjadi lebih efisien dan cepat. Umumnya, banyak pilihan alat SEO yang mampu membantu Anda dalam menyelesaikan tugas pengoptimasian.

Salah satu tools yang menjadi andalan para praktisi SEO dalam mengerjakan konten adalah aplikasi Chrome extension bernama SEOQuake. SEOQuake merupakan alat SEO yang berada pada satu perusahaan bernama SEMrush. Alat SEO ini digunakan untuk mengetahui mana saja konten-konten yang harus diperbaiki. Biasanya digunakan saat ingin memperbaiki SEO On-Page. Nah, bagi yang penasaran bagaimana kerja SEOQuake, simak artikel ini, yuk!

Cara Kerja SEOQuake

Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf atas, SEOQuake merupakan alat ciptaan SEMRush yang ditujukan bagi para pengoptimasi agar mereka lebih mudah dalam melakukan auditing. Hasil report yang dilakukan oleh SEMRush terkait dengan konten sangat cepat dan terbilang akurat.

SEOQuake

SEOQuake

Bila Anda ingin mengetahui bagaimana struktur konten yang dirangkum oleh SEOQuake, maka inilah bukti bagaimana proses perangkuman yang dilakukan mesin SEO ini. Untuk mengetahui bagaimana mengetahui cara kerjanya, bisa dilihat dari sebuah gambar yang diambil dari website Toffeedev. Anda tinggal pilih bagian diagnosis, setelah itu muncul daftar-daftar sesi dari sebuah website mana saja yang harus segera diatasi, yaitu dengan melihat simbol warna biru. Simbol warna biru pada gambar di atas mengindikasikan sesi yang harus segera di atasi.

Keunggulan Dalam Menggunakan SEOQuake

Yang menjadi alasan kuat mengapa SEOQuake terkoneksi dengan SEMRush adalah berkat adanya integrasi antara kedua aplikasi ini. Umumnya, aspek-aspek terkait dengan auditing SEO memang mengambil data dari SEMRush. Pada bagian diagnosis dalam SEOQuake, seluruh data-data tersebut akan berpengaruh pada sistem SEMRush. Contohnya saja pada bagian Meta Description, kurang lebih sama dengan apa yang dijabarkan oleh SEMRush terkait isu SEO tersebut.

Bahkan dengan menggunakan tools ini, Anda dapat mengetahui keyword mana saja yang bisa mendatangkan trafik signifikan dari kompetitor Anda. Tools ini juga memberi tahu berapa jumlah backlink pada situs milik kompetitor serta berapa jumlah backlink follow dan nofollow. Tidak luput juga, mereka jabarkan apa saja tipe backlink yang bisa diinformasikan melalui tools ini.

Baca Juga: 5 Strategi SEO On Page Yang Mudah Dan Efektif

Cara Menginstalasi SEOQuake

Tools ini tidak hanya berlaku pada Google Chrome saja, melainkan juga tersedia di Mozilla. Nah, meskipun demikian, cara penginstalasiannya berbeda-beda. Untuk ini, berikut cara menginstalasi melalui Mozilla:

  • Buka website Mozilla Firefox
  • Klik Tombol “Tambah di Firefox”, lalu Firefox akan mengunduh SEOQuake secara otomatis
  • Setelah selesai mengunduh, maka akan muncul sebuah tab pengkonfirmasian untuk meyakinkan Anda bahwa ingin memiliki Mozilla Firefox pada Mozilla yang anda punya saat ini. Jika Anda setuju, silahkan tekan Add untuk menginstall SEOQuake ke Mozilla Firefox Anda.
  • Jika Anda sudah tekan Add, muncul kotak dialog yang menjelaskan bahwa add-on sudah selesai dan diberikan beberapa instruksi penggunaan

Lalu, Untuk penggunaan Google Chrome:

  • Masuk ke web store Chrome, lalu cari SEOQuake
  • Lalu tekan Add to Chrome
  • Maka muncul kotak add extension, lalu pilih add extension
  • Selanjutnya akan ada proses download dan instalasi secara otomatis
  • Jika telah selesai melakukan penginstalan, maka sudah ada dalam web extension Chrome anda di Google Chrome

Kesimpulan  

Dalam penggunaan tools SEO, semua akan bermuara pada prinsip dari Google itu sendiri. Tetapi, SEO juga mementingkan cara efektif dalam melakukan pengerjaan bisa mencapai sebuah target penting. Dengan demikian, semoga dengan SEOQuake pengerjaan SEO anda semakin efektif!

Rinaldo Linville
Rinaldo Linville
An Optimizer who also deeply passionate in music. Oh, I also likes coffee!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *