DesignAwards.Asia Design Of The Day
4 Management Tips Untuk Membuat Meeting Lebih Berarti
April 14, 2016
4 Aplikasi Yang Wajib Dihapus Dari Smartphone Kamu!
April 18, 2016
Show all

Sosok Google Doodle Hari Ini: Samaun Samadikun

Sudahkah kamu membuka Google hari ini?

Jika sudah, pasti kamu tidak asing dengan nama Samaun Samadikun. Yup, sosok pria yang dibuat sketsanya oleh Google ini merupakan Insinyur dan Ilmuwan dari Indonesia. Seperti yang terlihat pada gambarnya hari ini, di belakang beliau terdapat trafo dan kabel-kabel yang melilit. Dan jika diperhatikan, kabel tersebut membentuk tulisan “Google”.

Tidak banyak yang tahu tentang  sosok pria yang lahir di Magetan pada 15 April 1931 ini. Padahal beliau dulu sempat mendapatkan gelar Bapak Mikroelektronika Indonesia. Bagaimana tidak, kegigihan serta kepintaran beliau, membuatnya menjadi seorang Insinyur lulusan dari ITB. Tidak hanya itu, beliau juga merupakan pendiri dari Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Selama hidupnya, Prof Samaun banyak menerima berbagai jenis penghargaan seperti Satya Lencana Karya Satya Kelas I, Hadiah Ilmu Pengetahuan 1979, Satya Lencana Dwidyasistha 1983 dari Menhankam/Pangab saat itu, dan Meritorious Service Award, ASEAN COST 1999.

Selain itu, beliau juga banyak menulis publikasi ilmiah nasional ataupun internasional dalam bidang tunnel diodes, instrumentasi nuklir, fabrikasi IC, energi, industri elektronika, dan pendidikan, serta menjadi editor buku Mikroelektronika.

Prof Dr Samaun Samadikun meninggal di Jakarta pada 15 November 2006 dalam usia 75 tahun.

Source: Wikipedia dan Teknokompas

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *