Website Audit
Website Audit Untuk Pemula Dalam Meningkatkan SEO & UX
Januari 30, 2020
Tips Memilih Keyword
8 Tips Memilih Keyword yang Tepat Untuk Dioptimasi
Januari 31, 2020
Show all

Strategi E-Commerce yang Disarankan Para Ahli

Strategi E Commerce

Strategi E Commerce

Ketika Anda baru memulai sebuah bisnis E-Commerce, tentu akan sangat sulit untuk mendapatkan trafik bahkan penjualan. Untuk mendapatkan kedua hal tersebut, Anda akan butuh sebuah strategi, 6 strategi E-Commerce marketing lebih tepatnya.

Lalu apa itu E-Commerce Marketing?

E-Commerce adalah sebuah proses memanfaatkan taktik dan cara dalam marketing untuk mendapatkan awareness hingga mendatangkan customer.

Taktik ini biasanya akan diterapkan secara online, namun ada kalanya Anda menambahkan strategi offline, seperti iklan cetak, ad space, billboard, dan lain-lain.

Namun yang akan dibahas saat ini adalah strategi yang kita lakukan dalam platform online, berikut adalah strategi yang bisa dimanfaatkan.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Strategi yang satu adalah salah satu strategi yang harus Anda lakukan tanpa perlu pertimbangan yang panjang.

Mendapatkan ranking pada halaman hasil pencarian Google akan memberikan website Anda sebuah exposure yang mendatangkan awareness dan tentu saja traffic.

Anda bisa melakukannya secara in-house atau meminta bantuan dari agensi yang tentu saja akan memudahkan pekerjaan Anda.

Tapi secara gampang, untuk menjalankan SEO Anda harus melakukan Keyword research, menentukan Search intent, lalu On-page optimization, dan terakhir membangun Link.

2. Content Marketing

Membuat konten adalah langkah selanjutnya, selain memberikan informasi mengenai tentang bisnis Anda, konten juga bisa digunakan untuk menarik trafik. Buatlah konten yang berfokus pada sebuah topik yang berpotensi mendatangkan trafik, jangan hanya membuat konten mengenai bisnis Anda saja.

Selain konten yang berbentuk tulisan, konten dengan bentuk video juga baik untuk dilakukan. Terlebih lagi mudahnya mengakses berbagai platform video menjadikan konten video sangat digemari. Gunakan video untuk menarik audiens yang pada akhirnya bisa Anda arahkan menuju website Anda.

3. Email Marketing

Banyak orang-orang yang tidak menyadari potensi dari email marketing, dan bagaimana strategi ini memberikan dampak untuk website Anda.

Untuk memulai strategi E-Commerce ini, dibutuhkan sebuah Email list. Yang bisa Anda dapatkan melalui traffic yang datang ke website Anda. Lalu Anda harus dapat meyakinkan pengunjung Anda untuk mendaftar ke email list Anda. 

Untuk membuat orang-orang mendaftar, Anda bisa memberikan mereka sebuah penawaran menarik atau konten yang gratis seperti eBook, dan lain-lain.

Setelah itu Anda dapat mengirimkan email-email yang bisa memberikan value lebih untuk orang-orang yang mendaftar di email list Anda.

BACA JUGA: Jenis-Jenis E-Commerce yang Perlu Anda Ketahui

4. Social Ads

Iklan pada platform social media adalah salah satu strategi marketing yang terbaik untuk saat ini. Salah satu contohnya adalah pada Facebook, jika Anda menggunakan Facebook sebagai platform untuk iklan, maka Anda dapat mengerucutkan targeting dari iklan Anda, baik secara demografi, ketertarikan, halaman yang mereka sukai dan masih banyak lagi.

Proses targeting seperti akan menghasilkan banyak klik. Terlebih lagi jika anda mencoba untuk menjual produk pada sebuah niche market. 

Ada banyak platform yang bisa digunakan seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain.

5. Google Ads

Dengan berbagai metode untuk beriklan seperti search ad, display retargeting, hingga Google Shopping, menjadikan Google sebagai platform utama untuk beriklan pada dunia maya.

Bila Anda memiliki budget, tentu Google Ads akan sangat membantu Anda untuk meraih reach yang lebih luas.

6. Affiliate Marketing

Terakhir ada affiliate marketing, dimana Anda membayar orang lain dalam bentuk komisi untuk menjual produk Anda.

Banyak manfaat yang  bisa mereka lakukan, seperti:

  • Mereka akan mempromosikan produk Anda;
  • Seorang pelanggan mengklik link “affiliate” mereka dan membeli salah satu produk Anda;
  • Pembelian mereka dilacak;
  • Anda membayar kepada affiliate sesuai dengan komisi yang dijanjikan (mis., 10% dari harga jual)

Pada dasarnya Anda akan mendapatkan audiens dari para affiliate yang Anda ajak untuk bekerja sama.

6 strategi E-Commerce di atas akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis E-Commerce, apabila dilakukan dengan baik. Akan sangat sulit untuk melakukan semua strategi ini secara bersamaan, untuk itu pastikan Anda memberikan segala effort ketika menjalankan salah satu strategi. Lalu Anda dapat mengembangkannya secara perlahan.

Bila Anda memiliki pendapat ataupun pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *