Ekosistem Search Engine Terbaik
Ekosistem Search Engine Terbaik | Download slide SERP Evolution Jon Earnshaw!
Oktober 24, 2020
Show all

Tools SEO Backlink Dengan Data Paling Besar Untuk Indonesia

data backlink marketplace

Perkembangan industri online di seluruh belahan dunia tidak menampakkan ujungnya. Semua pihak yang bermain di industri ini terus berlomba-lomba dalam persaingan yang bisa dibilang ketat. Kondisi seperti ini tentu saja membawa dampak positif bagi para konsumen. Mereka selalu mendapatkan keuntungan yang awalnya tak pernah terpikirkan ketika memasarkan secara online. Namun bagaimana dari sisi perusahaan itu sendiri?

Dengan peran internet yang sangat besar akhirnya muncul berbagai strategi untuk mendatangkan pengunjung ke dalam bisnis masing-masing. Termasuk memaksimalkan strategi SEO (Search Engine Optimization). Semakin hari, semakin banyak perusahaan yang membentuk tim SEO sendiri dengan tujuan setiap laman di dalam website mereka berada di halaman pertama Google. 

Untuk menjalankan strategi ini dengan tepat guna, backlink menjadi satu hal yang harus dipenuhi. Bagi yang belum tahu, backlink adalah link laman kita yang dimasukkan oleh sebuah website ke dalam satu konten mereka. Dengan hal ini maka pengunjung yang membaca website tersebut bisa diarahkan ke laman Anda. Namun untuk mengetahui backlink check, perlu sekali bantuan SEO tools yang sudah banyak pada hari ini.

SEO Tools Untuk Riset Backlink di Indonesia

Berbicara mengenai market Indonesia, siapa yang tahu daftar perusahaan e-commerce Indonesia? Dimulai dari Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, JD.ID, Shopee, MAPemall, Dinomarket, Zalora, Olx, Matahari, Jakmall, RupaRupa, hingga Bhinneka. Selain itu masih banyak lagi yang belum disebutkan. Melihat jumlah pelaku industri e-commerce, sudah pasti persaingan di dalamnya sangat keras. Persaingan mereka cukup memaknai bagaimana peta kekuatan market Indonesia. 

Mereka semua juga berlomba-lomba untuk memaksimalkan strategi SEO, khususnya backlink. Untuk melakukan hal tersebut, memerlukan SEO tools agar hasil pekerjaan ini bisa memberikan dampak lebih besar. 

Beberapa SEO tools yang banyak dibicarakan dan berikut beberapa diantaranya:

1. Moz

All-in-one tool SEO yang bisa memberikan data lengkap. Termasuk backlink analysis untuk keperluan strategi SEO Anda.

2. SEMRush

SEMRush adalah tool online khusus SEO yang sangat lengkap. Bisa untuk riset keyword, Site Audit, link building, melihat traffic, ranking keyword, dan lainnya.

3. Ahrefs

Di dunia SEO, Ahrefs memiliki popularitas cukup tinggi berkat kelengkapan fitur yang dimiliki. Anda bisa mendapatkan data backlink juga di sini.

4. Majestic

Majestic dikenal sebagai backlink checker serta link building. Tool ini dinilai mampu memberikan data backlink dengan baik dan lengkap.

5. Ubersuggest

Siapa yang tidak kenal Neil Patel? Praktisi SEO ternama ini memiliki tool bernama Ubersuggest yang sering digunakan untuk optimasi website.

6. SEO Spyglass

Sama seperti Majestic, SEO Spyglass merupakan tool untuk backlink checker dan link building. Bahkan kemampuannya dalam memberikan data backlink dikenal sangat baik.

7. Pi Datametrics

Ingin melihat performa kompetitor? Mencari tool SEO yang cocok untuk kelas perusahaan besar? Pi Datametrics adalah jawabannya. Anda bisa melihat performa campaign, traffic, posisi halaman website di mesin pencari Google, dan juga data lainnya.

Performa Backlink Untuk Market Indonesia

Setiap tools memiliki database tersendiri yang dikumpulkan oleh masing-masing penyedia layanan. Dengan banyaknya situs yang ada di dunia, maka setiap penyedia layanan mencoba untuk mendapatkan data sebanyak-banyaknya.

ToffeeDev melakukan riset kepada tujuh tools di atas untuk melihat bagaimana performa backlink dari barisan e-commerce Indonesia yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan data ini, maka Anda bisa tahu tools mana yang memiliki data terbaik untuk market di Indonesia.

Inilah data performa backlink dari situs e-commerce Indonesia.

Dari data di atas, bisa ditarik beberapa kesimpulan yang menarik. Tidak hanya perihal berapa banyak backlink dari masing-masing e-commerce, begitu juga dengan bagaimana kemampuan setiap tools dalam menghasilkan data terlengkap. 

Popularitas Tokopedia masih menjadi yang nomor satu hingga detik ini. Terbukti dari tujuh tools yang digunakan, Tokopedia berada di peringkat teratas dari empat tools. Bahkan terhitung meninggalkan pesaing terdekatnya dengan cukup jauh. Terlihat pula angka rata-rata Tokopedia menjadi yang paling terbesar ketika dikumpulkan dari seluruh tools

Sebagai e-commerce, Tokopedia memang memegang bagian yang cukup besar di dunia maya karena mereka hampir menjual seluruh kategori produk yang ada di market Indonesia . Hal ini berhasil dibuktikan dengan total jumlah backlink yang bisa didapatkan oleh masing-masing tools

Jika Tokopedia menjadi yang pertama, maka peringkat kedua diperebutkan oleh tiga e-commerce sekaligus. Ada Bukalapak, Shopee, dan Lazada. Melihat betapa masifnya promosi yang dijalankan oleh ketiga e-commerce tersebut, tetap saja mereka harus saling bersaing untuk peringkat kedua. 

Bukalapak dan Shopee menghasilkan persaingan paling ketat di hasil analisis tools Moz, SEMRush, serta Ahrefs. Tidak dapat dimungkiri, tiga besar e-commerce Indonesia secara sekilas memang dikuasai Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Kemudian dilanjutkan dengan Blibli dan JD.ID.

Dari hasil data backlink yang diambil dari ketujuh tools, enam besar e-commerce sebelumnya diikuti oleh Bhinneka, OLX, Zalora, Dinomarket, Matahari, Jakmall, MAPemall, dan RupaRupa. Semakin ke bawah memang angka backlink yang tersebar di dunia maya semakin kecil. 

Dengan data yang ditampilkan ini, maka Anda yang ingin memaksimalkan SEO dalam bisnis harus tahu bagaimana mendapatkan solusi backlink yang tepat. Data ini akhirnya bisa digunakan untuk melihat bagaimana dorongan traffic akan semakin besar jika lebih banyak backlink yang bisa didapatkan.

Kesimpulan

Kesimpulan Data Backlink Ecommerce Indonesia

Sekarang pertanyaannya adalah tools mana yang paling sesuai untuk mendapatkan data backlink? Perlu diketahui bahwa setiap teknologi yang diaplikasikan ke dalam masing-masing tools itu berbeda. Inilah yang akhirnya menciptakan hasil yang berbeda-beda pula, bahkan dengan jumlah angka yang cukup jauh (cek hasil data backlink Tokopedia).

Sekarang Anda bisa melihat gambar di atas yang merupakan hasil rata-rata dari tiap data backlink yang dihasilkan. Dari data tersebut, Majestic mampu menghasilkan angka rata-rata backlink yang paling besar dari 14 e-commerce Indonesia yang menjadi riset kali ini. Tidak dapat dimungkiri, sebagai tool yang memang fokus kepada backlink checker & link building, resource yang Majestic mampu menghasilkan rata-rata paling tinggi. 

Selain itu, Majestic juga memiliki Historic Index dan Fresh Index. Apa perbedaannya? Historic Index adalah sebuah bank data URL unik selama lima tahun terakhir. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan informasi berharga mengenai perkembangan links di berbagai website

Untuk Fresh Index sendiri yang dipakai dalam data Pi Datametrics memiliki nilai lebih modern. Jadi apa yang Anda lihat di dalam data hasil Fresh Index merupakan yang terbaru dari hari ke hari. Sangat bagus untuk memonitor perkembangan link yang baru terpasang. Keuntungan ini membuat data backlink e-commerce yang ada di Pi Datametrics jauh lebih relevan.

Selanjutnya di belakang Majestic ada tiga tools yang memang memiliki fitur paling lengkap serta menyeluruh, yaitu Moz, Ahrefs, dan SEMRush. Berbicara mengenai usaha untuk mencari solusi backlink untuk market Indonesia, maka pilihan ada di tangan Anda. Mau menggunakan tool yang fokus dengan backlink saja atau ingin mencari sebuah tool yang bisa menghadirkan paket lengkap, dari riset keyword, Site Audit, link building, melihat traffic, ranking keyword, dan analisis lainnya. Pada akhirnya, data backlink ini akan menjadi pemecah masalah untuk penerapan strategi SEO selanjutnya. . 

Sebagai sebuah Digital Marketing agency yang fokus dalam SEO, ToffeeDev telah didukung oleh Pi Datametrics untuk mendapatkan data-data terlengkap dan terdepan yang bisa menjadi insight dalam penerapan strategi SEO. Anda pun bisa juga memanfaatkan tool ini  sekarang juga. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan jangan lupa untuk mengunjungi Jasa SEO ToffeeDev bagi Anda yang ingin meningkatkan level bisnis lebih tinggi lagi. 

Habiburachman
Habiburachman
Digital Marketing - Providing best practice to your business

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *