Mengenal Google Analytics Spam
Mengenal Google Analytics Spam yang Berbahaya
Februari 10, 2020
Cara Menggunakan Google Ads
Cara Menggunakan Google Ads Dengan Mudah Dan Tepat
Februari 11, 2020
Show all

Teknologi Voice Search Tracking Yang Semakin Berguna

Teknologi Voice Search Tracking Yang Semakin Berguna

Teknologi Voice Search Tracking Yang Semakin Berguna

Teknologi yang terus dikembangkan di setiap lini membuat manusia mendapatkan keuntungan yang besar juga. Dari yang awalnya semua harus dilakukan secara manual atau dalam jangka waktu yang lama, teknologi bisa mempersingkat hal tersebut. Segala kemudahan terus ditawarkan oleh teknologi. Salah satu teknologi yang sedang banyak dipergunakan dan terus dikembangkan pada saat ini adalah voice search tracking.

Suara menjadi bagian penting di dalam tubuh manusia, khususnya dalam melakukan komunikasi terhadap sesama. Melihat hal ini, dunia teknologi akhirnya menggunakan suara yang dihasilkan manusia untuk dimasukkan ke dalam voice search. Tentu saja teknologi ini menawarkan banyak kemudahan dan potensi besar. Apa saja yang bisa dilihat dari voice search tracking?

Definisi Voice Search Tracking

Sesuai namanya, voice search tracking adalah sebuah teknologi yang membuat para penggunanya bisa melakukan pencarian di sebuah aplikasi atau website dengan menggunakan suara mereka yang ditangkap oleh mikrofon yang tertanam di dalam devices seperti smartphone ataupun laptop.

Sudah cukup banyak website dan aplikasi yang membuat teknologi voice search bisa digunakan di dalamnya. Sebut saja Google Search Engine, YouTube, Google Maps, dan yang lainnya. Dengan menggunakan teknologi ini, maka tidak perlu kesulitan lagi dalam mengetik setiap huruf dari satuan kalimat yang ingin dicari di internet, dalam bentuk informasi ataupun video.

Melihat tren ini, banyak raksasa teknologi yang akhirnya membuat smart home speakers yang menggunakan voice search sebagai senjata utamanya, seperti Amazon Echo, Google Home, serta Apple Homepod. Masing-masing juga memiliki sistem voice assistant tersendiri. Amazon Echo dengan Alexa, Google Home dengan Google Assistant, Apple Homepod dengan Siri. Dengan smart home speakers ini, akhirnya voice search bisa lebih bisa dioptimasi dengan baik.

Baca Juga: Mengetahui Google Voice Search Beserta Fiturnya

Fakta Tentang Voice Search Tracking

Dengan segala kemudahan yang diberikan oleh voice search tracking, tentu saja ada beberapa fakta yang bisa diberikan oleh teknologi ini. Semuanya pun ternyata cukup membuat kaget karena dengan belum banyaknya pengetahuan dan banyaknya orang yang menggunakan teknologi ini, ternyata ada berbagai macam fakta menarik di dalamnya. Fakta yang dihadirkan di sini diambil dari statistik yang ada:

  • 20% dari pencarian di internet sudah menggunakan teknologi ini. Tren ini pun terus naik juga tiap waktu
  • 31% dari pengguna smartphone sudah menggunakan voice search setidaknya satu kali per minggu
  • Pada tahun 2020 ini, diprediksi akan muncul kenaikan pencarian di internet menggunakan teknologi ini sebesar 50%
  • Pada tahun 2020 juga, diprediksi akan ada sesi web browsing menggunakan suara sebanyak 30%
  • 57% pemilik smart home speaker telah membuat satu pembelian menggunakan alat tersebut
  • 24% orang menggunakan voice assistant dari smart home speakers setiap harinya
  • 29% orang menggunakannya lebih dari sekali dalam satu hari

Dengan fakta-fakta yang sudah tersedia di atas, maka terlihat jelas bahwa tren penggunaan voice search tracking semakin naik setiap harinya. Bahkan pada tahun 2020 ini, akan ada 50% orang yang menggunakan teknologi ini untuk pencarian di internet. Bagi yang tertarik menggunakan voice search, maka jangan sampai kelewatan. Tanpa disadari, sebenarnya di dalam masing-masing smartphone sudah ada teknologi ini. Tinggal Anda mau menggunakannya atau tidak. Kalau memang ingin merasakan kemudahan serta merasakan manfaat dari teknologi ini, maka sebaiknya segera gunakan voice search tracking mulai saat ini juga. Semoga informasi ini berguna untuk Anda!

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *