Tools Kurasi Konten
6 Tools Terbaik Untuk Strategi Kurasi Konten
Januari 31, 2020
Social Proof
Mantapkan Website Anda dengan 7 Social Proof Ini
Januari 31, 2020
Show all

2 Tips dari Google untuk Meningkatkan Konten Website Anda

Meningkatkan Konten Website

Meningkatkan Konten Website

Pada tanggal 26 November kemarin, John Mueller dari Google hadir pada Webmaster Hangout dan memberikan informasi mengenai cara meningkatkan konten website milik  Anda.

Mueller memberikan 2 tips yang bisa Anda terapkan.

Bagaimana Caranya Meningkatkan Konten fokus?

Ada sebuah pertanyaan mengenai sebuah halaman product description pages (PDP) yang di index dengan buruk,

“Menurut Anda, apakah hanya dengan memindahkan gambar ke bawah lalu menaikan text yang relevan ke atas halaman akan menolong Google untuk menginterpretasi fokus dari tiap halaman ini?”

Secara mengejutkan John Mueller memberikan jawaban bahwa cara seperti itu tidak akan berhasil.

“Memindahkan letak konten di dalam HTML saya rasa hal seperti itu tidak memiliki pengaruh yang besar sama sekali.”

TIP #1 : Gunakan Heading dengan Benar

Heading yang Penuh Dengan Keyword

Kesalah pahamanan yang sering terjadi adalah heading merupakan faktor yang sangat penting untuk mendapatkan ranking. Sehingga banyak penggiat SEO yang menggunakan heading sebagai tempat meletakan keyword yang diinginkan untuk mendapat ranking.

Cara ini sudah ketinggalan jaman dan tidak akan berhasil jika dilakukan sekarang.

Mesin Pencari Modern Telah Merubah Penggunaan Heading

Google telah merubah cara mereka melihat heading beberapa kali. Kini heading tag tetap menjadi satu hal penting. Namun bukan sebagai cara untuk memberi tahu kepada Google keyword mana yang Anda ingin untuk mendapatkan ranking.

Kegunaan Heading

Heading sangat berguna untuk memberikan indikasi mengenai isi dari beberapa bagian sebuah konten.

Sebuah halaman web berisi informasi mengenai sebuah topik. Di halaman web yang dibangun dengan baik, setiap bagian dari halaman web adalah tentang sub-topik dari halaman web itu.

Heading tag akan menjelaskan mengenai isi dari sebuah bagian sub-topik, ini adalah fungsi sebenarnya dari heading. Komunitas SEO memiliki cara yang salah dalam memanfaatkannya.

John Mueller juga memberikan pendapatnya:

“Heading berguna karena kita dapat mengambil inti dari heading tersebut dan melihat gambar apa dan jenis teks apa yang berlaku untuk heading tersebut.”

Heading yang tidak memiliki relasi dengan konten adalah kesalahan yang paling sering terjadi. Faktor inilah yang sering membuat halaman web Anda mendapat ranking yang rendah.

TIP #2: Interstitial akan Memblokir Indexing

Menurut Mueller, interstitial yang digunakan secara tidak benar akan mengganggu proses indexing konten Anda.

Mueller mengunjungi situs tersebut dan melihat sebuah interstitial untuk memilih sebuah negara yang kemungkinan akan menghalangi Google untuk mengindex konten secara benar.

“Satu hal yang saya perhatikan ketika melihat halaman contoh yang Anda tautkan adalah bahwa ketika saya memuat, setelah periode waktu tertentu ia beralih ke… interstitial untuk memilih negara.

Saya tidak tahu bagaimana Anda… memicu ini dan jika Anda memicu ini di semua lokasi. Tetapi misalnya jika Anda memicu ini ketika Googlebot mengindex dan merender halaman Anda yang mungkin juga mengakibatkan Googlebot tidak dapat mengindeks halaman Anda dengan benar. Jadi itu satu hal yang Anda mungkin ingin periksa.”

John Mueller menyarankan untuk menggunakan banner atau objek user interface lainnya untuk meng-encourage pengunjung website Anda untuk memilih negara mereka.

BACA JUGA: Mixed Content Akan Diblok oleh Google Chrome

“Karena jika Anda menggunakan banner, walaupun akhirnya tidak dirender dalam sistem Google maka itu tidak akan memblokir pengindeksan sisa konten Anda.

Sedangkan jika Anda memiliki interstitital yang dalam kasus terburuk … mengeluarkan semua konten lama Anda dan menggantinya dengan … negara atau pemilih bahasa, maka kami mungkin tidak memiliki banyak konten tersisa di halaman itu untuk pengindeksan. “

Banyak situs menggunakan ikon yang tidak mencolok di sudut kanan atas atau menggunakan IP sniffing  untuk mengarahkan pengguna ke versi halaman web yang benar.

Bila Anda memiliki pendapat ataupun pertanyaan tentang tips meningkatkan konten website, silahkan tulis pada kolom komentar. Jangan lupa untuk share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *