Zero-Click Search, Sebuah Era Yang Akan Merubah Dunia SEO
Oktober 7, 2019
Begini Langkah Mudah Menciptakan UX yang Baik
Oktober 10, 2019
Show all

6 Tips untuk Meningkatkan Peluang SEO WordPress Anda

6 Tips untuk Meningkatkan Peluang SEO Wordpress

Siapa yang tidak ingin website-nya berada pada peringkat satu Google? Selain sebagai identitas sebuah toko, perusahan, atau pribadi, website juga mempunyai fungsi untuk mendatangkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Tujuannya agar memperoleh keuntungan yang berlipat. Nah, untuk menggapai tujuan tersebut, Anda harus mengenal apa itu Search Engine Optimization (SEO). Ini adalah cara agar Anda bisa bertarung dengan website lain.

Sejarah dari SEO bermacam-macam. Dulu mungkin Anda mengenal Yahoo, tetapi sekarang pertarungan platform search engine sudah mengerucut ke Bing dan Google. Namun, saat ini penghasil traffic terbesar tentu saja Google. Jadi, di dalam artikel kali ini akan dibahas tentang Google. Dengan kata lain, fokus SEO kali ini adalah mengenai Google.

Google merupakan salah satu search engine terbaik. Setidaknya 90% traffic yang ada di website masuk ke dalam website Anda. Selain fokus di search engine Google, kita akan membahas pada platform WordPress. Selain mudah melakukan edit, Anda juga bisa memilih tema yang cocok dan mobile friendly. Di sini akan dibahas enam tips sebagai cara meningkatkan peluang SEO pada WordPress. Simak di sini, ya.

Fokus ke dalam konten

Tips pertama yang akan dibahas adalah konten. Sekarang coba bayangkan jika Anda mempunyai sebuah website, tetapi konten yang Anda punyai sangat sedikit. Tentu algoritma Google akan sulit dalam membaca website Anda. Sekarang coba bandingkan jika Anda mempunyai ratusan artikel, tentu itu hal yang sangat bagus.

Selanjutnya bagaimana caranya menggunakan atau membuat konten? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah membuat artikel long form dan short form. Long form adalah artikel dengan jumlah kata mencapai lebih dari seribu. Tidak hanya itu, artikel long form ini juga bisa dinamakan sebagai artikel yang fokus pada SEO.

Mengapa demikian? Karena artikel yang panjang sangat disukai oleh algoritma Google. Logika yang diambil oleh Google adalah artikel yang mempunyai kata lebih dari seribu, maka Google akan membaca artikel tersebut seperti jurnal. Jika dibandingkan dengan artikel biasa, jurnal tentu bakal lebih teknis dan lebih lengkap. Jadi, untuk Anda yang merupakan pemula di urusan konten, fokuslah ke artikel long form.

Selanjutnya adalah artikel short form, atau artikel yang pendek kurang dari 500 kata. Perbedaan dari artikel short form adalah biasanya berbasis sosial fokus, tujuannya agar artikel bisa di-share di media sosial. Sebelum beranjak ke poin selanjutnya, sekarang simak apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mencari keywords. Ini dia beberapa di antaranya.

6 Tips SEO WordPress

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan website Anda, diantara lain:

Cari apa fokus website Anda

Jangan langsung merasa terintimidasi ketika melihat website lain yang mempunyai ribuan atau bahkan ratusan ribu traffic. Fokuslah kepada apa yang ingin Anda dapatkan. Sebagai contoh, katakanlah Anda mempunyai jasa cuci sepatu. Tentu Anda tidak perlu repot-repot untuk mengerjakan artikel tentang “jual sepatu”.

Lihat kompetitor

Selanjutnya adalah Anda harus melihat kompetitor. Di luar sana, Anda tentu tidak sendirian dalam membuka jasa cuci sepatu. Jadi, buatlah daftar kompetitor dan bagaimana cara mereka mendatangkan pengunjung. Apakah mereka datang karena media sosial? Atau artikel? Jika memang dari artikel, lihat apa saja keywords yang masuk dari sana.

Manfaatkan Google Analytics

Google Analytics adalah sahabat SEO semua orang. Fungsi utama dari Google Analytics adalah melihat traffic yang masuk ke dalam website Anda. Misalnya, Anda sudah menjalankan website selama enam bulan, kemudian traffic yang masuk ke dalam website tidak terlalu bagus. Anda bisa melihat peforma website tersebut dari Google Analytics, apakah keywords yang sudah Anda tulis sebelumnya ini berhasil atau tidak.

Selanjutnya adalah lakukan evaluasi Google Analytics maksimal tiga bulan sekali. Jadi, sebelum Anda membuat sebuah strategi bulanan, Anda harus melihat hasil dari Google Analytics. Saran dari kami adalah Anda harus fokus ke artikel long form dengan perbandingan mencapai 70-30. Setelah Anda melakukannya sudah lebih dari satu tahun, Anda bisa mengubah perbandingan, yaitu 50-50 atau bahkan 40-60 lebih banyak short form.

Tips selanjutnya untuk Google Analytics adalah fokus ke dalam artikel yang paling banyak dilihat ataupun di-share. Dari artikel tersebut, Anda bisa melihat bahwa keywords tersebut harus ditulis lebih banyak lagi.

Website Anda harus mobile friendly

Pada tahun 2018, Google sudah mulai melakukan pengumuman bahwa website harus lebih mobile-friendly. Bahkan Google akan mengedepankan website yang mobile-friendly dan ringan ketika dibuka. Sekarang Google juga mempunyai fitur Accelerator Mobile Page, ini adalah fitur yang membuat sebuah website bisa lebih ringan daripada sebelumnya. Bahkan gambar di dalam website AMP ini bisa terbuka setelah pengunjung melakukan scrolling.

Untuk pengguna WordPress, Anda tidak perlu khawatir karena banyak sekali tema atau plugins yang bisa mengubah website Anda lebih mobile-friendly. Mulai dari plugins Yoast SEO dan All in One SEO Pack bisa mengubah mobile-friendly website Anda dengan lebih cepat.

Gunakan link masuk dan link keluar

Tips selanjutnya adalah Anda bisa menggunakan link masuk dan link keluar. Maksudnya adalah Anda bisa menyematkan link sumber di dalam artikel. Jadi, ketika di-klik, link tersebut akan mengantarkan Anda ke website yang menjadi sumber penulisan artikel. Bahkan jika memungkinkan, Anda juga bisa memasukkan setidaknya 3-4 link di dalam artikel yang jumlah katanya mencapai seribu. Jika artikel Anda jumlah katanya hanya di bawah lima ratus, Anda cukup memasukkan satu link saja. Secara logika, artikel yang mempunyai sumber rujukan adalah artikel yang bagus.

Selanjutnya untuk link keluar adalah usaha yang bisa Anda lakukan agar website Anda mempunyai referral. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan link keluar adalah masuk ke dalam forum-forum, kemudian beberapa website Q&A seperti Quora, dan menempatkan tombol share di dalam website.

Menggunakan iklan

Terakhir, Anda bisa menggunakan iklan. Mungkin Anda dan tim sudah berusaha sekuat mungkin untuk meningkatkan traffic website melalui SEO WordPress secara organik. Namun, sayangnya Anda tak kunjung mendapatkan hasil yang diinginkan. Di sinilah Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan iklan, yakni melalui Google AdWords.

Google AdWords bisa Anda gunakan untuk menaikkan traffic yang fungsinya bakal sangat baik untuk SEO. Walaupun begitu, Anda harus menyiapkan bujet yang cukup untuk Google AdWords. Untuk pertama, Anda bisa menggunakan bujet Rp500.000 selama dua bulan. Jika memang traffic sangat naik dan memengaruhi penjualan, tentu Anda bisa menaikkan bujet lagi.

Meningkatkan traffic website berbasis WordPress memang cukup menantang, tetapi sama sekali tidak mustahil dilakukan. Keenam WordPress SEO tips di atas bisa coba Anda terapkan. Bila Anda masih ragu untuk menerapkan teknik SEO sendirian tanpa adanya bantuan orang yang mahir dalam bidang SEO, Anda bisa mencari konsultan SEO yang terpercaya dan profesional sehingga bisa membantu Anda untuk mengoptimalkan website yang Anda punya dari segi SEO. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil!

Habiburachman
Habiburachman
Interest New Things About Social Media and SEO. Owner of website jagotips.com Influencer instagram @fokusmas and @beautifulindonesia.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *