Coding Adalah Bahasa Pemrograman
Coding Adalah Skill yang Berguna di Zaman Sekarang
April 6, 2020
Marketing Communication Adalah
Marketing Communication adalah Kunci dari Pemasaran Anda
April 7, 2020
Show all

Voice Search Optimization Tips Dalam SEO

Voice Search Optimization Tips

Voice Search Optimization Tips

Search Engine Optimization (SEO) tidak hanya digunakan untuk menambah leads atau menggunakan keyword sebagai senjata utama. Ada berbagai macam aspek lainnya, khususnya yang berhubungan dengan teknologi, di dalam penerapannya. Biasanya, strategi SEO dijalankan khusus untuk website yang nantinya bisa ditelusuri lewat mesin pencari Google berdasarkan keyword yang dioptimasi. Namun dengan kemajuan teknologi yang ada pada saat ini, SEO bisa juga diterapkan untuk voice search. Ya, voice search optimization tips menjadi sisi terbaru dari dunia SEO saat ini.

Pada dasarnya, voice search adalah satu teknologi yang dibuat untuk mencari suatu hal di internet hanya melalui suara saja. Kalau dulu harus dengan mengetik di PC atau laptop, sekarang sudah tidak lagi. Anda bisa langsung memberikan perintah kepada device tersebut, khususnya smartphone, dan dia akan langsung mencarikannya untuk Anda.

Namun dalam praktik SEO, sebenarnya voice search juga bisa dimanfaatkan. Apalagi dengan semakin maraknya penggunaan voice search, maka perlu dipikirkan juga bagaimana membuat konten yang cocok dengan perilaku para pengguna voice search serta teknologinya.

Bagi yang ingin tahu voice search optimization tips, Anda bisa mendapatkannya di bawah ini. Simak penjelasan lengkapnya.

Perhatikan Konten Anda

Tips pertama yang harus Anda lakukan segera adalah memperhatikan konten yang ada di dalam website Anda. Dalam perjalanannya, konten yang dibuat pasti lebih mengarah kepada para pengguna mesin pencari Google. Namun dengan naiknya teknologi voice search, maka Anda perlu memperhatikan konten yang sudah ada atau yang nantinya dibuat.

Konten yang paling cocok untuk voice search sudah pasti memiliki bentuk pertanyaan. Ketika orang mencari sesuatu di internet melakukan perintah voice search, mereka pasti langsung fokus bertanya. Dari pertanyaan yang dilontarkan, maka akan mendapatkan jawabannya di mesin pencari. Maka dari itu, agar konten Anda lebih mudah untuk ditemukan, cobalah mulai fokus membuat konten yang mampu memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang relevan.

Salah satu bentuk konten yang bisa diciptakan adalah Frequently Asked Questions (FAQ). Dari FAQ tersebut, nanti para penggunanya bisa menemukan jawabannya di sana. Website Anda tidak akan kehilangan trafik juga.

Gunakan Keyword yang Lebih Umum

Selain memperhatikan konten, Anda juga harus menggunakan keyword yang lebih umum. Apa maksud keyword yang lebih umum? Utamakan menggunakan keyword yang berbentuk long tail. Dengan bentuk long tail dan memasukkan filler keyword di dalamnya, maka pertanyaan yang dilontarkan oleh para penggunanya bisa langsung ditangkap oleh mesin pencari Google untuk memberikan hasil berupa konten Anda. Keyword seperti ini juga kebanyakan berada dalam bentuk pertanyaan. Karena itu, jangan sampai salah mengoptimasi keyword.

Jangan Lupakan Pengguna Smartphone

Tentu saja Anda jangan sampai melupakan pengguna smartphone. Tidak dapat dipungkiri, teknologi voice search paling banyak digunakan oleh para pengguna smartphone. Jadi, Anda perlu membuat website yang ramah terhadap mobile view, tidak terlalu berat ketika membukanya, dan nyaman dibaca. Dengan UX yang baik, akhirnya konten-konten Anda lebih bisa dinikmati oleh mereka.

Baca Juga: Mengetahui Google Voice Search Beserta Fiturnya

Itulah voice search optimization tips yang perlu Anda ketahui. Strategi SEO tidak pernah berhenti berevolusi. Maka dari itu, Anda perlu tahu tips di atas. Jangan lupa untuk memberikan komentar dan share artikel ini di media sosial Anda. Semoga informasi yang diberikan bisa memberikan ilmu baru kepada Anda.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *