Apa itu CPC
Apa itu CPC? Apa saja Keunggulannya Bagi Pelaku Bisnis?
Maret 6, 2020
Google Webmaster Tools adalah inovasi Google
Ketahui Efek Google Webmaster Tools di Website Anda
Maret 6, 2020
Show all

URL itu Apa? Mengapa Penting Dalam Internet?

URL itu Apa

URL itu Apa

Perkembangan zaman yang ada membuat semakin banyak orang yang tahu tentang teknologi terbaru, termasuk teknologi yang tidak akan lekang oleh waktu yaitu internet. Internet sendiri menjadi jendela dunia bagi sebagian besar orang karena mereka bisa mengetahui berbagai macam hal di sana. Jutaan website yang ada di internet saat ini menjadi sarana tepat untuk mencari informasi penting. Untuk bisa masuk ke dalam website yang diinginkan, tentu saja Anda harus memasukkan URL terlebih dahulu. Tapi sebenarnya URL itu apa? Mengapa penting dalam internet?

Definisi URL 

Mari kita mengenal lebih dalam tentang URL sekaligus bagian-bagian di dalamnya. Namun sebelum itu, sebenarnya URL itu memiliki arti apa? URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. Intinya adalah berguna untuk menyebut alamat dari suatu website. Dengan memasukkan URL di dalam address bar browser yang digunakan, maka Anda bisa masuk ke website spesifik yang ingin dituju.

Sebenarnya banyak orang yang belum tahu perbedaan URL dengan domain. Mengapa keduanya berbeda? Padahal kalau ditarik garis lurus, maka URL dan domain memiliki tujuan yang sama yaitu masuk ke sebuah website yang ingin Anda kunjungi. Di bawah ini akan dibahas tuntas perbedaan keduanya.

Perbedaan URL dengan Domain

Sekarang pertanyaannya adalah apa perbedaan di antara keduanya? Memiliki tujuan yang sama, tetapi sebenarnya berbeda. Itulah yang bisa menjelaskan sedikit tentang URL dengan domain. Sebenarnya URL adalah keseluruhan dari alamat website yang dikunjungi, sedangkan untuk domain sendiri, lebih fokus kepada alamat website-nya saja atau nama website itu sendiri. Jadi sebenarnya kedua hal ini harus digunakan secara bersamaan agar bisa masuk ke sebuah website.

Baca Juga: Apa itu CPC? Apa saja Keunggulannya Bagi Pelaku Bisnis?

Selain itu juga, URL sebenarnya memiliki posisi yang penting dalam pengalaman Anda menggunakan internet. Dengan URL, maka Anda bisa masuk ke suatu website  dengan mudah. Kalau tidak ada URL, maka Anda perlu menghafal atau mengetahui IP Address dari website tersebut dan itu termasuk untuk semua website. Maka dari itu, keberadaan URL itu tidak bisa dilupakan atau dihilangkan.

Bagian-Bagian Dalam URL

Seperti yang sudah disebutkan di atas, di artikel ini juga membahas bagian-bagian dalam URL. Sebenarnya Anda telah mengggunakan seluruh bagian URL, namun Anda pasti tidak tahu istilah teknologinya. Untuk itu, mari kita bedah bagian-bagian dalam URL secara satu persatu dengan menggunakan URL website ToffeeDev https://toffeedev.com/services/jasa-seo/.

  • Scheme

Bagian pertama adalah scheme. Scheme menjadi pertanda bahwa website yang dikunjungi sudah memiliki teknologi untuk mengacak data-data pribadi Anda yang ada di dalamnya dari serangan hacker. Keamanan data sudah pasti terjamin ketika ada scheme. Google pun juga lebih menyukai website yang sudah ada scheme.

Scheme paling umum adalah HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure. Itu terdapat di bagian pertama URL di atas yaitu: https://toffeedev.com/services/.

  • Subdomain

Selanjutnya adalah subdomain. Untuk subdomain sebenarnya tidak dimiliki oleh semua website. Untuk URL ToffeeDev sendiri yang digunakan di atas juga tidak memiliki subdomain. Subdomain berguna untuk menjadi pemberi kategori di dalam sebuah website. Daripada menggunakan subdirectory (yang akan dibahas juga di sini), banyak website yang memilih menggunakan subdomain. Selain itu, alamat website juga tidak akan terlalu panjang. Hal ini akan mempermudahkan mesin Google untuk melakukan crawling website. Selain itu, subdomain juga sangat sering digunakan untuk menunjukkan opsi tampilan sebuah website baru. Biasanya ditandai dengan tulisan “Beta”.

Tambahan Lainnya

  • Second-level domain

Second-level domain (SLD) menjadi penanda utama dari nama website atau domain. Jadinya Anda tahu website apa yang dikunjungi. Sebenarnya dari semua bagian dalam URL, SLD menjadi bagian yang paling utama karena menjadi identitas atau branding dari pemilik website tersebut. SLD ada di bagian ini: https://toffeedev.com/services/.

  • Top-level domain

Top-level domain (TLD) menjadi tanda dari jenis bisnis yang menggunakan TLD tersebut. Ada biz (bisnis), .edu (pendidikan), dan .org (organisasi). Di luar itu, TLD juga menjadi penanda berasal dari mana website tersebut. Untuk di Indonesia, TLD yang biasa digunakan adalah .co.id. SLD ada di bagian ini: https://toffeedev.com/services/.

  • Subdirectory

Terakhir ada subdirectory. Bagian ini berguna untuk memberikan kategori lanjutan dari halaman yang Anda kunjungi. Ini juga yang menjadi identitas dari berbagai macam halaman yang ada di setiap website. Subdirectory ada di bagian ini: https://toffeedev.com/services/.

Itulah penjelasan URL itu apa beserta bagian-bagiannya. Sekarang Anda sudah tahu mengapa URL itu penting dalam internet. Jangan lupa berikan komentar dan share artikel ini. Semoga informasi ini berguna untuk Anda.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *