DesignAwards.Asia Design Of The Day
Cara Meningkatkan Penjualan Di Facebook
Maret 29, 2018
A/B Testing pada Landing Page
April 7, 2018
Show all

Website Menggunakan Video Atau Tidak?

Selamat datang di Toffeedev Sharing Monday!

Hari ini saya akan berbagi tentang kira-kira apakah perlu website menggunakan video untuk konten? Sebagai designer, saya sering mengamati website-website di Indonesia masih belum banyak yang menggunakan video. Mungkin karena pembuatannya agak sulit, belum lagi mungkin bisa memakan biaya lebih banyak. Tapi kenapa kira-kira kita harus menggunakan video dalam konten website?

Ternyata video itu setelah diamati seperti center of attention, jadi begitu orang masuk ke website, hal pertama yang mereka lihat adalah video. Kenapa? Karena video adalah gambar bergerak yang bisa dinikmati tanpa harus membaca, hanya menonton saja. Apalagi kalau video tersebut diletakkan pada header website kita, sudah barang tentu itu akan menjadi pusat perhatian. Selain itu, video juga bisa menyampaikan secara garis besar tentang siapa kita dan apa yang kita tawarkan dalam website tersebut.

Lalu, kira-kira video apa yang bisa kita tampilkan dalam website? Yang pertama bisa untuk video yang in production perusahaan atau bisnis anda. Ke-2 bisa untuk video proses bisnis anda sendiri yang misalnya kalau video anda menjual produk, bisa tampilkan produk yang anda miliki melalui video. Buat video demonstrasi tentang bagaimana cara penggunaan atau manfaat dari produk yang anda jual, buat semenarik mungkin sehingga pengunjung web anda merasa senang ketika melihat video tersebut.

Selain itu juga bisa dibuat video testimonial untuk customer, jadi kira-kira misalnya untuk meningkatkan trust orang yang melihatnya mereka pasti melihat orang yang sebelum-sebelumnya. Apa yang mereka katakan tentang produk/jasa tersebut? Misal, kamu adalah perusahaan obat multivitamin, buatlah video testimonial yang berisikan pelanggan terdahulu yang merasa puas dengan produk kamu tersebut. Video secara tidak langsung mengiklankan bisnis kamu tanpa perlu susah-sudah memikirkan hal lainnya lagi.

Dtan bonusnya juga yang saya pelajari ternyata pemakaian video di dalam website bisa meningkatkan conversions dan traffic kita. Jadi orang bakal tertarik dan anda tidak perlu susah-susah menceritakan lagi tentang bisnis yang kamu miliki. Selain itu, bisa jadi mereka itu lebih enjoy kalau misalnya disajikan video ketimbang hanya gambar. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kualitas video, pastikan video yang ada pada website kamu berkualitas HD (High Definition). Konsep ada, kualitas bagus, sudah pasti video kamu akan menarik banyak pengunjung untuk meilhatnya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *