Menggunakan IGTV Untuk Bisnis
September 10, 2018
Berikut Adalah Tipe Konten Yang SEO Friendly, Apakah Web Anda Termasuk?
Oktober 18, 2018
Show all

Website Untuk Mengembangkan Bisnis – Toffeedev Sharing Monday

Apakah anda ingin membuat website yang bukan hanya bagus, tetapi juga bisa meningkatkan bisnis anda di dunia online?

Selamat datang di Sharing Monday bersama  saya Ryan Kristomuljono, saya membantu marketer untuk meningkatkan bisnis mereka di dunia online. Sharing Monday adalah acara yang dibuat setiap minggu sekali, setiap senin tim dari Toffeedev akan membagikan sesuatu tentang digital marketing yang bisa membantu bisnis anda berkembang di dunia digital. Kami akan berbicara mengenai website, digital marketing, atau design. Jadi untuk kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana kita membangun sebuah website yang bukan hanya bagus tapi bisa mengenmbangkan bisnis ada di dunia online.

Beberapa saat yang lalu saya mendapatkan beberapa website yang tampilannya bagus, tapi kenapa ada sesuatu yang kurang. Ada website yang secara design yang tidak bagus, tapi berdasarkan dari penjualan ataupun dari bisnis yang dihasilkan dari website tersebut berkembang dengan sangat luar biasa. Setelah saya analisa dari beberapa website yang ada, maka saya menemukan ada 3 hal yang perlu diperhatikan pada saat kita membuat website. Begitu anda mengerjakannya sendiri, atau anda ingin meminta orang lain untuk mengerjakan website anda, 3 hal ini perlu anda perhatikan, perlu anda lakukan, dan anda meminta kepada mereka yang akan mengerjakannya atau anda yang mau mengerjakannya sendiri, maka 3 hal ini yang perlu anda pastikan anda terakan di dalam websiteyang akan anda buat. Apabila anda designer maka anda salah satu knowledge yang bisa digunakan juga untuk bisnis anda. Jadi kita akan bahas ketiga hal ini.

Design

Yang pertama adalah of course design! Jadi pada saat kita membuat website, kita harus memperhatikan dari tampilan dari website tersebut. Apabila kita ngebahas soal design, design ini relatif. Ada yang bilang 1 design itu bagus, ada juga design itu jelek. Sampai saat ini, tidak  ada  design yang diakui oleh semua orang bagus. Jadi pasti ada orang yang bilang design itu bagus, design itu jelek. Jadi design relatif. Kalau begitu, design seperti apa yang perlu kita buat? Design yang sesuai dengan market anda atau design yang sesuai dengan bisnis anda atau design yang sesuai dengan anda sendiri. Jadi ada beberapa orang seperti di Toffeedev, kita menggunakan design yang minimalist-modern. Jadi white, clean, profesional, itu adalah bagaimana cara kita mendesain sebuah website. Saya nggak tau design seperti apa yang ingin anda buat. Kalau anda  mau buat, “oh kita mau design yang sedikit ramai”, that’s okay. Mungkin anda perlu membuat design yang seperti itu. Kalau anda gak bisa design tapi anda ingin nuansanya yang ramai, anda cari designer yang bisa membuat design yang ramai, Bisa di mengerti?

Jadi itu yang pertama, adalah designDesign saja gak cukup, karena design untuk tampilannya menarik, sesuai dengan bisnis anda, yang perlu diisi lagi adalah yang kedua, yaitu konten.

Konten

Isinya apa? Pada saat kita mau membuat website, kita harus menentukan dulu kontennya itu. Apa konten yang mau dibikin didalam website tersebut. Salah satu elemen konten adalah tujuan dari mereka yang mengunjungi website anda. Jadi kalau misalnya anda ingin pengunjung untuk menghubungi anda, maka konten harus dibuat untuk menghubungi anda. Mulai dari judulnya, isinya, hingga akhirnya mereka diminta untuk menghubungi anda. Jadi itu adalah yang kedua. Yang pertama adalah design, yang kedua adalah konten, okay? Setelah konten apa? well, design, konten, itu isi sebuah website.

Usability

Yang ketiga adalah, usability. Usability, atau di dunia web design kita kenal dengan UX atau user experience. Apa yang dimaksud dengan UX? Ini adalah bagaimana pada saat mereka masuk ke dalam website anda, bagaimana mereka menggunakan website anda?

Jadi apakah mereka akan scrolling kebawah atau scrolling keatas? Bagian gambar ada di sebelah kanan atau di sebelah kiri? Adapun UX sendiri sdbagai satu pelajaran yang bisa anda pelajari secara keseluruhan. Jadi ini adalah satu yang menarik dan belum banyak diterapkan.

UX paling banyak diterapkan dimana? UX paling banyak diterapkan, untuk saat ini diterapkan di aplikasi. Pada saat kita download satu buah aplikasi dari sebuah perusahaan, rata-rata perusahaan yang punya aplikasi yang bagus, mereka akan menerapkan UX desain di dalam aplikasinya mereka. UX ini bukan hanya di aplikasi, kita bisa melakukannya didalam website. Seperti apa UX di dalam website? Misalnya adalah bagaimana pada saat mereka buka layar di komputer anda, konten apa yang akan ditemukan oleh mereka pada saat mereka buka? Apakah anda menjelaskan pada mereka tujuan mereka untuk masuk, atau apa yang akan mereka bahas dalam website anda, atau kenapa harus memilih anda, nah ini adalah bagian dari UX yang perlu dibuat oleh setiap kita yang membuat website untuk perusahaannya kita, okay?

Jadi itu adalah 3 hal untuk membuat website yang biasa-biasa saja, pembuatan website yang hanya mulai berfokus pada konten, dan pada design. Kalau kita memilih sebuah perusahaan web design, mereka akan fokus di web design-nya saja. Kalau anda bukan designer, biasanya anda akan fokus ke kontennya saja. Nah kalau anda ingin membuat website yang benar-benar bagus, anda menggunakan 3 hal ini, design, konten, dan usability.

Belajar sesuatu,  sepanjang video.. 7 menit terakhir ini, saya berharap anda dapat sesuatu, dan anda dapat terapkan dalam bisnis anda. Subscribe di Youtube kami untuk mendapatkan informasi-informasi baru mengenai Sharing Monday, yang akan dibawakan oleh tim dari Toffeedev. Setiap minggu kita belajar sesuatu yang baru, untuk mengembangkan diri kita dan bisnis kita, okay?

Sampai jumpa di Sharing Monday berikutnya, Bye.

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *