Lead Form Extension
Sudahkah Anda Mengenal Lead Form Extension dari Google?
Januari 30, 2020
Media sosial terhadap SEO
Ini Dampak yang Diberikan Media Sosial Terhadap SEO Anda
Januari 30, 2020
Show all

YouTube SEO: Memanfaatkan YouTube Tags 

Youtube SEO tags

Youtube SEO tags

Konten visual adalah salah satu trend yang populer di tahun 2019, terutama video. Salah satu platform yang digunakan untuk berbagi video adalah YouTube. Terlebih lagi 53 persen masyarakat Indonesia lebih memilih untuk menonton YouTube dibanding televisi, dan waktu yang dihabiskan untuk menonton YouTube mencapai 59 menit per hari.

Bila melihat data diatas, YouTube sudah menjadi pilihan utama dari masyarakat untuk menikmati sebuah hiburan. Dengan begitu akan masuk akal bagi para pebisnis untuk menggunakan platform ini untuk membagikan konten mereka.

Namun, bukan berarti tidak akan ada pesaing yang juga memanfaatkan platform ini. Kompetitor secara langsung dalam artian sama-sama memiliki konten yang mirip, ataupun kompetitor tidak langsung, seperti channel-channel pribadi yang juga membagikan informasi di YouTube

Salah satu cara agar video Anda berada ada hasil pencarian adalah dengan menggunakan SEO. Nah, untuk menerapkan SEO di YouTube ada beberapa cara, salah satunya dengan YouTube Tags. Namun apa itu YouTube tags?

Pentingnya Youtube Tags

Secara simple, YouTube SEO tags adalah kata-kata ataupun kalimat yang mendeskripsikan video Anda, sekaligus memberikan konteks untuk orang-orang ketika mencari video Anda.

YouTube sendiri sudah menyampaikan bahwa salah satu fungsi tags adalah membantu konten untuk muncul ketika orang-orang salah mengeja video Anda. Di dalam sebuah studi, hanya ⅓ video yang berada pada ranking teratas yang memasukan keyword ke dalam tag mereka.

YouTube Tags memang tak sepenting Judul, Deskripsi, ataupun Thumbnail, namun bukan berarti Anda harus meninggalkannya.

Ada 3 langkah yang harus Anda lewati ketika membuat YouTube tags:

1. Gunakan target keyword utama Anda untuk tag yang pertama

Seperti yang sudah kita ketahui, fungsi dari tags adalah mendiskripsikan video Anda. Tentu saja tags pertama adalah sebuah keyword dimana Anda ingin video Anda ranking.

2. Tambahkan keyword umum dan relevan dari beberapa video teratas

Untuk mengetahui tag apa saja yang digunakan video-video lainnya Anda bisa menggunakan beberapa ekstensi (seperti vidIQ atau TubeBuddy)

Lalu bukalah 3 hingga 5 video teratas yang sesuai dengan keyword video Anda, disana Anda akan melihat tags apa saja yang digunakan. Lalu tambahkan beberapa tags yang relevan ke video Anda.

3. Tambahkan keyword relevan yang memiliki search volume

Ada beberapa tool yang akan memberikan ANda informasi mengenai hal ini, salah satunya Ahrefs. Disini Anda akan dapat mencari keyword-keyword di YouTube sekaligus volume pencariannya.

BACA JUGA: Belajar SEO YouTube Mulai Hari Ini, Yuk!

Best Practice dalam YouTube Tags

Bila Anda memilih untuk memanfaatkan YouTube tags, ada beberapa saran ketika melakukannya, seperti berikut ini:

  • Jangan menggunakan tags secara berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan akan memberikan hasil yang tidak baik, walaupun YouTube memiliki limit hingga 500 karakter, namun akan lebih baik jika Anda stay 200-300 karakter.

  • Jangan mengelabui para pengguna

Hal ini adalah tindakan yang tidak etis, dapat berujung pada diturunkannya video Anda,

  • Jangan terlalu banyak berpikir

Bila sebuah tag relevan, tidak ada salahnya untuk digunakan.

Walaupun video tags tak sepenting judul, thumbnail, dan deskripsi video Anda, tetapi YouTube tags dapat membantu video Anda agar lebih mudah untuk dicari. Terlebih lagi jika terjadi salah pengejaan, maka YouTube tags bisa membantu dalam hal ini.

Bagaimana pendapat Anda? Silahkan bagikan penadapat Anda pada kolom komentar, jangan lupa untuk share ya.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *