Apa Yang Perlu Dilakukan Untuk “Go-Online” Bisnis Anda?
Mei 14, 2018
3 Tips Praktis Membuat Website Anda Menjadi Lebih Efektif
Mei 28, 2018
Show all

3 Hal Penting Dalam Dunia Digital Marketing

Selamat datang di Toffeedev Sharing Monday, untuk kali ini saya akan bagikan 3 hal yang paling penting dalam Digital Marketing.

Sebelumnya saya ingin tanya, berapa banyak dari anda ingin mendapatkan lebih banyak. Ingin memulai digital marketing di bisnis anda? Terimakasih

Berapa banyak dari anda yang ingin mendapatkan lebih banyak sales untuk meningkatkan bisnis anda melalui digital marketing? Terimakasih

Jadi hari ini saya akan membagikan pada anda tiga hal yang penting untuk anda ketahui di dalam Digital Marketing. Dan tiga hal ini saya pelajari dari seorang digital marketing expert di indonesia namanya Divadinan kemarin, ini dia baru sharing di Toffeetalk kita 2 minggu yang lalu, jadi saya akan membagikan kembali apa yang diajarkan oleh beliau.

Jadi ada tiga hal yang saya pelajari dan ini sangat penting untuk anda bisa mengetahuinya pada saat anda ingin melakukan digital marketing.

Apa aja 3 hal ini?

Yang pertama adalah traffic, jadi dalam digital marketing TRAFFIC is the KING, kalau anda tidak punya traffic maka anda tidak bisa melakukan apapun di dunia digital marketing.

Apa yang di maksud dengan traffic? Traffic adalah pengunjung yang masuk ke bisnis anda. Pengunjung ini masuknya dari internet, pengunjung ini bisa datang dari mana saja. Pengunjung bisa datang dari website anda, dari sosial media, dari video dan dari yang lainya. Itu adalah pengunjungnya anda, nah untuk mendapatkan pengunjung, ada beberapa cara yang bisa di lakukan.

Dari beberapa cara itu anda harus ingat bahwa setiap anda melakukan digital marketing yang paling penting yang harus anda pikirkan adalah traffic. Bagaimana mendatangkan traffic yang lebih banyak? Ini sama seperti kaya pengunjung toko. Anda punya toko, anda harus membuat orang-orang datang ke toko anda, apakah datang langsung beli? Nggak, kalau bisa bikin toko dimana setiap orang yang datang langsung beli, kasih tahu saya caranya gimana? Saya akan pelajari dan saya akan mengikuti caranya.

Ada gak satu toko yang semua pengunjungnya membeli? Ada.

Tapi tidak gampang untuk membuat seperti itu. Jadi ini adalah trik dimana anda perlu mengetahui bagaimana caranya mendatangkan orang-orang untuk datang ke toko anda sehingga anda bisa menjual kepada mereka. Jadi itu adalah yang pertama. Yang pertama adalah TRAFFIC.

Yang kedua adalah leads, apa yang dimaksud dengan leads adalah calon pelanggan.

Anda perlu mendatangkan orang-orang, anda perlu mendapatkan data-data, orang yang ingin menjadi pelanggan anda, maksudnya ingin adalah mereka setidaknya tertarik dengan bisnis yang anda miliki, mereka tertarik dengan produk yang anda tawarkan. Belum untuk membeli, tetapi setidaknya mereka sudah tertarik. Nah bagaimana cara untuk mendatangkan leads? Itu adalah strategi lain yang perlu anda ketahui, anda pelajari di dunia digital marketing. Dan ini adalah yang kedua.

Yang ketiga apa? Setelah yang pertama ada traffic, yang kedua adalah leads, yang ketiga adalah sales, bagaimana anda melakukan penjualan, ini adalah ujung dari semuanya dimana anda mendapatkan orang memberikan uang pada anda untuk membeli produk anda, Nah ketiga hal ini adalah tiga bagian yang paling penting yang apapun menjadi strategi apapun materi pelajaran yang anda pelajari ujung-ujungnya adalah mempelajari ketiga hal ini,

TRAFFIC, LEADS, DAN SALES

Jadi untuk anda yang ingin menggunakan digital marketing pastikan anda terus mengingat tiga hal ini. Setiap kali anda mengerjakan sesuatu anda bisa membayangkan, oke yang saya lakukan saat ini umtuk meningkatkan apa? Apakah untuk meningkatkan traffic? Untuk meningkatkan leads? Atau meningkatkan sales?

Banyak strategi yang ada diluaran sana yang bisa anda pelajari anda bisa lihat secara online, anda bisa ikut toffeens(tidak jelas), anda bisa ikut toffetalk, anda bisa belajar dari iam(tidak jelas), anda bisa belajar dari banyak kursus-kursus yang ada diluaran sana, tapi yang perlu anda perhatikan adalah, semua strategi yang anda terapkan apakah itu untuk meningkatkan traffic? Meningkatkan leech? atau meningkatkan sales?

 

Dari ketiga hal ini mana yang paling penting?

Saya yakin jawaban anda adalah sales…

 

Jadi anda ingin meningkatkan sales terlebih dahulu? Padahal kepada kenyataan-nya yang perlu anda lakukan pertama adalah anda perlu meningkatkan traffic terlebih dahulu, bisa gak anda meningkatkan sales terlebih dahulu? Bisa.

Dalam sales ada banyak hal yang bisa anda gunakan, misalnya kebanyakan orang adalah membuatnya dalam membuat sebuah website e-commerce. Jadi mereka berpandangan adalah “oke saya mau buat website e-commerce yang paling keren, yang gimana mereka langsung bisa beli, belinya bisa pakai apa saja, bisa pake kartu kredit, tunai, COD dan segala macam”.

Mereka membuat semua sequence dari sales platformnya mereka terlebih dahulu sebelum menyiapkan yang lain. Menurut saya yang perlu dilakukan adalah untuk sales dan leads oke, anda bisa menggunakan yang namanya MVP (Minimum Vibre Product) atau platformnya dibuat sesederhana mungkin, dimana anda bisa menggunakan dari platform yang sederhana tersebut. Tidak butuh waktu yang panjang untuk membuat platform tersebut, pastikan platformnya hanya berfungsi, oke. Jadi saat orang membeli, mereka selalu bisa beli, mau pake yang tradisional WhatsApp, Messenger, Transfer, itu adalah payment kecil yang pertama.

Oke, untuk mendapatkan leads anda bisa menggunakan yang simple sederhana seperti misalnya menggunakan Mail target atau active campaign atau mail scheme untuk mengumpulkan data-datanya mereka.

Tapi dari semuanya itu anda bisa membuatnya minimum, tapi yang perlu anda fokuskan pertama kali adalah anda menggunakan traffic, bagaimana caranya mendatangkan traffic? Anda memikirkan lebih panjang dibuat untuk mendatangkan traffic tersebut, anda bisa menggunakan SEO, SEM, SMM, Email Marketing, Content marketing dan yang lainya.

Nah itu adalah tiga hal yang saya ingin berikan pada anda selama Sharing Monday kali ini, sampai jumpa di Sharing Monday berikutnya, bersama team toffee yang lainnya.

 

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *