3 Hal Penting Dalam Dunia Digital Marketing
Mei 21, 2018
Bagaimana Meningkatkan Penjualan di Dunia Online?
Juni 4, 2018
Show all

3 Tips Praktis Membuat Website Anda Menjadi Lebih Efektif

Selamat datang di Toffeedev Sharing Monday!

Dan kalau 1 2 minggu terakhir video-video di Toffeedev kalau anda menonton, kami lebih banyak membahas “bagaimana caranya menarik pengunjung supaya datang ke website anda”. Tapi sebenarnya yang lebih penting adalah bagaimana membuat website anda mumpuni? Bagaimana membuat website anda efektif, dan siap saat orang-orang itu datang ke website Anda.

Jadi ibaratnya seperti kalau punya toko, anda sudah gembar gembor, sebar brosur, iklan, supaya orang-orang datang semua ke toko Anda. Tapi pada saat meraka datang ke toko anda, sayangnya mereka tidak bisa melihat produk apa yang sebenarnya anda jual,  berapa harganya, tidak ada staff di toko itu yang bisa mereka tanya-tanya. Akhirnya karena mereka tidak mendapat sesuatu yang seperti iklan yang mereka lihat sebelumnya. Mereka akan keluar lagi dari toko. Demikian juga dengan website anda, jangan biarkan anda sia-sia, buang-buang duit untuk datangkan traffic ke website, tapi setelah datang ke website, orang-orang itu pergi dengan sia-sia.

Jadi hari ini saya akan share beberapa tips bagaimana caranya membuat website anda lebih efektif supaya saat orang-orang itu datang ke website, mereka sudah siap, mereka sudah tahu, mereka bisa lihat informasi apa saja yang ada di website anda.

Hal yang paling penting nomor 1 adalah lakukan design yang proper pada website anda, karena riset menunjukan 1 dari 2 orang yang pergi mengunjungi website sebuah perusahaan lalu akhirnya mereka putuskan untuk membeli produk atau jasa tersebut, salah satu faktor yang jadi penentu decision making mereka adalah saat mereka melihat design website-nya.

 

Website menjadi salah satu yang mereka putuskan pada saat mereka membeli suatu produk atau jasa, jadi pastikan website anda punya image yang sesuai dengan apa yang mau anda buat untuk customer anda.

 

Dan yang kedua adalah, apa value yang mau anda tonjolkan untuk perusahaan anda? Pasti saat anda menjual suatu barang, suatu jasa, anda punya nilai tambah tertentu, value yang membuat perusahaan anda lebih baik atau lebih special. Misalnya anda punya after sales service yang bagus atau anda memberikan garansi tertentu. Jadi tidak harus selalu soal harga tapi bisa juga soal service atau misalnya anda punya kredibilitas, Misalnya anda punya sertifikasi, team anda semuanya expert, atau certified, anda punya ISO, anda menang award. Pastikan hal itu semua ada di website anda supaya pengunjung bisa melihat. Karena faktor-faktor tersebut bisa meningkatkan trust buat para customer, pada saat mereka memutuskan untuk beli produk dari perusahaan A atau perusahaan B.

Dan kalau anda masih bingung apa sih nilai tambah saya? Apa keunikan atau benefit dari perusahaan saya, anda mungkin bisa tambahkan misalnya hal-hal kecil seperti anda sudah melayani berapa customer atau berapa klien, atau anda sudah berada di industri ini berapa lama? Terkadang, hal-hal tersebut juga bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan anda.

Dan yang ketiga adalah saya sudah melihat cukup banyak hampir semua website yang ada tidak terkecuali website-website di indonesia, mereka sudah punya form di website, baik itu form untuk isi kontak, ataupun untuk inquiry. Untuk pemesanan ataupun form untuk mendapatkan data lainnya dari customer, tapi satu hal yang saya ingin tekankan adalah kalau form di website anda itu adalah first touch point untuk customer, pastikan form tersebut tidak terlalu panjang. Karena semakin panjang form orang akan semakin malas untuk mengisi, data yang anda dapatkan juga tidak valid akhirnya.

Namun Anda bisa gunakan form yang panjang jika anda ingin mendapatkan data yang lengkap. Hanya kalau barang yang anda tawarkan atau benefit yang anda tawarkan kalau offer tersebut sangat menarik, misalnya anda menawarkan tiket dari satu kota ke kota lain dengan nilai 1 rupiah, atau misalnya lagi kalau dari segi, kalau dari bisnis penerbangan anda memberikan free upgrade dari economy class ke business class. Nah kalau offernya sangat menarik seperti itu irresistible offer, anda bisa minta form yang panjang, hal itu tidak masalah, karena orang akan dengan senang hati mengisi data apa saja yang dibutuhkan.

Tapi kalau from-form yang baru sebagai perkenalan, anda bisa minta data-data yang sangat penting, pilih-pilih lagi data apa yang paling penting anda dapatkan dari customer, sebisa mungkin anda mendapatkan contact dan juga apa yang mereka butuhkan. That’s it! Setelah itu untuk data-data lainya anda bisa contact ke mereka dan follow up lebih lanjut.

Dan satu tips tambahan lagi khusus untuk orang-orang di indonesia. Karena seperti kita tahu orang-orang indonesia kurang begitu suka untuk mengirim email, mengirim form inquiry, menulis email pada seseorang karena biasanya responsenya akan lebih lama. Biasanya orang akan lebih senang untuk telpon atau berbicara dengan staff anda, untuk mendapatkan respon yang lebih cepat.

Jadi untuk website di Indonesia, terutama kalau anda sadar klien anda butuh banyak bertanya tentang produk atau jasa anda, pastikan di website anda anda memiliki fitur live chat. Saya sudah berbicara dengan beberapa klien mengenai hal ini, gunakan fitur live chat di website, tapi biasanya yang menjadi alasan mereka kenapa gak mau pake fitur live chat, karena gak ada orang yang bisa urusin live chat. Gak ada orang yang satu dedicated untuk selalu online. Kalau offline terus websitenya gak akan terlalu bagus, masa di jam kerja, di hari kerja, live chatnya juga offline.

Nah di toffeedev kami juga melakukan hal itu, kami tidak punya resource yang sangat banyak untuk handle live chat itu sendiri. Tapi live chat tetap perlu karena banyak orang yang bertanya lebih lanjut bagaimana membuat website, bagaimana meningkatkan traffic meningkatkan pengunjung website. jadi, apa yang kami lakukan? Kami gunakan live chat dengan lebih pintar.

Kami menggunakan ada satu item yang namanya smart live chat, kalau anda penasaran anda bisa langsung pergi ke website kami www.toffeedev.com dan disitu anda bisa mencoba langsung fitur live chat kami. Dan anda akan melihat live chat tersebut apa keunikan-nya dan kalau anda tertarik misalnya website anda atau bisnis anda tertarik untuk menggunakan fitur live chat yang sama “smart live chat” itu,  anda bisa langsung menghubungi kami dan kami akan membantu anda untuk meletakkan smart live chat itu di website anda.

Dan kalau anda mungkin sudah punya website, website sudah berjalan beberapa tahun, anda tahu, anda punya insight tertentu, punya informasi tambahan, bagaimana membuat website yang lebih efektif, anda bisa tambahkan informasi dengan comment di bawah ini. Karena di Sharing Monday ini kita sama-sama belajar dan sama-sama grow untuk membuat website dan internet lebih baik lagi.

Sekian Sharing Monday dari saya dan nantikan Sharing Monday kami berikutnya, jangan lupa share dan tag rekan anda, teman anda, yang mungkin memerlukan tips ini.

Thank you!

Nana Damayanti
Nana Damayanti
Saya adalah Founder dari ToffeeDevSaya menyukai design yang bukan hanya bagus di mata tetapi juga memberikan nilai tambah terhadap penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *