Sosok Google Doodle Hari Ini: Samaun Samadikun
April 15, 2016
YouTube: Kini Hadirkan “Live Streaming” Video 360 Derajat
April 19, 2016
Show all

4 Aplikasi Yang Wajib Dihapus Dari Smartphone Kamu!

Entah suatu keharusan atau sekedar keinginan belaka, namun memiliki smartphone adalah hal yang “patut” dimiliki oleh setiap orang. Ada yang memiliki kapasitas besar, ada juga yang tidak. Ada aplikasi bawaan, ada juga yang harus diunduh terlebih dulu. Beragam aplikasi kian bermunculan untuk menambah kecanggihan dalam smartphone-mu. Namun tahukah kamu, seiring berjalannya waktu smarthphone kamu pun akan semakin tua dan lama. Tidak hanya itu, banyaknya aplikasi pun dapat mempengaruhi performa smartphone-mu, khususnya Android. Jika sudah begitu, maka kamu harus pintar-pintar memilih mana aplikasi yang harus “dibuang” dan mana yang tidak.

  • Facebook

Social media milik Mark Zuckerberg ini merupakan platform yang wajib kamu punya dalam smartphonemu. Bahkan pada beberapa smartphone, social media ini sudah langsung terpasang didalamnya. Namun tahukah kamu, jika aplikasi yang memiliki warna dasar biru ini, ternyata dapat menghabiskan kapasitas memory serta bateraimu dengan cepat?

Ya, aplikasi satu ini sedikit banyak memakan kapasitas memory kamu yang semakin memperlambat performa smartphone yang kamu gunakan. Jadi alangkah baiknya kamu menghapus aplikasi ini dan mulailah mengaksesnya via browser. Dengan begitu, kapasitas memory yang kamu punya akan “terselamatkan” dengan baik. Apalagi sekarang sudah tidak ada perbedaan berarti jika membuka Facebook dari aplikasi maupun browser.

  • Ramalan Cuaca

Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, pasti memaksa kamu untuk memiliki aplikasi perkiraan cuaca pada smartphone yang kamu punya. Namun, update yang dilakukan pada aplikasi tersebut ternyata sedikit banyak menghabiskan kapasitas memory yang ada, lho. Tidak hanya itu, aplikasi semacam ini ternyata juga membuat performa Android kamu menurun.

Solusinya adalah, kamu bisa melihat perkiraan cuaca di sekitarmu dengan menggunakan Google Now. Cara ini dianggap jauh lebih efektif dibandingkan kamu harus menyisihkan kapasitasmu untuk sebuah aplikasi yang mungkin jarang kamu “sentuh”. Dengan begitu, performa smartphone mu akan menjadi sedikit lebih cepat.

  •  Anti-Virus Gratis

Berbagai ancaman virus yang ada, tentu saja membuat hati selalu was-was dan terus waspada. Tapi perlu kamu ketahui, bahwa memasang aplikasi anti-virus malah semakin membuat performa smartphone kamu menurun. Karena bisa menghabiskan kapasitas memory dan boros baterai.

Alangkah baiknya, kamu hapus aplikasi anti-virus tersebut dan mulailah lebih teliti dalam mengunduh berbagai aplikasi atau berbagai konten untuk smartphone kamu. Ditambah lagi, sekarang pihak Android sudah meyakinkan para penggunanya kalau smartphone mereka akan minim virus dan mengklaim bahwa sistem operasinya telah terlindungi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi smartphonemu (khususnya Android) terserang virus, ya.

  •  Aplikasi Pembersih (Cleaner) 

Aplikasi ini memang cukup menjadi “jawara” di kalangan pengguna smartphone, khususnya Android. Karena selain dianggap sebagai cleaner, aplikasi ini juga dianggap dapat membuat performa smartphone kamu sedikit lebih cepat dibanding sebelumnya. Tapi sebenarnya, saat kamu membersihkan menggunakan salah satu cleanser itu tidak sepenuhnya bersih dari cache yang ada. Lalu, apa yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan “sampah” yang ada pada smartphonemu?

Kamu cukup membuka “settings” – “apps” – “downloaded” – “clear cache“, dengan begitu kamu sudah membersikan “sampah” yang ada tanpa memerlukan aplikasi apapun. Selain dapat menghemat kapasitas dan baterai, kamu juga bisa menghemat kuota. Karena pada aplikasi cleanser ini sering kali terdapat iklan in-app yang cukup mengganggu.

 source: kompas.com

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *