eCommerce SEO Keywords
4 Langkah Dapatkan eCommerce SEO Keywords yang Tepat
Maret 5, 2020
Keyword Everywhere Chrome
Keyword Everywhere, Tool Gratis Untuk Keyword Research
Maret 5, 2020
Show all

5 Cara Membuat Copywriting Yang Menarik

Cara Membuat Copywriting yang Menarik

Cara Membuat Copywriting yang Menarik

Copywriting yang menarik menjadi satu hal yang harus ada di dalam bisnis saat ini. Sebagai sebuah materi promosi, copywriting tidak mungkin dilupakan begitu saja. Jika hanya menggunakan gambar untuk iklan tanpa adanya satu tulisan menarik yang bisa menggugah sekaligus mempersuasi pembacanya, maka iklan tersebut tidak akan berhasil. Dengan kondisi inilah, maka Anda harus tahu bagaimana cara membuat copywriting yang menarik.

Sebenarnya ada beberapa cara membuat copywriting yang menarik dan bisa menjual juga, namun tidak semuanya bisa Anda lakukan dalam satu waktu juga. Jam terbang yang panjang dan trial and error menjadi syarat yang harus Anda lalui. Di bawah ini ada lima cara membuat copywriting menarik yang bisa Anda pelajari dengan mudah.

1. Tentukan Tujuan Anda

Cara pertama membuat copywriting yang menarik adalah menentukan tujuan Anda dalam membuat iklan tersebut. Jangan sampai Anda terlalu banyak memasukkan tujuan, seperti ingin menjual produk A dan B. Hindari hal seperti itu. Jika memang ingin membuat beberapa copywriting untuk produk yang berbeda, siapkan materi iklan yang lain juga. Jadi ketika Anda membuat copywriting, bisa menjadi lebih fokus. Dibandingkan langsung memasukkan beberapa produk dalam satu materi iklan.

2. Siapkan Headline yang Menarik

Dalam copywriting, headline yang menarik harus sangatlah diperhatikan. Maksud dari headline adalah judul utama dari materi iklan tersebut. Biasanya menjadi tulisan yang paling besar dan paling pertama dibaca. Memang bisa dibilang membuat headline itu terkadang gampang tapi juga terkadang susah. Cobalah mencari inspirasi dari internet. Dari sana, Anda bisa mengambil beberapa inspirasi yang mampu merangsang kreativitas Anda.

Baca Juga: Apa Itu Copywriting? Mengapa Penting Saat Ini?

3. Buat Beberapa Opsi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda sebaiknya hanya membuat satu materi iklan untuk satu tujuan saja. Namun dalam proses pembuatannya, Anda jangan hanya memiliki satu opsi saja. Lebih baik buat beberapa opsi, dimulai dari headline hingga body copy. Dengan adanya opsi ini, Anda bisa memilih mana yang terbaik untuk digunakan. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengombinasikan rangkaian kata dari opsi yang ada.

4. Masukkan Pendekatan yang Sesuai

Membuat copywriting yang menarik bukan hanya dilihat dari rangkaian katanya saja, tetapi juga pendekatan yang ingin dimasukkan di dalamnya. Dalam copywriting ada beberapa pendekatan yang perlu Anda ketahui, seperti:

  • Rasional

Memasukkan logika dan kegunaan dari produk/jasa yang ditawarkan.

  • Emosional

Masukkan sisi emosi seperti rasa bangga, humor, hingga rasa nyaman di dalam copywriting Anda.

  • Kombinasi

Gabungan dari pendekatan emosional dan rasional.

  • Retoris

Memberikan kebenaran dari produk/jasa.

  • Naratif

Membuat copywriting dengan bentuk cerita.

  • Moral

Menggugah dengan membawa pesan yang bisa mengubah kebiasaan orang.

  • Informatif

Membuat copywriting dengan isi yang lebih dalam tentang produk/jasa.

  • Argumentatif

Memasukkan kalimat berisi pendapat yang bisa mempengaruhi pembacanya.

5. Jangan Lupakan Prinsip AIDCA

Tidak hanya berhenti di pendekatannya saja, tetapi Anda juga harus menanamkan prinsip AIDCA, yaitu:

  • Attention: memiliki sifat yang menggoda dan menarik pembaca.
  • Interest: mampu menarik perhatian/minat pembaca.
  • Desire: mampu mempengaruhi hasrat pembaca.
  • Conviction: mampu meyakinkan pembaca.
  • Action: mampu menghasilkan tindakan yang diinginkan dari pembaca.

Itulah lima cara membuat copywriting yang menarik. Anda sebaiknya menanamkan lima hal di atas agar ketika membuat copywriting, Anda bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Jangan lupa memberikan komentar dan share artikel ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *