Beginilah cara kerja SEO
5 Cara Kerja SEO Terbaru Saat Ini
November 19, 2018
6 Tujuan SEO yang Bisa Anda Ketahui
November 23, 2018
Show all

5 Manfaat SEO Untuk Bisnis Baru Anda

Jika Anda adalah seorang marketing dari perusahaan atau brand, Anda mungkin tahu untuk memasarkan barang yang Anda jual di internet memerlukan sebuah SEO lebih dari sekali ataupun dua kali. Namun apa sebenarnya manfaat SEO untuk bisnis?

Sebelum mengetahui manfaat SEO untuk bisnis, mari kita ketahui dulu apa sebenarnya SEO dalam pemasaran. Sebagai permulaan SEO adalah singkatan dari pengoptimasian mesin pencari dan itu adalah proses untuk meningkatkan situs web dengan cara meningkatkan peringkat artikel atau konten dalam hasil pencarian ketika seseorang mencari kata atau frasa tertentu.

Mungkin Anda masih belum memahami mengapa hal ini menjadi penting. Coba pikirkan saat Anda membutuhkan peralatan yang dibutuhkan atau resep makanan yang ingin Anda masak. Pasti Anda akan meraih ponsel dan mencari kata seperti ‘resep sup’ atau ‘ponsel terbaru 2018’. Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa SEO penting dalam pemasaran online.

Hasil ini akan muncul pada hal yang menurut Google akan menjadi informasi yang penting dan bermanfaat bagi Anda berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan. Dalam banyak kasus, situs yang biasa Anda lihat di halaman pertama mesin pencari bukanlah suatu kebetulan. Mereka melakukan SEO untuk membantu Google memahami isi konten yang mereka buat.

SEO dapat membantu perusahaan bisnis untuk meningkatkan peringkat Anda dalam hasil mesin pencari. Ini memiliki potensi untuk membuat dampak yang besar pada tujuan yang paling penting bagi perusahaan seperti meningkatkan penjualan.

Dalam artikel ini akan dibahas seberapa penting peran SEO dalam pemasaran bisnis dan lima manfaat utama yang ditawarkan.

  1. SEO berusaha menargetkan lalu lintas situs yang berkualitas

Salah satu manfaat SEO untuk bisnis yang dapat dirasakan adalah bahwa ini merupakan salah satu strategi pemasaran. Tidak seperti bagaimana iklan tradisional yang lebih menjangkau masyarakat untuk membeli barang Anda. Maka teknik ini lebih mudah dan sederhana karena customer yang nantinya akan menemukan Anda ketika mereka menginginkan sebuah informasi.

Sederhananya, cara tradisional membuat sebuah perusahaan harus menyebarkan informasinya, namun dengan SEO, perusahaan hanya akan menjadi magnet yang menarik masyarakat untuk mengunjungi mereka.

Metode tradisional ini seperti contohnya adalah spam email, iklan yang menginterupsi acara televisi, dan panggilan telepon. Cara ini sudah mendapatkan anggapan jelek di mata masyarakat.

Dibandingkan harus mengganggu kenyamanan masyarakat, sebaiknya siapkan konten menarik yang dapat menarik mereka untuk datang. Ini tentunya jauh lebih nyaman bagi konsumen serta perusahaan Anda akan dikenal dengan pembuatan konten yang baik.

Faktanya, dalam laporan terbaru dari HubSpot State of Inbound. Sekitar 59% para pemasar mengatakan bahwa praktik metode SEO memberikan prospek yang berkualitas tinggi untuk penjualan mereka.

Menurut Anda mana yang lebih mudah menerima upaya pemasaran perusahaan Anda? Apakah orang yang melihat iklan di baliho jalanan atau mereka yang menemukan sendiri konten atau situs Anda di media online?

Jawabannya mudah. Ketika Anda fokus kepada sekelompok orang yang secara aktif mencari informasi di media online, Anda akan jauh lebih mudah menggapai mereka sebagai audiens target Anda. Selain itu, ini juga memberikan Anda kesempatan untuk menjangkau calon pembeli atau pembaca yang sudah mempertimbangkan untuk membeli atau membaca apa yang Anda tawarkan.

  1. Anda tidak perlu membayar iklan di SEO

Peringkat organik Google didasarkan pada apa yang ditentukan oleh alogaritme yang menjadi hasil terbaik dari apa yang diberikan. Ini berarti bahwa setelah Anda membuat halaman yang dianggap cocok oleh mesin pencari untuk mengarahkan pengguna mereka, itu dapat membuat situs Anda mendapatkan laju lalu lintas ke situs Anda berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah Anda mempublikasikannya.

Menulis dan membuat konten yang bagus memang membutuhkan waktu dan investasi. Investasi itu berupa waktu, Anda dapat membuat orang lain untuk membuatkan konten untuk Anda atau Anda membuatnya sendiri.

Setelah investasi awal ini, maka traffic akan terus berjalan dan menarik masyarakat untuk terus melihat situs Anda. Anda juga perlu untuk memperbarui halaman setiap bulan. Tergantung dari tema dan topik apa yang Anda inginkan. Anda juga perlu menaikkan serta meningkatkan topik jika pesaing Anda menargetkan kata kunci yang sama.

Ketika saatnya tiba, tempat berharga Anda dalam hasil penelurusan tidak akan dikenai biaya. Ini adalah perbedaan utama dari iklan PPC yang melibatkan pembiayaan setiap kali penggunanya mengklik dan mengunjungi halaman.

Dengan SEO, Anda memiliki potensi untuk menghindari membayar biaya per klik sebesar $2,32 dan mendapatkan lalu lintas ke situs tanpa adanya biaya lanjutan.

  1. SEO akan mendapatkan banyak klik dibanding PPC

Meskipun iklan PPC muncul di atas peringkat yang dihasilkan Google. Seitar 71,33% pencarian menghasilkan klik pada artikel yang muncul di halaman pertama. Sulit untuk mengetahui mengapa hal ini terjadi. Meskipun kesimpulan logis yang dapat diambil adalah pengguna mempercayakan algoritme Google. Mereka tahu tempat mana pengiklan membayar dan meerka memilih untuk melakukan SEO. Namun, ini barulah dugaan. Tetapi terlepas dari alasan apa dibaliknya mayoritas klik didapatkan saat sebuah perusahaan melakukan SEO.

  1. SEO membantu PR

Meskipun SEO dan PR adalah sebuah teknik pemasaran yang terpisah, Anda dapat menggunakannya bersama-sama untuk memaksimalkan hasil.

 

Hubungan yang paling besar antara keduanya terletak pada pembuatan tautan. Memperoleh tautan dari situs web yang bereputasi adalah komponen untama dari strategi SEO. Ini berarti bahwa salah satu bagian terbesar dari seorang pekerja professional SEO adalah mengidentifikasi peluang untuk penempatan atau liputan di blog industri, publikasi berita, dan situs yang relevan.

Strategi PR juga berkisar di sekitar mendapatkan publikasi dan influencer terkemuka untuk berbicara tentang perusahaan Anda, ini memberikan peluang yang besar. Saat Anda menggunakan penelitian membuat tautan untuk menemukan cara baru menemukan brand Anda di halaman konsumen, Anda akan jauh lebih efektif dalam mendistribusikan konten ke calon pelanggan dan klien.

  1. Anda akan bergerak lebih maju

Manfaat SEO untuk bisnis yang terakhir adalah sebagai strategi pemasaran yang baru. Sekitar 61% pemasar akan mengatakan bahwa meningkatkan SEO dan keberadaan online situs mereka adalah sebuah prioritas utama. Ini berarti pesaing Anda mungkin sudah mengambil langkah untuk menetapkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian. Dengan strategi SEO ini, Anda dapat mengikuti perkembangan yang sedang maju serta kompetitif dalam industri yang Anda lakukan.

SEO vs SEM

Saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang peningkatan visibilitas perusahaan Anda dalam pencarian online, Anda mungkin akan mendengar istilah lain untuk proses yang bernama SEM. Sementara beberapa pemasar menggunakan ini secara bergantian dengan SEO, penting untuk memahami perbedaan keduanya.

SEM singkatan dari ‘Search Engine Marketing’ atau ‘pemasaran mesin pencari’ dan hal ini merujuk pada apapun yang Anda lakukan untuk mendapatkan penempatan di halaman pertama mesin pencarian. Ini merupakan paying dari SEO dan PPC. Jadi meskipun SEO adalah bentuk SEM, ini bukan satu-satunya taktik yang terlibat dalam SEM.

Apa tugas dari spesialis SEO?

Beberapa tugas dasar SEO dapat dilakukan di rumah dengan bantuan sumber daya online, cara terbaik untuk memaksimalkan hasil Anda adalah dengan menyewa seorang spesialis SEO. Namun sebenarnya apa yang ditawarkan oleh mereka yang tidak bisa Anda lakukan?

Tujuan utama mereka adalah untuk meningkatkan visibilitas klien mereka dalam hasil pencarian untuk pertanyaan yang berkaitan dengan industri, produk, dan layanan mereka. Tetapi untuk mencapai tujuan ini ada beberapa langkah kunci yang akan diambil oleh spesialis SEO, yaitu :

  1. Penilaian situs
  2. Pengoptimalan berkelanjutan serta pengujiannya
  3. Analisis dan pelaporan

Ada 3 mitos tentang SEO. Jika Anda tengah mempelajari SEO ini, maka ada beberapa mitos umum yang harus Anda ketahui.

  1. Mitos 1 : Optimasi kata kunci adalah bagian terpenting SEO

Gagasan tentang pengoptimasian kata kunci merupakan hal yang ketinggalan zaman. Sejak peluncuran Hummingbird tahun 2013, Google semakin memprioritaskan niat pengguna atas kata kunci yang tepat yang mereka gunakan. Ini berarti saat ini Anda tidak perlu fokus pada banyak kata tertentu.

  1. Mitos 2 : Mengoptimalkan situs cepat dan mudah

Jika Anda menemukan orang yang menjanjikan hasil SEO dalam hitungan minggu, segera tinggalkan. Banyak dari kita berharap hal ini mungkin terjadi, namun hal ini bukan masalahnya. Biasanya seorang spesialis SEO membutuhkan waktu 5-6 bulan untuk menunjukkan hasil mereka.

  1. Mitos 3 : Anda harus fokus pada kata kunci dengan volume pencarian tinggi

Banyak pemilik situs yang baru mengenal SEO melakukan kesalahan dengan memfokuskan upaya mereka pada kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi. Bagi sebagian situs, ini bukan tujuan yang realistis. Jauh lebih efektif untuk fokus pada kata kunci yang lebih panjang dan kurang kompetitif.

Referensi : https://www.crazyegg.com/blog/seo/benefits/

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *