5 Hal Yang Dapat Dipelajari Dari Nominasi Oscar Tahun Ini
Februari 29, 2016
5 Cara Untuk Menarik Orang Agar Membeli Brand Kamu
Maret 2, 2016
Show all

4 Hal Yang Tidak Boleh Kamu Posting di Social Media

Social media memiliki power yang cukup kuat untuk men-engage calon konsumen kamu. Karena kamu dapat berbagi ide dan pendapat melalui social media ke seluruh dunia, dan hanya dalam hitungan detik semua orang dapat membaca ide atau pendapat yang kamu utarakan. Namun, jika kamu melakukan suatu kesalahan dalam postinganmu maka itu bisa menjadi sangat fatal dan dapat merusak reputasimu di dunia maya. Dikutp dri Kimgarst.com, Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh diposting pada social media yang kamu miliki:

Konten Yang Menyinggung

Terdapat banyak sekali jenis postingan yang masuk ke kategori ini. Dari mulai yang mengandung SARA, gambar yang senonoh, sampai dengan sumpah serapah. Semua jenis postingan seperti itu baik secara langsung atau tidak dapat menyinggung perasaan satu-dua orang atau bahkan lebih. Belakangan ini banyak sekali akun atau bahkan grup palsu yang dibuat hanya untuk menjatuhkan nama atau gelar seseorang.

Beberapa pemiliki bisnis mungkin tidak memikirkan ini sebagai hal yang besar, tapi sebetulnya itu salah. Justru hal semacam ini kalau dibiarkan akan merugikan kamu dan brand yang selama ini telah kamu bangun.

Menjelekkan Rekan/Partner atau Bahkan Boss Sendiri

Social media bukanlah tempat untuk “menyerang” rekan kerja kamu. Dan social media juga bukan tempat untuk menceritakan tentang kejelekan seseorang — apalagi boss kamu — Hal semacam ini sangat tidak boleh diposting pada akun social media kamu. Tidak hanya merugikan kamu sebagai “brand” namun juga akan merusak relationship yang terjalin dengan rekan kerjamu. Dan perlu kamu ketahui bahwa memposting hal semacam itu sangat tidak profesional.

Sharing Secara Spesifik Tentang Rencana Liburanmu

Berbagi foto atau video saat kamu tengah melakukan perjalan liburan tentu sah-sah saja. Mungkin kamu ingin kalau followers-mu melihat betapa senangnya kamu saat liburan. Tapi hati-hati, pasti ada beberapa orang yang mungkin tidak suka atau ingin melakukan hal jahat terhadap kamu saat kamu tengah jauh dari rumah. Jadi lebih baik hindari berbagi foto atau video secara spesifik (tanggal, lokasi, dll). Lebih baik kamu berbagi foto tersebut sesaat setelah kamu melakukan perjalanan liburanmu. Bagi pemilik bisnis yang sering pergi ke luar kota, alangkah baiknya diperhatikan siapa saja followers kamu. Kalau bisa, mulai dari sekarang cobalah filter siapa saja yang dapat melihat timeline kamu.

Mengklaim Postingan Orang Lain Adalah Milikmu

Setiap kali kamu memposting konten seseorang, baik itu berupa gambar, quotes atau ide – kamu harus bersiap menerima resiko besar, karena itu merupakan pelanggaran di dunia maya. Ingat, bahwa copyright  adalah sesuatu yang serius yang dapat membahayakan siapa saja yang tidak menggunakannya dengan baik dan benar. Salah-salah nanti kamu akan terjerat hukum, lho. Dan yang lebih parahnya lagi, jika kamu adalah seorang pemilik bisnis, maka siap-siap saja brand kamu akan hancur namanya dalam sekejap. Maka dari itu, perhatikanlah apapun yang akan kamu bagikan di social media.

Baik kamu seorang pebisnis atau bukan, harap berhati-hatilah dalam membagikan konten di social media. Kamu tidak pernah tahu persis siapa yang membaca atau memperhatikan konten yang kamu posting. Jika salah langkah sedikit saja, bisa berakibat fatal untuk kamu secara personal — atau lebih jauh lagi, brand kamu.

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat